Pemula Wajib Tahu, 7 Tips Jitu Memulai Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Ilustrasi online shop, belanja online, jualan online
Sumber :
  • freepik

VIVA – Cara bisnis online tanpa modal besar bisa dengan mudah Anda lakukan di zaman serba digital sekarang ini, salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial atau e-commerce yang tersedia.

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Dalam bisnis online, Anda bebas untuk menjual barang apapun sejauh tidak melanggar ketentuan, seperti baju, celana, tas hingga berbagai barang aneh dan unik yang sedang viral. Kendati demikian, tidak sedikit yang bingung bagaimana cara memulainya dan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai bisnis tersebut.

Berikut telah kami rangkum, 7 cara yang dapat dilakukan untuk memulai bisnis online tanpa mengeluarkan modal besar, dihimpun dari beberapa sumber, Rabu, 29 November 2023.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

1. Tentukan platform untuk berjualan.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Agar fokus terjaga saat memulai bisnis, pastikan Anda fokus pada satu platform terlebih dahulu. Jika produk Anda cenderung diperuntukkan untuk anak muda maka cobalah berjualan di media sosial Instagram atau TikTok.

Namun, jika produk anda cenderung untuk orangtua, pemasaran terbaik adalah Facebook atau WhatsApp. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berjualan di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan lain-lain.

2. Cari supplier atau distributor

Setelah menentukan di mana Anda akan berjualan, selanjutnya cari supplier atau distributor. Disarankan Anda mencari distributor tangan pertama agar harga jauh lebih murah.

Biasanya distributor tangan pertama juga menyediakan sistem dropship, artinya Anda hanya perlu menyampaikan orderan pelanggan kepada distributor, nanti mereka yang akan menyiapkan dan mengirim barang tersebut ke pelanggan.

Ilustrasi online shop, belanja online, jualan online

Photo :
  • freepik

3. Tentukan tema toko

Aspek yang tak kalah penting dalam bisnis online adalah mengatur tema serta desain toko. Sebab, hal ini dapat meningkatkan cirikhas toko dan brand awareness pelanggan.

Pastikan desain dan tema toko sesuai dengan produk yang Anda jual di toko, misalnya Anda ingin menjual perlengkapan outdoor, maka warna dan desain yang cocok adalah warna-warna alam, seperti cokelat tua, hijau gelap dan hitam.

4. Siapkan foto produk profesional

Foto produk profesional diyakini dapat meningkatkan value dari produk itu sendiri sekaligus dapat mengundang orang untuk membeli.

Selain itu, katalog yang dikelola secara serius juga menjadi cerminan pelayanan profesional yang akan didapat calon pembeli.

Fotografi produk online

Photo :
  • http://lialathifa.blogspot.com

5. Tentukan harga jual

Dalam menentukan harga jual, Anda dapat menganalisa target pasar dan karakteristik pembeli. Anda juga dapat membandingkan harga dari toko pesaing untuk jenis produk yang sama.

Jangan lupa, Anda juga harus menyesuaikan dengan harga dari supplier agar tetap mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

6. Deskripsi produk

Deskripsi produk yang lengkap membuat calon pembeli meyakini bahwa Anda adalah penjual yang memahami produk, sehingga mereka tidak ragu untuk membeli.

Selain itu, Anda juga membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai produk tanpa perlu ia mencarinya sendiri atau banyak tanaya.

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Tokopedia

7. Promosikan produk

Promosi adalah langkah terakhir setelah Anda menata toko online sedemikian rupa, karena tampilan tema, foto produk profesional hingga harga yang bersaing akan sia-sia jika pelanggan tidak mengetahui toko yang Anda Kelola.

Anda bisa memanfaatkan fitur Instastory, WhatsApp, atau Facebook Story untuk mengupdate produkmu agar semakin banyak yang melihat. Buatlah konten foto atau video semenarik mungkin agar orang-orang penasaran dengan produk tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya