Begini 9 Tips Percaya Diri Supaya Bisa Sukses di Kemudian Hari

Tips percaya diri
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tips percaya diri bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menghalau rasa ragu, takut, atau mungkin tidak bisa melalukan sebuah tujuan yang sudah diidam-idamkan. Mempunyai perasaan tidak percaya diri untuk momen tertentu adalah hal yang wajar dan hampir semua orang pernah menjalaninya, baik untuk orang yang mempunyai sifat introvert atau extrovert. Tapi, dianjurkan untuk tidak terbawa arus perasaan ini karena bisa menghalangi berbagai tujuan yang ingin dicapai.

5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian

Selain itu, rasa tidak percaya diri juga akan membuat kamu kehilangan kesempatan untuk menyalurkan potensi yang dimiliki dalam diri. Bila hal ini dibiarkan secara terus menerus, bukan tak mungkin kamu akan merasa kecewa terhadap diri sendiri. Tentunya, hal ini tidak baik untuk kesehatan mental. Kepercayaan diri juga berhubungan erat dengan kepuasan hidup, rasa optimis, dan rasa bahagia. Tips percaya diri juga akan berkaitan dengan prestasi, keahlian dalam mengatasi masalah dan kemampuan untuk mengontrol diri. Nah, supaya rasa percaya diri semakin meningkat, cobalah tips percaya diri yang disadur dari Forbes berikut ini!

Lantas, Bagaimana Tips Percaya Diri?

Punya Utang Tapi Nekat Bagi-bagi THR ke Saudara, Buya Yahya: Cuma Pengen Disanjung

1. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Ilustrasi membanding-bandingkan orang lain.

Photo :
  • U-Report
Happy Salma Beri Tips Agar Lebih Menawan Saat Mengenakan Perhiasan

Apakah kamu membandingkan penampilan dengan teman-teman di Facebook atau kamu membandingkan gaji dengan pendapatan teman yang lain, perbandingan itu tidak sehat. Dalam sebuah penelitian tahun 2018 yang ada dalam Personality and Individual Differences ditemukan bahwa hubungan antara rasa iri dan perasaan mengenai diri sendiri. Peneliti mendapatkan temuan bahwa orang yang membandingkan dirinya dengan orang lain akan memiliki rasa iri. Juga bila semakin tumbuh rasa kecemburuan yang dialami, akan semakin buruk pula pada perasaannya.

Jika kamu merasa iri dengan kehidupan orang lain, ingatkan diri tentang kekuatan dan kesuksesan diri sendiri. Pertimbangkan supaya bisa meningkatkan rasa syukur kepada Tuhan guna lebih fokus terhadap kehidupan diri sendiri, bukan kehidupan orang lain. Ketika kamu menyadari bahwa kamu sedang membuat perbandingan, ingatkan diri bahwa hal itu tidak membantu.

2. Rawat Tubuh

Olahraga

Photo :
  • Times of India

Sulit untuk merasa baik tentang diri sendiri jika menyalahgunakan tubuh. Di sisi lain, jika kamu mempraktikkan perawatan diri, kamu tahu bahwa ini adalah sesuatu yang positif untuk pikiran, tubuh, dan jiwa, serta secara alami akan merasa lebih percaya diri.

Berbagai praktik perawatan diri yang berkaitan untuk meningkatkan rasa percaya diri supaya semakin meningkat adalah diet. Makan mempunyai banyak manfaat, termasuk tips percaya diri dan harga diri yang lebih tinggi. Kemudian olahraga, salah satu studi secara konsisten menunjukkan aktivitas fisik meningkatkan kepercayaan diri. Sebuah yang dilakukan tahun 2016 dalam Neuropsychiatric Disease and Treatment ditemukan bahwa aktivitas fisik secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri.

3. Selesaikan Sesuatu

Tujuan keuangan.

Photo :
  • U-Report

Keyakinan dibangun di atas pencapaian. Jika kamu mencapai tujuan kecil dan besar, kamu akan merasa jauh lebih baik tentang diri. Itu dimulai dengan tujuan kamu sehari-hari, apa yang perlu dicapai hari ini, dan setiap hari minggu ini atau tiga hari minggu ini untuk membantu memenuhi tujuan.

Jika kamu mencapai tujuan yang ditetapkan untuk setiap hari, kemungkinan akan mulai memenuhi tujuan mingguan dan bulanan, yang membawa kamu ke dalam jangkauan tujuan dua tahunan. Ingatlah bahwa kemajuan bersifat bertahap, dan perubahan besar tidak terjadi dalam semalam. Kamu akan merasa dapat mengambil proyek besar, dan menetapkan tujuan yang ambisius karena yakin dapat memenuhinya. Tetapkan tujuan untuk diri sendiri, dan lakukanlah.

4. Lakukan Hal Yang Benar

Ilustrasi perempuan bekerja

Photo :
  • Times of India

Kebanyakan orang yang percaya diri hidup dengan sistem nilai dan membuat keputusan berdasarkan sistem nilai itu, bahkan ketika itu sulit dan belum tentu demi kepentingan terbaik mereka, tetapi demi kepentingan kebaikan yang lebih besar. Tindakan dan keputusanmu menentukan karaktermu.

Tanyakan pada diri sendiri apa versi terbaik dari diri yang dicita-citakan, dan lakukanlah. Bahkan ketika itu sangat sulit dan itu adalah hal terakhir yang ingin dilakukan dan itu berarti pengorbanan jangka pendek di pihakmu, dalam jangka panjang akan lebih menyukai diri sendiri dan lebih bangga dengan siapa diri kamu.

5. Jangan Takut

Takut terluka

Photo :
  • U-Report

Gagal bukanlah musuhmu, ketakutan akan kegagalanlah yang benar-benar melumpuhkanmu. Jika kamu menetapkan tujuan besar dan memiliki impian besar, kamu akan merasa kewalahan, dan pasti akan merasa tidak bisa melakukannya. Pada saat-saat itu kamu harus melihat ke dalam diri sendiri, dan mengumpulkan setiap ons keberanian yang dimiliki dan terus berjalan.

Setiap orang yang sangat sukses pernah merasa takut, dan mereka tetap bekerja dan mengambil risiko, karena apa yang mereka coba capai lebih penting dan mendesak daripada ketakutan mereka akan gagal. Pikirkan tentang seberapa besar kamu ingin mencapai tujuan, kemudian singkirkan rasa takut, dan teruslah berjalan, hari demi hari.

6. Berdiri Untuk Diri Sendiri

Sendiri

Photo :
  • U-Report

Ketika tujuan kamu berada pada tahap awal, dan seseorang mengatakan bahwa tujuan itu bodoh, atau bahwa kamu tidak dapat melakukannya, kamu tergoda untuk mempercayainya karena mereka bergabung dengan keraguan di dalam kepala. Secara logis kamu berpikir, "Bagaimana saya bisa benar ketika orang ini dan semua keraguan di kepala saya mengatakan bahwa saya tidak bisa melakukan ini? Bahwa ide ini bodoh."

Kamu harus memberi tahu orang-orang itu, terutama suara-suara di kepala, bahwa mereka salah. Kamu memilikinya di dalam diri, jadi beri tahu mereka bahwa kamu percaya pada tujuan, percaya pada diri sendiri, sehingga akan mencapainya.

7. Berpikir Jangka Panjang

Seorang perempuan sedang berpikir

Photo :
  • U-Report

Dasar dari ketidakbahagiaan adalah keputusan yang dibuat untuk kenyamanan jangka pendek yang menghambat tujuan jangka panjang. Jika kamu mencoba untuk menghemat uang, kamu tidak bisa makan di luar sebanyak-banyaknya, jika sedang berusaha menurunkan berat badan, tidak boleh sering makan kentang goreng, dan lain sebagainya.

Tujuan besar membutuhkan pengorbanan yang besar, kamu harus menggali lebih dalam dan benar-benar mendisiplinkan diri. Pada saat itu membosankan dan membuat frustrasi bahkan membuat hidup jauh lebih sulit, tetapi itu akan terbayar. Kamu harus memutuskan apakah kenyamanan jangka pendek lebih penting daripada tujuan jangka panjang, tetapi ketahuilah itu jangka panjang.

8. Jangan Peduli Apa Yang Orang Lain Pikirkan

Sendiri

Photo :
  • U-Report

Akan ada begitu banyak orang yang akan memberi tahu bahwa kamu tidak dapat mencapai tujuan. Apakah itu penolakan dari atasan, sekolah, atau hanya umpan balik negatif dari teman atau keluarga. Orang akan mencoba memberi tahu bahwa tujuan kamu terlalu besar, atau bahkan kamu belum siap dan tidak dapat melakukannya.

Kamu harus tegas. Sementara mereka memberi tahu kemungkinannya. Ingat saja kebanyakan orang salah tentang banyak hal. Orang-orang mengubah dunia setiap hari, meskipun semua orang di sekitar mereka mengatakan kepada mereka bahwa itu tidak dapat dilakukan. Jika berpikir bisa melakukannya, kamu pasti bisa. Jangan dengarkan mereka, percaya pada diri sendiri dan terus berjalan.

9. Lakukan Lebih Banyak Hal yang Membuat Bahagia

Tubuh sehat dan bahagia

Photo :
  • U-Report

Apa yang kamu suka lakukan di waktu luang, misalnya keluar, mendaki, dan menikmati alam bebas atau apakah hidup untuk berbaring di sofa dan menonton semua televisi luar biasa yang tersedia. Apa pun yang kamu sukai, ciptakan ruang untuk itu, karena hidup ini singkat. Kamu perlu waktu untuk memperkaya hidup dan mengisi ulang untuk menjadi diri sendiri yang terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya