Vanessa Angel Kecelakaan Maut, Ini 10 Tips Aman Berkendara

Mobil Mistubishi Pajero Sport milik Vanessa Angel yang alami kecelakaan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Vanessa Angel dan suaminya, Febri Andriansyah mengalami kecelakaan maut di tol Jombang, Jawa Timur. Di dalam mobil, buah hati keduanya, Gala, berhasil selamat dengan luka-luka di sekujur tubuhnya.

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

Kecelakaan tunggal tersebut bahkan membuat mobil Pajero yang ditumpangi mereka nampak ringsek dan tak lagi berbentuk.

Sang sopir yang selamat dari kecelakaan itu mengaku kelelahan dan mengantuk sehingga mobil menabrak pembatas jalan. Kabar duka ini tentunya menjadi pengingat agar selalu aman saat berkendara.

Tangis Keluarga Pecah saat Terima 12 Jenazah Korban Kecelakaan Maut KM 58

Berikut 10 peraturan agar tetap aman ketika naik kendaraan, dikutip dari laman Kotak General Insurance:

Selalu Pakai Sabuk Pengaman
Aturan terpenting adalah selalu memasang sabuk pengaman saat Anda menekan kemudi. Peraturan tersebut juga termasuk dari Undang-Undang Kendaraan Bermotor yang menetapkan denda khusus karena tidak memasang sabuk pengaman.

12 Korban Kecelakaan Maut di KM 58 Tol Japek Teridentifikasi, Ini Daftarnya

Hindari Gangguan
Saat Anda berada di belakang kemudi, pastikan fokus utama Anda adalah mengemudi. Jangan terganggu oleh musik yang keras atau dengan berbicara di telepon saat mengemudi.

Jangan Melewati Batas Kecepatan
Tujuan penetapan batas kecepatan adalah untuk memastikan keselamatan penumpang di dalam kendaraan maupun pejalan kaki.

Selain itu, mengemudi dengan kecepatan tinggi, bahkan di jalan dengan lalu lintas yang lebih sedikit, dapat mengakibatkan pengemudi kehilangan kendali atau rem mendadak gagal, sehingga menyebabkan kecelakaan.

Mobil Mistubishi Pajero Sport milik Vanessa Angel yang alami kecelakaan

Photo :
  • Istimewa

Servis Mobil Anda Secara Teratur
Merawat mobil Anda secara teratur sangat penting. Perbaiki ban yang aus, perbaiki lampu depan Anda yang rusak, perbaiki kaca spion Anda, dan ganti oli mesin Anda karena gagal melakukannya dapat mengakibatkan kecelakaan.

Ikuti Sinyal Lalu Lintas
Gagal mengikuti rambu lalu lintas dapat mengakibatkan kecelakaan. Hal ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan, cedera tubuh, dan bahkan kematian.

Untuk melindungi diri Anda secara finansial dari insiden semacam itu, Anda dapat membeli polis asuransi kendaraan.

Jaga Disiplin Jalur
Mengingat lalu lintas yang melonjak di jalan-jalan India, mengikuti disiplin jalur sangat penting. Jangan pernah menyalip mobil dengan berpindah jalur di jalan yang ramai. Bahkan jika Anda berpindah jalur, ingatlah untuk memberi sinyal.

Hati-hati Saat Cuaca Buruk
Sangat penting untuk berhati-hati saat mengemudi saat cuaca buruk. Misalnya, jalan mungkin berkabut selama musim dingin. Jadi pastikan Anda menyalakan lampu kabut saat mengemudi.

Jaga Jarak Aman
Menjaga jarak aman akan memberi Anda cukup waktu untuk bereaksi jika kendaraan di depan berhenti mendadak. Ini mengurangi kemungkinan tabrakan dan memastikan keselamatan penumpang.

Menyalip dari kanan
Indonesia mengikuti drive kanan. Oleh karena itu, selalu ingat untuk menyalip dari sisi kanan dan jangan dari sisi sebaliknya karena bisa membahayakan. 

Beri Jalan untuk Kendaraan Darurat
Sebagai pengemudi, menjadi tanggung jawab Anda untuk memberi jalan bagi kendaraan darurat. Oleh karena itu, Anda dapat memindahkan kendaraan Anda ke samping jika ambulans atau pemadam kebakaran akan menyeberang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya