3 Rahasia Kesuksesan Tahu Go! yang Harus Diketahui, Sudah 800 Outlet!

Rahasia Kesuksesan Tahu Go!
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA – Rahasia Kesuksesan Tahu Go! harus diketahui oleh kamu yang ingin menjajal bisnis waralaba. Tahu Go! merupakan salah satu kuliner yang tengah viral di media sosial. Merek tahu goreng ini sudah memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Tahu Go! Sendiri adalah sebuah bisnis jajanan gerobak dengan memakai sistem kemitraan yang sudah berdiri sejak pandemi Covid-19. Bahkan, dalam kanal YouTube VDVC Seleb, sang owner menyebutkan sudah membuka 800 outlet di seluruh Indonesia. 

Mau Tingkatkan Kualitas Konten Media, Simak Lensa Olahraga

“Jadi memang konsepnya yang ROPANG itu kan kayak rumah makan, yang KOPI YOR kan outlet yang ada tempat duduknya atau just to go. Nah, yang sisanya ini (Tahu Go!, Bakwan Day!, Pisang Pop, dan Hotdog Day) kita memang konsepnya gerobak. Nah si Tahu Go! ini memang lahirnya pas pandemi (Covid-19), 2020,” tutur Tjoek Widharyoko.

Tahunya juga memiliki tekstur yang crispy di bagian luar dan lembut di dalam. Kala itu, Owner dari PT Otewe Maju Bersama, Tjoek Widharyoko yang menjadi pengembang dari bisnis waralaba ini terpikirkan untuk membuat sebuah usaha tahu goreng dengan memakai sistem kemitraan. Bisnis waralaba ini diawali dengan salah satu brand dengan nama ROPANG OTW tahun 2018 lalu.

VDVC Gandeng ISTA pada Program Matching Fund KEDAIREKA 2023

“Yang pertama sih Ropang, ya. Ropang sama Kopi Yor tahun 2018. Satu store pertama itu ada di Cempaka Putih,” ucap Owner PT Otewe Maju Bersama, Tjoek Widharyoko seperti dikutip dari kanal YouTube VDVC Seleb.

Lantas, Bagaimana Rahasia Kesuksesan Tahu Go!?

VDVC dan Institut Agama Islam Tazkia Menandatangani MoU 

Menjaga Kualitas Produk yang DIjual

Rahasia kesuksesan Tahu Go! pertama adalah menjaga kualitas. Tentunya salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh pengusaha yang terjun ke dalam bisnis kemitraan seperti yang dilakukan Owner Tahu Go! adalah menjaga kualitas supaya seragam seluruh mitra yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, setiap orang yang ingin menjadi mitra dari waralaba ini harus mempunyai kemampuan memasak tahu yang sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh Tahu Go!.

“Chalenge yang di cabang itu, karena kalau yang bahan baku nggak dari pusat itu jaga kualitas itu susah. Katakanlah tergantung sama koki gitu, koki yang di sini dan yang di sana, beda tangan beda rasanya gitu,” ucap Tjoek Widharyoko.

Lebih lanjut sang Owner menambahkan bahwa untuk menjaga kualitas dari sebuah produk yang ditawarkan adalah dengan mensuplai bahan baku dari kantor pusat Tahu Go!. Hal ini dilakukan supaya dari semua cabang yang sudah tersebar di seluruh Indonesia tetap bisa menjaga kualitas dan cita rasa yang ingin dihadirkan dalam produk bisnis ini.

“Tahunya dari kita, dari pusat (Jakarta). Makanya kesulitannya buka di kota yang baru karena kita harus siapin pabrik atau depo gitu,” ujar Tjoek Widharyoko.

Menu yang Unik

Uniqe selling point atau USP merupakan sesuatu hal yang membedakan antara produk yang dijual dengan ribuan kompetitor di luar sana. Rahasia kesuksesan Tahu Go! ini juga bisa dikatakan sebagai nilai jual unik dan berbeda yang hampir tidak dimiliki oleh kompetitor. Hal ini juga diterapkan oleh sang Owner dari PT Otewe Maju Bersama yang menerapkan USP pada salah satu produknya yaitu Bakwan Day!. Tjoek Widharyoko membuat sebuah resep bakwan yang menggunakan pepperoni. Ini menjadi daya tarik tersendiri untuk bisnis yang dijalankan tersebut.

“Ini (Bakwan Day!) rasanya memang kayak balik lagi seperti tadi harus ada USP, uniqe selling-nya kan bisa dari apa pun. Seperti bakwanya kita bikin satu menu yang pake pepperoni. Jadi, memang bisa dibilang pertama di Indonesia,” jelasnya.

Strategi Rasa

Rahasia kesuksesan Tahu Go! terakhir adalah membuat rasa yang enak. Rasa merupakan salah satu hal yang menentukan apakah produk yang dibuat akan laris atau tidak. Strategi untuk menentukan rasa yang dibuat oleh PT OMB ini cukup unik, yaitu dengan cara meletakkan sebuah produk baru di kantor. Apabila produk tersebut habis dimakan oleh para karyawan, maka rasanya enak dan memiliki peluang bisnis yang bagus.

“Misalkan bos-bos pada taro makanan di meja, tar dilihat lagi satu jam abis atau nggak. Kalau abis berarti, oke kita bikin!” ujar Firda Maqfira yang merupakan istri dari sang owner, Tjoek Widharyoko.

Nah, demikianlah beberapa rahasia kesuksesan yang sudah dikerjakan oleh sang Owner dari PT Otewe Maju Bersama, Tjoek Widharyoko. Untuk menyaksikan keseruan lebih lanjut dan mengulik lebih dalam mengenai rahasia kesuksesan dari Tahu Go! simak video selengkapnya dalam kanal YouTube VDVC Seleb dalam acara Di Atas Meja Makan yang dipandu oleh Ben Kasyafani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya