Sandiaga Uno Dukung Pelatihan Voice Over untuk Industri Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Irfan

VIVA – Peran pengisi suara tidak bisa dianggap kecil dalam industri kreatif. Pekerjaan tersebut mengisi tempat penting dalam sektor pariwisata, pemerintah, kreatif, animasi dan film, bahkan instansi pendidikan. 

Kemenparekraf Kick Off Fase Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024, Diawali Dua Kota Ini

Berbagai macam konten di masyarakat yang mengandalkan kualitas cerita dengan konsep penyampaiannya melalui suara banyak bermunculan. Hal ini menjadi perhatian Pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bersama dengan pelaku industri kreatif Indonesia, Kemenparekraf, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyadari perlu adanya sebuah pelatihan yang menyeluruh untuk meningkatkan kualitas hasil karya insan kreatif muda dengan voice over yang mampu bersaing dalam pasar nasional maupun internasional.

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Melalui Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio (APTR), Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif menyelenggarakan sebuah program yang diperuntukan bagi insan muda kreatif Indonesia yang ingin memperdalam teknik voice over agar lebih siap terjun ke industri. Salah satu program unggulan di penghujung tahun 2021 ini, berjudul Voice (Voice Over Indonesia Academy 2021).

Pelatihan Sulih Suara

Photo :
  • ist
Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Pelatihan Voice akan diselenggarakan secara offline dengan konsep full day training selama 4 hari berturut-turut. Ada beberapa kota yang dipilih untuk memunculkan bakat-bakat muda kreatif di seluruh penjuru Tanah Air. 

Setelah pelatihan perdana di Bogor, kini Voice diselenggarakan pada 5-8 November 2021 di Vega Hotel Gading Serpong Tangerang. Pelatihan itu diikuti oleh 20 orang peserta yang sudah di seleksi langsung oleh pakar industri voice over.

Pembukaan pelatihan Voice ini, di buka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan pelaksanaan pelatihan seperti bertujuan menjembatani para anak muda, program ini untuk mengakomodasi kebutuhan seni suara yang semakin meningkat seiring berkembangnya konten digital apa saja tentunya mulai dari film, video dan platform digital.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno

Photo :
  • Istimewa

"Kita tahu semua, kebutuhan seni suara semakin meningkat seiring berkembangnya konten digital apa saja tentunya mulai dari film, video dan platform digital. Industri kreatif mendukung hal ini. Anak muda harus mengambil kesempatan baik ini,” kata Sandiaga Uno.

Kegiatan itu juga didukung Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang, Drs.H. Karnadi M.Si.

“Kami sangat mendukung kreatifitas anak-anak remaja untuk terus berinovatif dalam segala bidang. Termasuk bidang seni suara seperti penyelenggaraan saat ini,” ungkap Karnadi. 

Seluruh pelatihan Voice akan dibina langsung oleh tokoh-tokoh populer di industri voice over. Pelatihan juga didukung sepenuhnya oleh M Neil El Himam, Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekrag RI dan  Syaifullah, Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf.

Untuk teknik olah vokal akan dibina oleh Tisa Julianti yang sudah belasan tahun menjadi dubber dan voice over, Announcer, hingga menjadi penyanyi di salah satu program Disney.

Untuk materi kreatif dan copy writing, Agus Hariyadi sebagai creative dan voice director, copy writer di berbagai project bergengsi di tanah air. Ada juga Ian Saybani sebagai professional voice over, pengisi suara, penyiar radio akan menyempurnakan materi selama pelatihan berlangsung.

Sebagai salah satu alur proses produksi audio, ada Moh Tri Hastomo sebagai praktisi sound engineer yang akan membina para peserta dalam menyempurnakan hasil karya mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya