Budidaya Tanaman Bibit Herbal, Kampung di Duren Tiga Ini Jadi Sorotan

Kampung Herbal di Gang Sawo, RT 002/01 Kelurahan Duren Tiga, Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mengkonsumsi obat-obatan berbahan herbal seringkali menjadi pilihan orang Indonesia. Obat herbal telah banyak digunakan selama bertahun-tahun sebagai resep sehat turun-temurun keluarga. 

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Sering juga disebut sebagai jamu, obat herbal yang dibuat dari tanaman herbal juga diyakini sebagai cikal bakal obat modern. Mengkonsumsi ramuan atau obat berbahan herbal juga diyakini minim efek samping. 

Dilansir laman Omics Online, meski memiliki banyak manfaat minim efek samping, sayangnya obat herbal justru bukan jadi pilihan utama penyembuhan penyakit. Meski demikian, masih banyak orang memilih untuk membuat kebun tanaman apotek hidup yang berisi tanaman-tanaman herbal berkhasiat. 

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Sebagai salah satu contoh, Kampung Herbal di Gang Sawo, RT 002/01 Kelurahan Duren Tiga, Jakarta. Di kampung ini, setidaknya 200 bibit yang terdiri dari 14 jenis tanaman herbal. Adanya kampung ini bahkan mendapat dukungan positif warga termaasuk juga Yayasan Korindo yang ikut menyumbangkan bibit untuk kepentingan warga. Mulai dari jahe yang bermanfaat untuk melegakan tenggorokan pada saat batuk hingga tanaman jarak untuk gigi berlubang.

Sekretaris Jenderal Yayasan Korindo Seo Jeongsik berharap, bantuan dari Korindo dapat memberikanmanfaat kepada masyarakat, terutama dari aspek kesehatan. 

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

“Di masa pandemi, mengonsumsi ramuan herbal dapat menjadi cara kita menjaga imunitas tubuh. Semoga keberadaan Kampung Herbal dapat membantu masyarakat untuk terus menjaga kesehatan, terlebih saat pandemi,” ucapnya. 

Selain memberikan bantuan bibit, kampung tersebut juga didukung membangun mini nursery atau tempat pembibitan dengan ukuran sekitar tiga meter persegi. Masyarakat dapat menyemai benih-benih tanaman herbal apabila ada masyarakat yang membutuhkan ataupun sebagai bibit untuk menggantikan tanaman tua. 

Korindo Group melalui Yayasan Korindo meresmikan Kampung Herbal pertama ini di Jakarta Selatan yang berada di Duren Tiga, Pancoran, pada Jum’at 5 November 2021 lalu. Bekerja sama dengan pihak kelurahan setempat, Yayasan Korindo mengubah pekarangan warga dan fasilitas umum setempat menjadi area tanaman obat-obatan.

Kampung Herbal di Gang Sawo, RT 002/01 Kelurahan Duren Tiga, Jakarta

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya