Olahan Masyarakat Pesisir, Ini 2 Kuliner Khas Pantai Tangerang

Keripik sukun
Sumber :
  • ist

VIVA – Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten kini tengah fokus memajukan dan mendorong suksesnya Program Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (Gerbang Mapan) sebagai upaya dalam melindungi dan menata kawasan pesisir yang tergolong rentan.

19 Pelestari Budaya Raih Penghargaan Nusantara Awards 2024, Diserahkan Menkumham

Gerakan tersebut pun diharapkan akan menjadi salah satu langkah strategis guna membenahi pemberdayaan sektor budaya dan pariwisata, termasuk juga mengenalkan sejumlah kuliner khas daerah tersebut sebagai program berkelanjutan pemberdayaan pembangunan kawasan pesisir pantai.

Melalui program Gerbang Mapan ini juga Pemerintah Kabupaten Tangerang mewujudkan komitmennya dalam melakukan penataan kawasan, infrastruktur, budaya dan kuliner sampai dengan pemberdayaan masyarakat pesisir.

Stop Misterius, Bangun Personal Brand-mu Sekarang Juga!

Tercatat, ada 5 desa pesisir di 5 Kecamatan yang menjadi fokus pelaksanaan program Gerbang Mapan. Lima desa ini pun dikenal memiliki sederet nilai-nilai kekhasan yang lekat, baik secara budaya serta kuliner sebagai kawasan pesisir pantai Kabupaten Tangerang.


Desa-desa tersebut antara lain Desa Tanjung Pasir Kecamatan Teluk Naga, Desa Ketapang Kecamatan Mauk, Desa Patra Manggala Kecamatan Kemiri, Desa Surya Bahari Kecamatan Sukadiri dan Desa Kronjo Kecamaatan Kronjo.

Seberapa Penting Budaya Clock in dan Clock Out Karyawan Dorong Kinerja Perusahaan? Ini Penjelasannya

Dan apresiasi tentang bergulirnya program Gerbang Mapan Pemkab Tangerang pun turut diungkapkan oleh Ketua Umum Forum Lintas Tokoh Pantura Kabupaten Tangerang, Ahmad Yani yang sangat menyoroti efektivitas dari program tersebut.

“Saya melihat masing-masing desa diangkat ciri khas keunggulannya tanpa meninggalkan budaya, adat lokal termasuk kulinernya. Salah satunya ikan bandeng cabut duri, keripik sukun dan makanan khas lainnya, yang saat ini mulai dikenal masyarakat di luar Tangerang,” ungkap Ahmad Yani.

Target program Gerbang Mapan adalah menuju pesisir sejahtera hingga tahun 2023, yang membidik bertambahnya nilai-nilai kemajuan daerah tersebut, sehingga meningkatkan harkat dan martabat masyarakat setempat.

Atas keberhasilan ini, Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmad Zaki Iskandar dipercaya menjadi Wakil Presiden Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya