Pulau Dajjal Ada di Negara Ini? 10 Fakta Unik Negara Yaman di Jazirah

Kepulauan Socotra, Yaman
Sumber :
  • britannica.com

VIVA – Sebuah negara berdaulat di Semenanjung Arab, Yaman adalah negara dengan banyak harta budaya dan sejarah. Meskipun negara itu menderita banyak masalah ekonomi, politik, dan sosial, itu adalah salah satu negara Arab terkaya di masa lalu. Berikut beberapa fakta tentang negara yang mengingatkan kita pada kejayaan bangsa di masa lalu, serta ada pulau Dajjal di Negara Yaman:

Heboh Pengakuan Gus Ubad Aminullah soal Kiai di Cianjur yang Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib

10. Yaman Dikenal Sebagai “Negeri Bahagia”

Meskipun negara menghadapi banyak masalah di zaman modern, itu dikenal sebagai Arabia Felix di masa lalu. Istilah ini berarti "beruntung" atau "bahagia". Disebut demikian karena Yaman lebih subur daripada sebagian besar Semenanjung Arab. Pegunungan di negara itu mengundang hujan yang berkontribusi pada pertanian yang berkembang di wilayah tersebut. Oleh karena itu, wilayah ini mendukung populasi yang stabil selama berabad-abad.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Pastikan Tak Ada Lagi Haji Ilegal Tahun Ini

9. Tukang Perak Yaman Terkenal Di Dunia Di Masa Lalu

Perajin perak Yahudi dari Yaman terkenal dengan keahlian mereka yang luar biasa. Mereka menguasai produksi kerajinan logam mulia di Jazirah Arab selatan dari abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-20. Para perajin perak menghasilkan perhiasan dengan kerawang halus dan pekerjaan granulasi. Karya mereka mendapat kekaguman di seluruh dunia.

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Sri Mulyani Pastikan Kesejahteraan Rakyat Terjaga

8. Mengunyah Tanaman Khat Narkotika Adalah Bagian Dari Budaya Yaman

Khat atau Qat adalah tanaman yang banyak dibudidayakan di Yaman. Jus tanaman ini memiliki efek seperti amfetamin. Orang-orang di negara ini suka mengunyah tanaman ini di sore hari sebagai tradisi. Bahkan menjadi bagian dari budaya bisnis bangsa dan mengunyah khat diyakini dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Tanaman ini memiliki alkaloid penyusun yang disebut cathinone yang memicu euforia dan kegembiraan.

7. Yaman Adalah Rumah Bagi Kota Pencakar Langit Tertua di Dunia

Yaman menjadi tuan rumah Shibam, sebuah kota berpenduduk sekitar 7.000 jiwa di distrik Shibam. Kota ini terkenal dengan bangunan bertingkat tinggi dari bata lumpur kuno. Sekitar 500 rumah seperti itu terjadi di kota dengan beberapa setinggi 11 lantai. Bangunan bertingkat tinggi ini berasal dari abad ke-16. Oleh karena itu, Shibam sering disebut sebagai “Manhattan di Gurun”. Itu ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1982.

6. Caffè Mocha Berasal Namanya Dari Yaman

Mocha adalah sebuah kota yang terletak di pantai Laut Merah Yaman. Kota ini berfungsi sebagai pusat utama perdagangan kopi dari abad ke-15 hingga ke-18. Kacang Mocha yang dijual di Mocha terkenal dengan rasanya yang khas. Meskipun kopi ditanam di kota, kopi tiba di kota pelabuhan dari lokasi pedalaman di mana terdapat perkebunan kopi besar. Caffè mocha, varian rasa cokelat yang populer dari caff latte di dunia saat ini mendapatkan namanya dari Mocha di Yaman.

5. Ibukota Yaman Adalah Salah Satu Kota Tertua di Dunia yang Terus Dihuni

Ibukota Yaman

Photo :

Sana'a adalah ibu kota Yaman. Ini adalah salah satu kota paling kuno di dunia yang masih berpenghuni. Dengan populasi 3.937.500 (2012), Sana'a juga merupakan kota terbesar di negara itu. Terletak di ketinggian rata-rata 7.500 kaki menjadikannya salah satu ibu kota tertinggi di dunia. Menurut legenda setempat, putra Nuh bernama Sem mendirikan Sana'a.

4. Gurun Pasir Bersebelahan Terbesar di Dunia Meliputi Bagian Yaman

Rub' al Khali dianggap sebagai gurun pasir terus menerus terbesar di Bumi. Ini menempati area seluas 650.000 km persegi. Sebagian Yaman, Oman, UEA, dan Arab Saudi berada di kawasan gurun ini. Rub' al Khali adalah bagian dari Gurun Arab dan memiliki salah satu iklim paling keras di dunia.

3. Apakah Yaman Rumah "Ratu Sheba" yang Alkitabiah?

Sheba adalah kerajaan kuno yang disebutkan dalam Quran dan Alkitab Ibrani. Sheba adalah rumah dari "Ratu Sheba" alkitabiah, seorang tokoh yang telah disebutkan dalam Alkitab Ibrani. Menurut kepercayaan populer, kerajaan Shiba berbasis di Yaman modern.

2. Dar Al-Hajar Adalah Bangunan Ikonik Di Yaman Yang Dipahat Dari Satu Batu Besar

Dar al-Hajar adalah istana yang dibangun baru-baru ini pada tahun 1930-an oleh Yahya Muhammad Hamiddin, seorang pemimpin spiritual Islam yang berkuasa di Yaman. Ada lima lantai di gedung dengan tiga lantai terlihat di atas batu dan dua lainnya dibangun di atas batu itu sendiri. Setelah pemilik istana dibunuh pada tahun 1948, museum didirikan di Dar al-Hajar dan hari ini dapat dikunjungi oleh umum.

1. Pulau Dajjal ada di Yaman?

Kepulauan Socotra, disebut-sebut juga sebagai Pulau Dajjal. Lokasinya terletak beberapa ratus kilometer di lepas pantai Yaman dan Somalia, menempatkannya pada posisi unik di tengah Samudra Hindia dan Laut Arab. Pulau ini juga disebut sebagai "salah satu tempat paling asing di Bumi". 

Sebuah pohon unik, Dracaena cinnabari atau pohon darah naga tumbuh di pulau Socotra, Yaman. Penampilan pohon dapat dengan mudah dibandingkan dengan payung yang dipegang tegak. Resin merah tua yang dihasilkan oleh pohon ini memberikan namanya. Pohon itu memiliki nilai obat yang sangat besar dan bagian yang berbeda darinya memiliki aplikasi medis tertentu.

Tak hanya dikenal dengan hal-hal aneh, Socotra juga terkenal gara-gara disebut sebagai pulau tempat dikurungnya Dajjal. Dalam Islam memang dikabarkan jika si Messiah palsu ini sekarang tengah berdiam di sebuah tempat di Bumi dan akan muncul ketika waktunya tiba. Teori itu semakin kuat dengan dipadukan dengan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitabul fitan wa asyrotis sa’ah, bab Qishoshul Jassasah (4/2261 no 2942), bahwa tempat Dajjal dikurung ialah Laut Yaman.

Itulah sederet fakta unik Negara yaman di jazirah Arab yang dikutip dari www.worldatlas.com. Bagaimana menurut kamu? Apakah tertarik untuk berkunjung?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya