9 Cara Mengusir Nyamuk di Rumah dengan Memakai Bahan Alami

Nyamuk aedes aegypti.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Cara mengusir nyamuk harus diketahui oleh semua orang, sebab hewan ini akan membuat kamu tidak nyaman. Selain bunyinya yang berisik, sengatan nyamuk juga akan mengakibatkan tubuh merasa gatal-gatal. Bukan hanya itu saja, sengatan nyamuk juga akan mengakibatkan penyakit yang mengancam nyawa, seperti demam berdarah dan juga malaria. Pasti kamu sering melakukan berbagai hal untuk mengusir nyamuk supaya bisa tertidur dengan nyenyak sepanjang malam. 

Jumlah Rumah Rusak Akibat Gempa Garut Bertambah Jadi 110

Selain itu, iklim di Tanah Air ini sangat mendukung untuk perkembangbiakan nyamuk dan berimbas pada risiko penyakit yang ditimbulkan oleh hewan yang satu ini. Itulah sebabnya, kamu harus mempersiapkan pengetahuan mengenai cara mengusir nyamuk, salah satunya adalah bahan kimia. Tapi, untuk meminimalkan efek samping yang bisa muncul, kamu bisa memakai bahan-bahan alami. Nah, berikut adalah ulasan mengenai cara mengusir nyamuk yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Menggunakan Minyak Kayu Manis

Hizbullah Tembakan Puluhan Rudal ke Pemukiman di Perbatasan Israel

minyak kayu manis

Photo :
  • U-Report

Salah satu penelitian memperlihatkan bahwa minyak kayu manis bisa membasmi telur nyamuk dan juga nyamuk yang berukuran besar. Untuk menggunakan bahan ini, kamu harus mencampurkan 120 ml air dengan 24 tetes minyak kayu manis. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke pakaian, barang, dan tanaman. Semprotkan juga cairan tersebut di sekitar rumah atau tempat yang menjadi sarang nyamuk. Minyak kayu manis juga bisa dioleskan ke kulit, tapi harus hati-hati karena bisa iritasi. 

Rumah dan Sekolah di Tasikmalaya Juga Rusak Akibat Gempa Garut, 13 KK Terdampak

2. Kemangi

Ilustrasi daun kemangi.

Photo :
  • U-Report

Kemangi juga bisa menjadi salah satu cara mengusir nyamuk. Bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tanaman yang mempunyai aroma khas ini ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Tergolong sebagai salah satu tanaman herbal yang baik untuk sistem kekebalan tubuh, kemangi ini mempunyai kandungan senyawa alami yang bermanfaat untuk mengusir nyamuk. 

Cara mengusir nyamuk dengan memakai daun kemangi sangatlah mudah. Kamu hanya perlu meletakkan daun kemangi yang sudah dicuci di tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Mulai dari gantungan baju, sudut-sudut rumah, dan lain sebagainya. 

3. Ampas Kopi

Ampas kopi

Photo :
  • popsci.com

Ampas kopi juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengusir nyamuk. Aroma khas kopi diyakini tidak terlalu disukai oleh hewan yang satu ini. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Tuangkan ampas kopi di daerah yang rawan dan kerap menjadi sarang nyamuk atau serangga lain. Tapi, tetap jaga kebersihan rumah dengan membersihkan bekas siraman kopi tersebut. 

4. Lavender

Lavender.

Photo :
  • U-Report

Bukan hanya memiliki bentuk yang sangat cantik, tampaknya bunga lavender bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengusir nyamuk. Tanaman cantik yang berwarna ungu ini memang mempunyai aroma yang cukup menyengat. Tapi, kamu tidak usah khawatir karena lavender mempunyai aroma yang rileks dan menenangkan. 

Kamu tidak harus repot-repot mengolah tanaman lavender tersebut. Karena hanya perlu menaruh bunga tersebut di dalam pot dan biarkan menjadi hiasan yang mempercantik ruangan. Dengan demikian, rumah kamu akan tampak semakin cantik dan terbebas dari nyamuk. 

5. Pasangan Kelambu

kelambu prestige

Photo :
  • kelambunyamuk.com

Tentunya kamu sudah akrab dengan yang namanya kelambu. Metode tradisional yang satu ini sudah menjadi cara turun temurun sejak dahulu kala. Sama seperti bayi, kamu bisa mencoba memasang kelambu di area tempat tidur untuk menghindari serangan nyamuk. Dengan demikian, kamu akan tertidur dengan nyenyak dan terhindar dari gigitannya. 

6. Hindari Cat Warna Gelap

Kamar hotel

Photo :
  • Dokumentasi

Warna cat di sebuah ruangan memiliki pengaruh untuk cara mengusir nyamuk karena nyamuk lebih suka ruangan yang mengusung warna gelap. Maka dari itu, hindari memakai warna gelap pada cat dinding kamar. Selain itu, ada juga warna yang diyakini tidak disukai oleh nyamuk. Warna tersebut adalah hijau, putih, dan kuning kecokelatan. Mungkin kamu dapat memakai warna tersebut untuk dinding kamar. 

7. Pakai Lampu Tidur

Lampu Tidur dari Batok Kelapa

Photo :
  • U-Report

Untuk beberapa orang memakai lampu tidur bisa membuat kualitas tidur semakin nyenyak. Nyatanya, cara mengusir nyamuk juga dapat memakai lampu tidur. Saat ini, lampu tidur sudah mempunyai berbagai variasi sehingga cocok dipakai sebagai dekorasi ruangan. 

Cara mengusir nyamuk dengan memakai lampu tidur bisa dilakukan dengan memilih lampu yang sudah mempunyai aroma pengusir nyamuk. Tentunya, selain membuat ruangan menjadi lebih cantik, bisa juga membuat tidur kamu semakin nyenyak karena terhindar dari nyamuk. 

8. Bawang Putih

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

Cara mengusir nyamuk yang satu ini sangat mudah, karena kamu hanya perlu meletakkan beberapa siung bawang putih di sudut rumah. Bila kamu memiliki anak-anak dan hewan peliharaan, kamu bisa mencoba merebusnya sampai mendidih. Kemudian tuangkan air rebusan ke dalam botol spray. Lalu, semprotkan pada area berkumpulnya nyamuk. 

9. Serai

Ilustrasi Serai

Photo :
  • U-Report

Serai atau sereh adalah salah satu bahan dapur yang bisa digunakan dengan aman untuk membasmi hewan kecil tersebut. Aroma pekat yang ditakuti nyamuk ini justru akan mempunyai berbagai manfaat positif untuk manusia. Salah satunya adalah membuat aroma segar yang menenangkan pikiran saat stres. 

Cara menggunakan bahan ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu mematahkan beberapa batang serai dan kemudian letakkan di di beberapa lokasi nyamuk. Bila ingin lebih praktis, kamu bisa mencoba sejumlah produk minyak yang mengandung serai dan oleskan pada tubuh. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya