9 Hantu Paling Menyeramkan yang ada di Indonesia, Ada yang Berani?

Ilustrasi pocong.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Hantu paling menyeramkan tampaknya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Tanah Air. Konon katanya, gambaran yang menyeramkan dan suara mengerikan membuat hantu ditakuti oleh banyak orang. Tidak sedikit yang lari terbirit-birit saat merasakan sosok tersebut. Masyarakat Indonesia sendiri sudah mengenal hal-hal mistis mulai dari pesugihan, dukun, sampai makhluk astral yang sangat melekat di dalam kehidupan masyarakat Tanah Air. 

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Tentunya kita sudah mengenal berbagai cerita makhluk halus seperti pocong, genderuwo, sampai kuntilanak yang konon katanya ada di setiap daerah di Indonesia. Sosok hantu ini semakin melekat lantaran kerap diangkat ke dalam film horor Indonesia. Tapi ternyata, selain ketiga sosok tersebut yang kerap menjadi perbincangan, masih ada banyak hantu paling menyeramkan di Indonesia yang wajib diketahui, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Kuyang

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Hantu Kuyang di malam hari

Photo :
  • U-Report

Kujang merupakan jenis hantu yang mungkin bukan hanya dikenal di Kalimantan, tapi juga sudah tidak asing lagi untuk beberapa wilayah di Indonesia. Konon katanya, kuyang adalah sebuah sosok perempuan yang kerap menjalankan kehidupan dengan mempelajari ilmu hitam dan membuat dirinya mempunyai bentuk yang jauh berbeda dan sangat menyeramkan. 

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

Kabarnya, ilmu hitam ini dianut dengan tujuan untuk mempunyai wajah selalu cantik dan kehidupan abadi. Berbicara mengenai wujud hantu, kuyang mempunyai kepala manusia dengan isi tubuh yang terurai tanpa kulit. Kuyang umumnya berkeliaran dengan terbang di malam hari untuk mencari darah bayi atau darah wanita setelah melahirkan. 

2. Jelangkung

jelangkung.

Photo :
  • U-Report

Jelangkung merupakan salah satu permainan tradisional Nusantara yang bersifat ritual supranatural. Permainan tersebut biasanya dilakukan sebagai ritual untuk memanggil arwah. Media yang dipakai untuk menampung makhluk halus atau energi supernatural yang dipanggil dalam permainan Jelangkung ini adalah sebuah gayung air. Gayung tersebut biasanya terbuat dari tempurung kelapa dan didandani pakaian serta bergagang batang kayu. 

3. Kuntilanak

Kuntilanak

Photo :
  • U-Report

Hantu paling menyeramkan berikutnya adalah kuntilanak yang dalam bahasa Melayu adalah Pontianak atau Puntianak dan kerap disingkat sebagai kunti. Ini adalah hantu yang diyakini berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau perempuan yang meninggal dunia lantaran melahirkan dan anaknya belum sempat lahir. 

Nama puntianak sendiri adalah singkatan dari perempuan mati beranak. Sosoknya sering digambarkan sebagai seorang wanita dengan memakai baju putih tampak sebagai jubah. Kuntilanak mempunyai wajah yang menyeramkan dengan rambut panjang terurai dan memiliki suara khas yang melengking. 

4. Leak

Pengleakan.

Photo :
  • U-Report

Leak adalah sosok hantu yang tentunya sudah tidak asing lagi bukan hanya untuk masyarakat Bali, tapi juga masyarakat Indonesia. Leak digambarkan sebagai hantu dengan wujud berbentuk besar dengan mata besar dan gigi tajam. 

Di siang hari, leak biasanya akan menyamar sebagai seorang manusia biasa. Leak akan beraksi di malam hari untuk mencari mangsa di kuburan. Mulai dari organ-organ tubuh manusia yang akan dipakai untuk membuat ramuan sihirnya. 

5. Pocong

Ilustrasi pocong

Photo :
  • U-Report

Tentunya pocong adalah sosok hantu paling menyeramkan di Indonesia dan menjadi yang paling populer. Pocong adalah sosok yang mirip seperti jenazah yang dibungkus dengan kain kafan putih. Pocong sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang kemudian pemakaiannya meluas dalam bahasa Indonesia. Pocong biasanya akan muncul di daerah yang banyak ditumbuhi dengan pisang atau pohon bambu. 

6. Genderuwo

Ilustrasi genderuwo

Photo :
  • Instagram/@kisahmistis

Genderuwo dikenal oleh masyarakat Jawa sebagai sebuah hantu dengan wujud tinggi besar, kekar, dan dipenuhi dengan bulu lebat di sekujur tubuhnya. Hantu paling menyeramkan ini memiliki kegemaran berdiam di pohon besar yang teduh atau sudut lembap yang gelap. 

Cerita-cerita misteri yang mengatakan bahwa genderuwo kerap mengubah fisik menjadi seorang pria dan kemudian menghamili perempuan. Banyak orang yang mempercayai bahwa genderuwo merupakan arwah orang yang meninggal dunia dan belum mau naik ke akhirat. 

7. Tuyul

Ilustrasi tuyul.

Photo :
  • U-Report

Tuyul merupakan sosok hantu yang paling banyak tersebar di Indonesia, terutama pulau Jawa. Tuyul diwujudkan dengan anak kecil atau orang kerdil yang berkepala gundul dengan kulit keperakan dan bersuara seperti anak ayam. Tuyul dipekerjakan untuk mencuri uang. Tapi, sosok ini dipercaya terbentuk dari janin orang yang keguguran atau bayi yang meninggal saat lahir. 

8. Sundel Bolong

Sundel Bolong

Photo :
  • http://www.kumpulanmisteri.com/

Sundel bolong merupakan salah satu mitos dari penduduk urban Indonesia yang mengatakan bahwa ada sesosok hantu wanita dengan rambut panjang dan bergaun putih. Akan tetapi, ia memiliki punggung bolong sehingga organ tubuhnya terlihat. 

Sundel bolong diceritakan sebagai sosok perempuan yang tewas terbunuh lantaran diperkosa atau melahirkan anaknya di dalam kubur. Sosok ini paling melekat karena penampilan Suzana dalam deretan film horor tahun 80-an. 

9. Antu Banyu

Wajah hantu di perairan kapal S.S Watertown.

Photo :
  • http://www.tahupedia.com

Masyarakat di Sumatera tentunya sudah tidak asing lagi antu banyu sebagai hantu paling menyeramkan. Mereka meyakini bahwa antu banyu mendiami Sungai Musi dan Muara Dua. Tidak ada yang mengetahui seperti apa sosok hantu ini sebenarnya. Konon katanya, hantu tersebut berwujud seperti wanita berambut panjang dan memiliki bentuk tubuh yang berat. 

Maka dari itu, ini adalah salah satu alasan kenapa perahu yang dinaiki oleh antu banyu akan tenggelam. Orang yang menaiki kapal tersebut akan dibunuh dan dimakan oleh antu bantu. Bila mayatnya ditemukan, akan tampak lubang di bagian ubun-ubun dan punggungnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya