10 Gunung Angker di Indonesia, Ada yang Punya Kerajaan Jin di Dalamnya

Gunung Semeru
Sumber :
  • ANTARA/VJ Hamka Agung

VIVA – Indonesia memang dikenal memiliki banyak gunung-gunung yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia. Gunung yang ada di Indonesia diketahui memiliki keunikan dan keindahan yang dimiliki. Namun ternyata selain itu ada juga sisi mistis yang dimiliki dari masing gunung yang ada di wilayah Indonesia. Sehingga disebut sebagai gunung angker di Indonesia. 

Gunung Ruang Sulawesi Erupsi, Maskapai AirAsia Batalkan 21 Penerbangan Rute Malaysia

Gunung-gunung yang biasanya menjadi incaran para pendaki untuk melakukan pendakian ternyata memiliki kisah mistis di dalamnya. Hal itu berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar dan mitos-mitos yang muncul dari gunung-gunung tersebut. Bahkan banyak gunung yang dianggap angker karena cerita mistisnya yang menyeramkan. Berikut ini 10 gunung angker di Indonesia berdasarkan mitos masyarakat dan pengalaman para pendaki. 

1. Gunung Semeru

PGA Catat 348 Kali Gempa Hembusan Terjadi di Puncak Gunung Ile Lewotolok

Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Gunung Sawur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis, 16 Desember 2021.

Photo :
  • ANTARA

Gunung Semeru di Jawa Timur menjadi salah satu gunung yang dianggap paling angker di Indonesia. Gunung tertinggi di Pulau Jawa diketahui memiliki dua lokasi yang disebut-sebut angker oleh masyarakat setempat maupun para pendaki yakni Ranu Kumbolo. Penampakan seram yang sering muncul dalam lokasi tersebut seperti pocong dan Arcopodo. Ada juga dua arca yang terkadang tiba-tiba hilang namun tiba-tiba muncul kembali. 

5 Bandara Masih Ditutup Terdampak Erupsi Gunung Ruang, Ini Daftarnya

2. Gunung Salak

Penampakan Gunung Salak terbelah

Photo :
  • BNPB

Gunung Salak yang berada di Jawa Barat ini juga menjadi gunung yang disebut paling angker d Indonesia. Pasalnya sudah ada tujuh pesawat yang tercatat mengalami kecelakaan di gunung ini. Selain itu para pendaki yang mendaki gunung ini juga kerap mengalami kejadian aneh mulai dari melihat penampakan makhluk tak kasat mata hingga menelan korban jiwa. Lokasi angker di gunung ini adalah makam Mbah Gunung Salak yang berada di puncak Gunung Salak dan Kawah Ratu serta Curug Seribu.

3. Gunung Kelud

Gunung Kelud, Kediri.

Photo :
  • U-Report

Gunung Kelud disebut sebagai gunung yang angker di Indonesia karena berdasarkan cerita-cerita yang beredar di masyarakat, terdapat sosok penampakan buaya putih yang kerap muncul di kawah Gunung Kelud dan terlihat oleh banyak para pendaki gunung tersebut. Sosok buaya putih tersebut konon dipercaya sebagai jelmaan bidadari yang ada di Gunung Kelud. 

4. Gunung Rinjani

Panorama puncak Gunung Rinjani terlihat dari Desa Sapit, Kecamatan Suela, Lombok Timur, NTB

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Ada banyak cerita mistis yang menyelimuti Gunung Rinjani sehingga gunung ini isa disebut sebagai gunung angker di Indonesia. Mata Air Aik Kalak yang terdapat di gunung ini memiliki cerita mistis dan dianggap keramat. Biasanya mata air tersebut menjadi tempat pemandian untuk para pendaki. Namun banyak para pendaki yang merasa bahwa mata air tersebut seperti menarik mereka ke dalam. 

5. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno-Welirang

Photo :
  • ANTARA

Satu lagi gunung Indonesia yang dianggap angker adalah Gunung Arjuno. Lokasi yang dikenal angker di dalam gunung ini yakni adalah kawasan Alas Lali Jiwo. Hal itu dikarenakan banyak cerita mistis yang ada di dalam kawasan tersebut. Berdasarkan cerita yang beredar baik dari masyarakat sekitar atau para pendaki, suara gamelan kerap terdengar namun sumbernya tidak jelas berasal darimana. Selain itu, para pendaki juga tidak boleh terpencar karena bisa hilang dan kemungkinan tidak akan kembali lagi. Jangan juga sekali-sekali mengeluh dan memaki saat mendaki gunung ini. 

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu.

Photo :
  • U-Report

Gunung Lawu yang berada di Jawa Tengah ini juga menjadi salah satu gunung di Indonesia yang menjadi paling angker. Hal itu karena diketahui gunung menjadi tempat makhluk halus berkumpul yang dinamakan dengan ‘pasar gaib’ yang konon bisa dikunjungi manusia. Ada juga lokasi yang bernama Bulak Peperangan dimana di lokasi ini banyak para pendaki yang sering mendengar suara-suara gaduh seperti perang. Para pendaki harus fokus dan tidak boleh terpencar karena jika tersesat mungkin pendaki akan pulang tinggal nama saja. 

7. Gunug Gede

Gunung Gede

Photo :
  • http://www.volcano.si.edu

Gunung Gede juga dikenal dengan keangkerannya oleh para pendaki. Diketahui ada banyak hal mistis yang kerap dialami oleh para pendaki seperti melihat penampakan anak-anak kecil yang sedang mencari temannya yang hilang di Telaga Biru. Hal itu biasanya terjadi saat pendaki melewati jalur pendakian Cibodas. 

8. Gunug Latimojong

Gunung latimojong.

Photo :
  • http://bocahpetualang.com

Gunung Latimojong yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini juga dikenal angker dan terkenal dengan hantu Poppo. Hantu Poppo sendiri menjadi legendaris di gunung ini yang sosoknya berwujud seperti manusia namun dengan mata yang merah dan bisa terbang. Para pendaki yang harus waspada saat mendengar suara ‘Pok..pok..pok’ secara berulang karena itu menandakan bahwa hantu Poppo berarti sangat dekat. 

9. Gunung Merapi

Gunung Merapi

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Gunung Merapi disebut sebagai gunung angker di Indonesia karena cerita mistis yang terjadi di dalam gunung ini. Konon gunung ini memiliki kerajaan gaib yang bernama Keraton Merapi. Biasanya manusia bisa saja terjebak di desa gaib ini dan mengiranya seperti nyata karena diperlakukan seperti tamu. Namun agar bisa kembali, ada peraturan yang tidak boleh dilanggar yakni jangan sekali-sekali mencoba untuk memakan apapun yang ditawarkan dan membuat onar. Jika melanggarnya, maka diyakini tidak akan bisa kembali ke alam manusia dan terjebak selamanya. 

10. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing dilihat dari Puncak Posong.

Photo :
  • U-Report

Gunung Sumbing juga menjadi salah satu gunung yang dikenal dengan keangkerannya. Pasalnya di dalam gunung ini banyak para pendaki yang mengaku sering diganggu dan disesatkan oleh penampakan makhluk halus yang berada di gunung tersebut. Misalnya seperti penampakan berwujud manusia yang berpakaian putih, orang yang sedang bertapa dan pocong. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya