18 Takhayul dari Seluruh Dunia, Nomor 4 Paling Mengerikan

Takhayul Jumat tanggal 13
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Takhayul atau mitos, tak hanya terjadi di Indonesia namun juga ada di seluruh dunia yang sangat mengerikan. Mulai dari kaki kelinci hingga cermin pecah. Meskipun tidak rasional, kita semua memiliki satu atau dua takhayul. Entah itu sepasang celana keberuntungan atau keengganan untuk Friday the 13th. Takhayul penting bagi kita karena mereka memberi makna pada sifat keberuntungan yang sering acak dan menempatkan kita di kursi kemudi takdir kita. Dalam artikel ini akan menelusuri sejarah budaya yang mengejutkan di balik beberapa kepercayaan supernatural paling umum di dunia yang dikutip dari artsandculture.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1. “Mengetuk Kayu” - Indo-Eropa, Celtic, atau Inggris

Asal-usul sebenarnya, dan bahkan makna, dari frasa tersebut sangat beragam seperti budaya yang menggunakannya, dengan beberapa akar yang menunjukkan dalam kepercayaan Indo-Eropa atau Celtic bahwa roh-roh baik dan buruk bersemayam di pohon-pohon yang dapat dipanggil untuk perlindungan atau diusir dengan mengetuk rumah mereka, dan orang lain (khususnya Kristen) menghubungkan praktik itu dengan kekuatan magis kayu Salib. 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Kemungkinan besar di antara teori yang berbeda, sejarawan telah mengaitkan takhayul dengan permainan anak-anak Inggris abad ke-19 yang disebut "Tiggy Touchwood" di mana pemain muda mengklaim kekebalan dari ditandai dengan menyentuh potongan kayu terdekat. Orang dewasa mengambil kebiasaan dan frasa (Inggris masih mengatakan "sentuh kayu" hari ini), dan sisanya adalah sejarah.

Seperti banyak takhayul, ada variasi halus dan terkadang tidak begitu halus asal bervariasi. Orang Italia 'menyentuh baja' daripada kayu, mungkin lebih terkait dengan tapal kuda besi; Orang Polandia dan orang Rusia menyentuh kayu yang tidak dicat, orang Turki mengetuk dua kali, orang Amerika Latin mengetuk kayu tanpa kaki (yaitu kursi). 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

2. “Melempar Garam ke Atas Bahu” – Eropa/Kristen, Romawi kuno

Mungkin takhayul paling umum berikutnya, setidaknya di Barat, yaitu melempar garam ke atas bahu seseorang. Seperti 'mengetuk kayu', takhayul ini juga melibatkan gagasan 'menangkal kejahatan' dalam hal ini, Iblis sendiri. Dalam The Last Supper karya Leonardo da Vinci, pengkhianat Yesus, Yudas Iskariot, digambarkan secara tidak sengaja menumpahkan garam. Karena Yudas dikaitkan dengan melakukan sesuatu yang buruk, argumennya berbunyi, ipso facto, begitu juga garam, dan melemparkannya ke atas bahu akan membutakan iblis yang menunggu di sana.

Karena, dalam versi takhayul lainnya, "Goresan Lama" dianggap berada tepat di atas bahu kiri, siap untuk menggoda kamu, sehingga garam dilemparkan ke kiri. Namun, yang lain mengatakan bahwa nilai garam saja di zaman kuno menyebabkan kepercayaan bahwa menumpahkannya akan mendatangkan nasib buruk (seperti di antara orang Romawi), membutuhkan ritual yang sesuai atau tindakan penebusan dosa untuk mencegah kerugian yang lebih buruk terjadi.

3. “Berjalan di Bawah Tangga” – Eropa/Kristen, mungkin Mesir

Takhayul tidak ingin berjalan di bawah tangga juga berakar pada simbolisme Kristen: "Tritunggal Mahakudus" dari Bapa, Putra, dan Roh Kudus menyebabkan asosiasi nomor tiga dengan sesuatu yang suci. Segitiga, dengan tiga sisinya, kemudian dianggap suci juga, dan tangga tentu saja membentuk segitiga, jadi, tentu saja berjalan di bawah tangga itu akan menghancurkan kesucian Trinitas dan dengan demikian mendatangkan hukuman.

Kemiripan tangga dengan tiang gantungan juga tidak membantu, begitu juga fakta bahaya yang jelas dari sesuatu yang jatuh darinya. Akhirnya, orang Mesir tampaknya berpikir bahwa seseorang mungkin secara tidak sengaja melihat dewa naik atau turun di tangga dan menghindarinya. Pasti membuat membangun semua piramida tinggi itu sulit.

4. "Cermin Rusak" – Yunani Kuno/Romawi, Eropa, dll.

Takhayul kaca rusak

Photo :
  • pixabay

Keyakinan bahwa cermin yang pecah membawa nasib buruk kemungkinan besar berasal dari fakta sederhana bahwa refleksi diri kita tidak biasa dan sering menakutkan (terutama pada hari "rambut buruk"), sehingga manusia telah lama memiliki asosiasi buruk dengan mereka. Ambil contoh, mitos Yunani tentang Narcissus, atau gagasan bahwa retakan di cermin entah bagaimana akan menghancurkan pesonanya atau menjebak jiwa seseorang.

Orang Romawi kuno, bagaimanapun, yang menyumbangkan gagasan bahwa cermin yang pecah akan membawa tujuh tahun nasib buruk, karena diyakini bahwa hanya kesehatan yang buruk akan menyebabkan cermin retak, dan angka tujuh dilihat oleh orang Romawi sebagai jumlah tahun yang diperlukan untuk menyelesaikan siklus hidup penuh penyakit dan pembaruan. 

Akibatnya, cermin yang pecah berarti kamu sedang menuju spiral kematian yang mungkin membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menarik diri untuk keluar! Tapi kemudian, orang Romawi yang sama itu merasa kamu bisa mencegah hasil yang mengerikan itu dengan mengumpulkan pecahan cermin dan menguburnya di bawah sinar bulan, jadi haruskah kita benar-benar memercayai mereka tentang semua hal sial?

5. “Menginjak Retak, Patahkan Punggung Ibumu” – Cerita rakyat Afrika dan Eropa

Takhayul lain yang melibatkan sesuatu yang retak atau patah dikaitkan dengan nasib buruk adalah takhayul "menginjak retakan" sebagai meramalkan, atau bahkan menyebabkan, membahayakan anggota keluarga. Seperti halnya cermin, retakan di tanah, di trotoar, atau hampir di mana saja telah lama dilihat sebagai pintu gerbang ke alam gaib, baik dan buruk. Menginjak celah-celah itu mungkin berarti mengundang atau melepaskan roh-roh yang tidak diinginkan ke dunia yang siap untuk melakukan satu bahaya.

6. “Uang Keberuntungan” – Romawi Kuno, Inggris, Amerika

Gagasan bahwa menemukan satu sen akan membawa keberuntungan juga berasal dari kepercayaan rakyat. Dalam hal ini didasarkan pada gagasan bahwa logam, yang oleh banyak budaya kuno dianggap cukup berharga, dikirim oleh para dewa untuk melindungi orang-orang yang mereka sukai. Uang logam dibuat dari logam, temukan mereka dan kamu akan memiliki keberuntungan. Tapi, hati-hati: beberapa orang mengatakan keberuntungan bisa rusak, dan jika kamu menemukan uang receh, kamu harus membalikkannya dan meninggalkannya untuk orang berikutnya atau kamu benar-benar akan bernasib buruk.

7. “Sepatu Kuda Keberuntungan” – Romawi Kuno, Keltik/Kepulauan Inggris, Eropa

Objek lain yang biasanya dianggap sebagai keberuntungan adalah tapal kuda. Asal-usul paling awal dari fungsi tapal kuda sebagai jimat keberuntungan terletak pada bentuk vulvanya (terlihat terbalik) dan doa dewi bulan pagan Diana dan 'vulva sucinya'.
Seperti halnya uang receh, logam dipandang sebagai sesuatu yang berharga dan magis, khususnya besi dianggap oleh orang Eropa awal sebagai sesuatu yang mampu mengusir roh jahat. Dan, seperti halnya orang Romawi dan angka keberuntungan tujuh, tapal kuda sering kali menampilkan tujuh lubang paku.

Kisah tapal kuda yang paling terkenal membawa keberuntungan, bagaimanapun, mengacu pada kisah Saint Dunstan yang tampaknya bekerja sebagai pandai besi sebelum mencapai kesucian. Cerita berlanjut bahwa, suatu hari Iblis naik ke toko Dunstan meminta sepatu baru untuk kudanya. Dunstan, mengenali Iblis, memainkannya dengan acuh tak acuh, dan alih-alih memakukan sepatu ke kuda, malah memaukannya ke kaki Iblis. Dalam penderitaan, Iblis setuju untuk tidak pernah memasuki rumah dengan tapal kuda dipaku di atas pintu jika Dunstan setuju untuk melepaskan sepatu itu.

8. “Jumat tanggal 13” – Eropa/Kristen

Jumat keramat tanggal 13

Photo :
  • Pixabay

Seperti angka 7 untuk orang Romawi, makna magis telah dilampirkan pada angka 13. Tapi kali ini, itu sial daripada keberuntungan. Angka 12 sering dianggap positif (12 bulan dalam setahun dan 12 tanda zodiak, misalnya, atau 12 hari Natal dan 12 suku Israel), secara alami membuat angka tetangga terdekatnya menjadi negatif.

Seperti takhayul lain seputar Perjamuan Terakhir, tanggal 13 juga dipandang sebagai sial karena, sekali lagi, Pengkhianat Besar, Yudas Iskariot, adalah anggota ke-13 dari pesta makan malam yang menyebabkan penyaliban Kristus. Selain itu, pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 1307, Raja Philip IV dari Prancis menangkap dan membunuh ratusan Ksatria Templar.

9. "Kucing Hitam" – Eropa

Meskipun kucing sering dikaitkan dengan keberuntungan daripada kebalikannya dan bahkan disembah sebagai dewa di Mesir Kuno, keadaan menjadi lebih buruk bagi teman-teman kucing kita yang berkulit gelap sekitar Abad Kegelapan ketika, pada 1232 M, seorang paus banteng oleh Paus Gregorius IX menyatakan mereka sebagai "inkarnasi Setan", menurut majalah People.

Hal-hal hanya pergi menurun untuk kucing hitam dari sana, dengan orang-orang Abad Pertengahan membakar mereka di api unggun pada Hari Suci seperti Shrove Tuesday, Minggu pertama Prapaskah, dan bahkan Paskah, dan dengan kaum Puritan di Amerika menghubungkan mereka dengan praktik sihir. Juga, warna hitam telah lama dikaitkan dengan kejahatan dan kematian, yang tidak membantu masalah bagi teman-teman berbulu kita yang tidak beruntung karena terlahir dengan warna malam.

10. "Silang Jari" – Eropa Barat, Pagan & Kristen

Takhayul menyilangkan jari membawa keberuntungan "penyilang jari" yang beruntung berasal dari zaman pra-Kristen, Pagan di Eropa Barat, ketika praktik membuat salib dengan jari kamu sendiri dan jari telunjuk orang lain dianggap memusatkan perhatian pada kekuatan roh yang baik dan untuk menyegel perjanjian atau keinginan dengan sesama penyeberang.

Seiring waktu, orang-orang menyadari bahwa mereka dapat dengan mudah memberkati keinginan mereka sendiri dengan menyilangkan terlebih dahulu dua jari telunjuk mereka, dan kemudian hanya dengan jari telunjuk dan tengah dari satu tangan, yang kita lakukan.
Narasi lain menyematkan praktik pada orang Kristen awal, yang akan menyapa dan mengidentifikasi satu sama lain secara rahasia dengan berbagai simbol seperti menyilangkan jari telunjuk, menyentuh ibu jari, dll sebagai keberuntungan).

11. “Mengunyah Permen Karet di Malam Hari” – Turki

Pernahkah kamu memiliki ketakutan irasional karena secara tidak sengaja memakan daging mati? Nah, di Turki, diperkirakan bahwa, setelah gelap, permen karet berubah secara Ajaib seperti mogwai dalam film Gremlins yang berubah menjadi monster tituler jika mereka makan setelah tengah malam menjadi daging orang mati.

12. “Jumlah Empat” – Cina

Seperti yang telah kita lihat dengan angka-angka seperti tiga belas dan tujuh, angka-angka sering kali diberi signifikansi atau status magis yang berbeda tergantung pada budaya yang bersangkutan. Untuk orang Cina, angka "empat" adalah tidak, karena kesamaan dalam pengucapannya, dalam bahasa Cina, dengan kata untuk "kematian."

13. “Menulis Surat Cinta untuk Juliet Capulet” – Verona, Italia

Dalam "Romeo dan Juliet" karya Shakespeare, anggota laki-laki dari pasangan kekasih yang terkutuk itu diketahui sering berada di kaki balkon Juliet untuk mengirimkan permohonan malam dan pesan cintanya. Di 'Casa di Giuletta' di Verona Italia, tempat keluarga 'Capuleti' seharusnya tinggal di 'Via Capello 23,' pengunjung dapat menulis surat cinta mereka sendiri dan bahkan menggosok payudara kanan patung Juliet di dekatnya. Ini semua dilakukan dengan harapan mendapatkan bantuannya seperti Romeo di masa lalu, bahkan jika pasangan itu sendiri tidak seberuntung itu.

14. “Kutukan Mata Jahat” – Mediterania dan Timur Tengah

Sudah menjadi kepercayaan umum mencakup Mediterania, Timur Tengah, dan Asia Selatan yang telah dipegang selama ribuan tahun bahwa untuk mencapai terlalu banyak kesuksesan berarti mengundang kemarahan atau mengilhami kecemburuan para dewa, yang kemudian akan memukul individu yang tidak beruntung itu dengan pembalikan keberuntungan. Menanggapi ketakutan akan kutukan ini, orang-orang di seluruh Mediterania kuno mulai membuat jimat dan manik-manik dengan gambar 'mata jahat', kadang-kadang disebut sebagai nazar, yang kemudian akan membantu menangkal nasib buruk yang mengerikan itu.

15. “Menyelipkan Jempol di Dalam Pemakaman” – Jepang

Seperti ketakutan akan kata "empat" di Cina yang bergantung pada kesamaan, dalam pengucapannya, dengan kata Cina untuk "kematian", orang Jepang juga menyelipkan ibu jari mereka ketika di kuburan mengunjungi makam kerabat yang sudah meninggal. Ini berasal dari hubungan antara kata Jepang untuk "jempol" dan artinya sebagai "jari induk". Maka, menyelipkan ibu jari ke dalam kuburan berarti melindungi orang tua dari kematian.

16. “Memberi Bunga Kuning” – Rusia

Seperti angka, warna sering kali diberi makna simbolis, seperti hitam yang dilihat sebagai warna nasib buruk dan merah sebagai warna gairah. Di Rusia, bunga kuning khususnya dianggap bermasalah karena dianggap mewakili perselingkuhan, perpisahan, atau bahkan kematian!

17. “Menyapu Kaki” – Amerika Selatan

Jika kamu kebetulan sedang melakukan pembersihan di Brasil, kamu pasti ingin menghindari sapu. Atau setidaknya berhati-hatilah. Orang Amerika Selatan percaya bahwa jika kaki kamu tersapu oleh sapu, kamu akan tetap melajang selama sisa hidup kamu. Kutukan itu bisa dipatahkan, jika kamu segera meludahi sapu. Asal usul pasti takhayul ini tidak diketahui, tetapi legenda mengatakan bahwa seorang wanita yang tidak dapat menjaga rumah, tidak menjadi istri yang baik.

18. “Telapak Tangan Gatal” – Karibia

Tergantung pada telapak tangan kamu yang mulai gatal, kamu mungkin menemukan diri kamu di Karibia dengan sedikit uang belanja ekstra, atau merah. Sudah menjadi kepercayaan umum bahwa telapak tangan kiri yang gatal berarti kamu akan segera berhutang, sedangkan telapak tangan kanan yang gatal berarti uang akan datang kepada kamu. Ada penjelasan yang mungkin memberi tahu kita mengapa perbedaan seperti itu. Tangan kiri seolah memegang energi pasif, dan tangan kanan energi aktif yang secara simbolis dapat menjelaskan keluar masuknya uang.

Itulah sederet takhayul di seluruh dunia yang mungkin sampai saat ini masih dipercaya. Apakah kamu mempercayai takhayul seperti yang dijelaskan diatas?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya