5 Waktu Terkabulnya Doa Ketika Bulan Ramadhan, Jangan Sampai Terlewat

Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Ada beberapa waktu terkabulnya doa ketika bulan Ramadhan yang perlu diketahui oleh semua orang. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini seluruh umat Muslim di dunia tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadhan. Mereka telah antusias dalam menyambut bulan suci ini sejak pertengahan bulan Syaban kemarin. Berbagai jenis keistimewaan dan kemuliaan ada di bulan Ramadhan ini, salah satunya adalah pahala beribadah yang dilipatgandakan. 

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Dalam Al Quran sendiri sudah dijelaskan bahwa dalam puasa Ramadhan ada beberapa waktu keutamaan untuk memanjatkan doa. Tentu saja hal ini menjadi tanda bahwa Ramadan adalah momen yang tepat dan istimewa untuk umat Islam memanjatkan doa. Allah SWT menjanjikan akan mengabulkan doa-doa hamba-Nya yang meminta kepada-Nya. Hal ini sesuai dengan firman-Nya yang ada dalam surat Al Baqarah ayat 186 berikut ini.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran."

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

1. Saat Sahur

makanan yang dihindari saat sahur

Photo :
  • U-Report
Hasil Kolaborasi Kemenag, KPI dan MUI Hasilkan Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

Rasulullah SAW bersabda yang artinya, "Allah turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, "Siapa yang berdoa kepada-Ku maka akan aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaku akan aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan aku ampuni." (HR. Bukhori dan Muslim). Kemudian, Ibnu Hajar juga menerangkan bahwa istighfar dan doa saat sahur adalah waktu terkabulnya doa ketika bulan Ramadhan. 

2. Saat Berpuasa

Ilustrasi puasa

Photo :
  • pixabay

Doa yang diutamakan dikabulkan di bulan Ramadhan adalah saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini karena Allah SWT langsung memberikan ganjaran utama atas puasa yang dilaksanakan oleh hamba-Nya. Selain itu, juga disunnahkan orang yang berpuasa untuk banyak berdoa supaya urusan dunia dan akhirat dipermudah oleh Allah SWT. 

Dalam salah satu ayat Al Qur'an dijelaskan bahwa "disunnahkan orang yg berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajat yg diinginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslimin secara umum." (Al-Majmu' 6:273).

3. Saat Berbuka Puasa

6 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bersama Keluarga

Photo :
  • U-Report

Waktu terkabulnya doa ketika bulan Ramadhan berikutnya adalah saat berbuka karena orang yang sudah berpuasa telah menyelesaikan ibadah dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya, " Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Doa orang yang terzalimi." (HR. Tirmidzi).

Oleh sebab itu, jangan melewatkan kesempatan terbaik ini untuk memohon apa saja yang termasuk kebaikan di dunia maupun di akhirat. Akan tetapi, harus diketahui bahwa ada beberapa doa yang dianjurkan untuk diucapkan saat berbuka puasa, sebagaimana dalam hadis berikut yang artinya:

“Biasanya Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam ketika berbuka puasa membaca doa:

Dzahabaz zhamaa-uwabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insyaa Allah

Artinya: “Rasa haus telah hilang, kerongkongan telah basah, semoga pahala didapatkan. Insya Allah,” (HR. Abu Daud).

4. Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi lailatul qadar

Photo :
  • vstory

Malam lailatul qadar merupakan waktu terkabulnya doa ketika bulan Ramadhan dan malam diturunkannya Al Quran dan malam ini lebih utama dari 1000 bulan. Sebagaimana dalam firman Allah yang artinya, “Malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan” (QS. Al Qadr: 3). 

Pada malam ini juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah termasuk memanjatkan doa. Sebagaimana yang diceritakan oleh Ummul Mu’minin Aisyah RA: “Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni

Artinya: ‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

5. Ketika Azan Berkumandang

bunga adzan

Photo :
  • U-Report

Selain dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafazh yang sama, ketika adzan berkumandang adalah waktu terkabulnya doa ketika bulan Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang”(HR. Abu Daud).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya