7 Hewan Endemik Indonesia Paling Unik, Beberapa Terancam Punah

Ilustrasi Burung langka Cendrawasih asal Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/www.lookup.co.id

VIVA – Ada beberapa hewan endemik asal Indonesia yang memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Kita juga harus bangga tinggal di Indonesia lantaran mempunyai berbagai jenis makhluk hidup yang unik dan langka tersebut. Negara yang mempunyai iklim tropis ini adalah salah satu negara yang dilengkapi dengan keanekaragaman hayati dengan banyaknya jenis hewan dan tumbuhan endemik yang hidup di Tanah Nusantara. 

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Bagi kamu yang belum mengetahui, hewan endemik sendiri adalah jenis hewan yang menetap di sebuah wilayah tertentu secara alami dan tidak bisa ditemukan di wilayah yang lain. Di Indonesia sendiri, hewan endemik tersebut berada di sekitar Pulau Jawa, Kalimantan, sampai Papua. Untuk mengenali berbagai hewan endemik asal Indonesia yang paling unik, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Anoa

Kiamat Masih Jauh Selama Masih Ada 3 Hewan Ini, Kata Gus Baha

Anoa.

Photo :
  • Shutterstock

Hewan endemik yang pertama adalah Anoa yang berasal dari Sulawesi Tenggara. Hewan ini mempunyai bentuk yang menyerupai sapi tapi dengan tanduk yang cukup unik. Anoa atau yang mempunyai nama latin Bubalus ini termasuk ke dalam spesies lembu kecil. Anoa juga mempunyai berat antara 150 sampai 200 kg dengan tinggi 75 cm. Anoa adalah hewan penyendiri dan sangat menyukai hidup soliter atau hidup bersama pasangannya. 

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Selain itu, hewan ini juga mempunyai sifat pemalu yang membuatnya sulit didekati oleh manusia. Walaupun demikian, Anoa juga bisa menjadi sangat berbahaya saat melindungi dirinya dari musuh. Salah satu keunikan dari hewan ini adalah sangat memerlukan mineral. Aanoa pegunungan akan memenuhi kebutuhan mineralnya dengan cara menjilati garam alam. Sementara untuk anoa dataran rendah akan melakukannya dengan meminum air laut. 

2. Burung Cendrawasih

Ilustrasi Burung langka Cendrawasih asal Papua

Photo :
  • VIVA.co.id/www.lookup.co.id

Kamu tentu saja mengetahui tentang burung cantik yang satu ini. Burung cendrawasih adalah salah satu hewan endemik yang berasal dari Papua. Kata cendrawasih sendiri berasal dari kata cendra yang memiliki arti dewa-dewi bulan dan kata wasih yang memiliki arti utusan. Masyarakat setempat menganggap burung ini sebagai reinkarnasi peri yang terbang di Papua. 

Burung unik yang satu ini mempunyai berbagai jenis. Diperkirakan sudah ada sekitar 28 spesies burung cendrawasih yang ada di Indonesia. Seperti yang sudah teridentifikasi adalah cendrawasih botak, cendrawasih kuning kecil, dan cendrawasih merah. 

3. Babi Rusa

babi rusa

Photo :

Babirusa adalah hewan endemik yang berasal dari Sulawesi yang dikenal mempunyai taring yang menjalar keluar mirip seperti tanduk rusa. Hewan ini mempunyai panjang tubuh mulai dari 85 sampai 105 cm dengan berat mencapai 80 hingga 10 kg. Kemudian hewan ini juga mempunyai kulit berwarna abu-abu dan tidak berbulu dengan tekstur kasar. 

Sementara untuk taringnya berbentuk panjang dan bengkok ke belakang mirip seperti tanduk rusa. Taring hewan ini bisa mencapai ukuran 30 cm. Babirusa juga menjadi hewan penyendiri tapi ada juga yang hidup secara berkelompok. Mereka yang hidup berkelompok adalah seekor betina, sementara jantannya lebih sedang hidup menyendiri. 

4. Komodo

komodo

Photo :
  • U-Report

Kamu juga tentu saja sudah mengenal hewan endemik yang satu ini. Komodo adalah salah satu hewan asal Indonesia yang hanya bisa ditemui di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Komodo juga diduga sebagai hewan purba yang sudah hidup sejak 4 juta tahun yang lalu. 

Hal tersebut karena tampak dari tubuhnya yang secara sekilas mirip seperti dinosaurus. Hewan ini juga mempunyai tubuh besar sampai 2-3 meter dan bisa mengeluarkan bisa yang sangat berbahaya. Komodo adalah hewan karnivora yang berbahaya. Walaupun demikian, kehadirannya menambah keanekaragaman fauna dan menjadi tujuan wisata di Indonesia. 

5. Bekantan

Bayi Bekantan dan induknya

Photo :

Keunikan dari primata asal Indonesia ini adalah mempunyai hidung yang terlihat seperti botol dan besar. Hewan tersebut juga berasal dari Kalimantan. Bekantan yang juga dikenal dengan sebutan kera belanda ini adalah hewan endemik Indonesia yang senang hidup di pepohonan. Hewan tersebut termasuk ke dalam salah satu primata terbesar di Asia, yaitu panjang 76 cm dan berat 24 kg. 

Hal menarik dari bekantan ini adalah hidungnya yang besar. Tapi jangan salah, hidung tersebut nyatanya mempunyai fungsi khusus. Hidung bekantan dipakai oleh para jantan untuk menarik perhatian para betina lantaran hidung tersebut bisa mengeluarkan gema yang bisa memperkuat suara panggilan kepada betina dan mengintimidasi pejantan lain. 

6. Orang Utan

Orang utan.

Photo :
  • U-Report

Orang utan adalah primata endemik asal Indonesia yang begitu populer. Hewan yang disebut-sebut mempunyai banyak kemiripan dengan manusia ini berasal dari pulau Sumatera dan Kalimantan. Orang utan juga dikenal dengan tubuhnya yang berambut panjang dan berwarna cokelat. Biasanya mereka tinggal di pohon tinggi dan bisa mencapai usia 30 tahun. 

7. Maleo

Burung maleo

Photo :
  • www.burung.org

Hewan endemik asal Indonesia selanjutnya adalah burung maleo yang berasal dari Sulawesi. Burung besar yang satu ini biasanya tinggal di hutan-hutan dataran rendah atau perbukitan. Burung ini mempunyai warna bulu yang didominasi dengan hitam dan tergolong sebagai burung dalam genus tunggal. Walaupun mirip seperti burung, tapi maleo tidak bisa terbang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya