5 Hewan Paling Dicintai Nabi dan Malaikat, Jangan Sakiti Mereka!

Ilustrasi Ular
Ilustrasi Ular
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Hewan paling dicintai Nabi dan Malaikat, ternyata tidak hanya kucing. Melainkan masih ada beberapa jenis hewan lainnya yang perlu kalian ketahui. Dalam Islam ada sebagian hewan yang harus dilindungi, ada juga yang dianjurkan untuk dibunuh begitu saja.

Hal tersebut karena, beberapa dari hewan tersebut hanya menjadi mudarat atau tanda keburukan bagi manusia. Tidak dipungkiri, manusia dan hewan merupakan makhluk yang tidak dapat terpisahkan dan keduanya hidup saling berdampingan.

Hal itulah yang membuat manusia memiliki rasa cinta pada seekor hewan, yang sama-sama merupakan ciptaan Allah SWT. Islam pun mengajarkan kita untuk bisa saling menyayangi dan menjaga sesama makhluknya, begitupun dengan hewan, kita harus bisa memperlakukannya layaknya seperti manusia.

Tapi tidak sedikit dari kita memperlakukan hal yang sama pada para hewan. Biasanya, itu dilakukan oleh beberapa orang yang tidak menyukai jenis hewan tertentu. Bahkan tak sedikit dari kita yang kerap berkata kasar dan membuat beberapa hewan tersebut terlantar hingga mati begitu saja.

Padahal, hewan juga sama-sama merupakan makhluk Allah SWT yang harus disayangi. Bahkan tidak sedikit dari hewan tersebut merupakan kesayangan nabi maupun malaikat. Dan menakjubkannya lagi, ternyata hewan-hewan yang merupakan kesayangan Nabi dan Malaikat ini bisa menjadi tiket masuk surganya Allah SWT. 

Tahukah Anda, jika beberapa hewan yang disukai Nabi dan Malaikat itu sering kali kita sepelekan kehadirannya? Lantas, hewan apa sajakah itu?

1. Kucing

Kucing Bakau

Kucing Bakau

Photo :
  • Tangkapan Layar

Kucing merupakan hewan paling dicintai Nabi Muhammad SAW, sekaligus kesayangannya para Malaikat. Kucing merupakan hewan yang memiliki keistimewaan yang dapat mendengar dan melatunkan azan. Nabi Muhammad pernah berpesan, "Orang yang menelantarkan kucing, akan mendapatkan siksaan di neraka".

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Ada seorang perempuan yang masuk ke dalam neraka karena perkara seekor kucing. Kucing itu dia ikat hingga mati. Dia tidak memberinya makan, dia tidak pula membiarkannya lepas sehingga mencari makan sendiri, (sekalipun) serangga-serangga di tanah,"

2. Semut

Jamur semut yang tumbuh di tubuh semut Amazon

Jamur semut yang tumbuh di tubuh semut Amazon

Photo :
  • U-Report

Semut merupakan hewan kedua yang paling disukai Nabi dan Muhammad SAW. Di balik tubuhnya yang kecil,hewan ini begitu disukai Nabi dan Malaikat.

Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa, Rasulullah bercerita, ada seorang Nabi singgah di bawah pohon, dia digigit oleh seekor semut. Selanjutnya dia memerintahkan agar rumah semut itu dibakar.

Dari situ, Allah kemudian mewahyukan kepada Nabi itu, "Hanya karena kamu digigit oleh seekor semut, lalu kamu membinasakan sebuah umat yang bertasbih,"

3. Ular

Ular

Ular

Photo :
  • pixabay

Meski hewan ini berbahaya tapi hewan ini disayangi malaikat, karena keistimewaan adalah dipakai oleh Nabi Mussa untuk memusnakan sihir pada zamannya. 

4. Laba-laba

Laba-laba Web Corong Raksasa

Laba-laba Web Corong Raksasa

Photo :
  • U-Report

Ini merupakan hewan keempat yang paling disayangi Nabi dan Malaikat. Laba-laba merupakan salah satu hewan yang dilindungi Nabi Muhammad. Hal tersebut lantaran, laba-laba telah melindungi Nabi Muhammad ketika hendak dibunuh oleh kaum Qurais. 

Di mana, laba-laba menutupi lobang gua dengan sarang yang dimilikinya. Oleh karena itu, Nabi pun selamat dari kejaran kaum kafir saat itu.
 

5. Burung Hud-hud

Hewan ini merupakan hewan yang dilarang oleh Allah SWT untuk dibunuh. Larangan tersebut terdapat dalam sabda Rasulullah SAW.

"Rasulullah SAW melarang membunuh empat macam hewan, yakni semut, lebah, hudhud, dan shurad," (HR.ABU DAUD)