Pandangan Islam Tentang Bermain Game, Ini Penjelasan Ustaz Syafiq Riza

Seorang gamer perempuan bermain fighthing game.
Seorang gamer perempuan bermain fighthing game.
Sumber :
  • VIVA/Lazuardhi Utama

VIVA – Bermain game menjadi hal yang umum dilakukan masyarakat di seluruh dunia untuk mengisi waktu luang mereka. Bermain game bahkan disebut-sebut dapat membantu mereka yang bermain menghilangkan stresnya.

Namun, bagaimana Islam memandang orang yang suka bermain game? Apakah benar bermain game itu dosa? Terkait hal tersebut, pendakwah Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A menuturkan penjelasannya.

"Main Game itu dosa apa gak dosa? Tergantung gamenya, ada gamenya yang tebak-tebakan.. Ustaz ini ayat berapa yang ada di Al Quran. Itu enggak apa-apa jamaah, tapi siapa yang main kayak gitu? Orang yang hafal Al Quran," kata beliau mengutip dari tayangan konten video YouTube Yufid.TV.

Lebih lanjut, diungkap Ustaz Syafiq, permainan game sendiri dalam Islam ada yang hukumnya mubah atau diizinkan atau diperbolehkan.

Namun ada pula permainan atau game yang sifatnya haram. Salah satunya adalah beberapa game yang menampakkan perempuan sebagai aktornya.

Bermain game PC

Bermain game PC

Photo :
  • U-Report

"Ada yang permainnya mubah tapi ada permainan yang jelas-jelas haram, mungkin dosanya kecil orang berfikir ini kan cuman memandang. Ada beberapa game yang menampakkan wanita, sebagai aktornya, naudzubillah," ungkap Ustaz Syafiq.

Lebih lanjut, Ustaz Syafiq mengingatkan agar masyarakat jangan sampai akhirnya keterusan dan akhirnya menjadi budak game.