5 Arsitektur Megah Karya Ridwan Kamil, Salah Satunya Marina Bay Sands

Marina Bay Sands
Sumber :
  • facebook.com/marinabaysands

VIVA – Mochamad Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa Ridwan Kamil ini bukan hanya dikenal sebagai politikus, tapi juga sebagai arsitek kenamaan di Indonesia. Ayah dari Emmeril Kahn Mumtadz ini adalah seorang alumnus dari Institut Teknologi Bandung dan lulusan Master of Urban Design, College of Environmental Design, University of California. 

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Karya Ridwan Kamil bukan hanya ada di Indonesia, tapi tersebar sampai ke benua Asia. Lebih membanggakan lagi, karya tangan Ridwan Kamil ini banyak yang diakui dunia dan sampai memperoleh penghargaan bergengsi dengan skala Internasional. Untuk itu, mari kita simak ulasan tentang arsitektur karya Ridwan Kamil yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Rumah Botol, Bandung

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Rumah Botol, Bandung

Photo :
  • Tangkapan Layar

Rumah Botol yang berada di Jl. Cigadung Selatan 7 Nomor 28, Bandung ini adalah sebuah rumah pribadi yang dihuni oleh Ridwan Kamil dan keluarga. Rumah yang sudah dibangun sejak tahun 2005-2007 ini memang tampak inik. Bayangkan saja, sebagian dinding rumah ini terbuat dari hampir 30 ribu botol kaca bekas. 

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Perpaduan antara botol dan warna ini menghasilkan arsitektur karya Ridwan Kamil yang nyentrik dan elegan. Hunian dengan luas 373 meter persegi ini dianggap mempunyai nilai future art. Bahkan, tahun 2009 rumah botol ini berhasil meraih Green Design Award dari Asia Building Construction Information Asia. Dalam ajang tersebut, rumah ini menyingkirkan pesaing dari Malaysia, Singapura, dan Hong Kong. 

2. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Photo :
  • VIVA.co.id/Daurina Lestari

Museum Tsunami Aceh ini dibangun sebagai sebuah momen untuk memperingati peristiwa tsunami yang paling tragis pada tahun 2004 silam. Bangunan dengan luas 2.500 meter persegi ini memiliki empat lantai yang dihiasi dengan ukiran geometris yang sangat menakjubkan pada dinding lengkungnya. 

Bahkan, Gubernur Jawa Barat ini juga menuliskan daftar nama korban di dinding Museum Tsunami Aceh. Kemudian ada pula simulasi, foto-foto sampai diorama untuk mengilustrasikan peristiwa mengerikan tersebut. 

3. Marina Bay Waterfront Master Plan, SIngapura

Laser Show Di marina bay sands

Photo :
  • U-Report

Bila kamu mengunjungi Singapura tentu saja sudah tidak asing lagi dengan gedung Marina Bay Sands ini. Tapi siapa sangka, bangunan megah dengan ciri khas kapal pesiar di bagian puncaknya ini adalah rancangan dari Ridwan Kamil. Kang Emil adalah salah satu orang Indonesia yang mengerjakan proyek besar Marina Bay Waterfront Master Plan. 

Gedung Marina Bay Sands ini terdiri atas 3 menara utama dengan ketinggian masing-masing mencapai 55 meter. Mantan Wali Kota Bandung kelahiran 4 Oktober 1971 ini sudah membanggakan Indonesia dengan rancangan karya anak bangsa pada bangunan terpopuler di Singapura. 

4. Beijing Finance Street, China

Beijing Finance Street, China

Photo :
  • Google Maps

Arsitektur lain karya Ridwan Kamil yang ada di luar negeri adalah Beijing Finance Street, China. Kawasan super blok tersebut didesain langsung oleh Kang Emil pada 2003 dan selesai pada 2008. Dalam proyek tersebut, Kang Emil memberikan sentuhan hijau di bagian tengah area super blok tersebut. 

Hal tersebut bertujuan supaya memberikan kenyamanan untuk masyarakat perkotaan yang mengunjunginya. Area parkir bahkan tidak terlihat dari jalanan. Kang Emil mengusung terobosan besar dengan mengubah Kota Beijing menjadi lebih manusiawi yaitu dengan mengurangi tempat parkir di depan gedung. 

5. Ningbo Newtown, China

Ningbo Newtown, China

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masih berada di daratan China, Ridwan Kamil juga turut merancang Ningbo Newtown. Suami dari Atalia Praratya ini mengerjakan proyek tersebut pada tahun 2002 silam saat dirinya masih aktif bekerja di perusahaan arsitektur yang ada di Hongkong. Kang Emil merancang desain kota tersebut, tapi proses pembangunannya tak bisa dilakukan dengan cepat. 

Proyek ini baru selesai dibangun pada 2016 silam. Ningbo Newtown adalah sebuah rancangan kota modern yang diklaim sebagai salah satu kota di masa depan. Desain arsitektur Ridwan Kamil ini selalu mempunyai filosofi yang mendalam dari setiap goresannya. Bahkan, tidak jarang ia meraih prestasi membanggakan di dunia arsitektur. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya