6 Fakta Menarik Jakarta Fair 2022 yang Digelar Mulai Hari Ini

Jakarta Fair PRJ 2022
Sumber :
  • IG @jakartafairid

VIVA – Setelah absen selama dua tahun karena pandemi, Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2022 kembali digelar mewah tahun ini. Jakarta Fair 2022 ini akan dilaksanakan mulai hari ini 9 Juni - 17 Juli 2022 mendatang di Arena Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kabar tersebut diumumkan secara langsung oleh pihak Jakarta Fair lewat Instagram resminya. 

Afgan Pukau Ribuan Penonton di Pavilion Taiwan Excellence, Intip Keseruannya

Gelaran acara tahunan di Jakarta ini akan menawarkan berbagai pameran produk dari berbagai sektor industri sampai konser musik besar-besaran. Pameran ini pun sangat cocok bila dijadikan destinasi wisata dan tempat hiburan untuk masyarakat, khususnya warga DKI Jakarta dan sekitarnya. Nah, berikut adalah fakta-fakta Jakarta Fair 2022 yang dirangkum VIVA. 

1. Pameran Terbesar di Asia Tenggara

Lestarikan Kerajinan Lokal, UMKM Binaan MIND ID Ramaikan HUT Dekranas

Jakarta Fair Kemayoran

Photo :
  • Viva.co.id/Rintan

Seperti yang kita ketahui bahwa acara Jakarta Fair ini adalah sebuah pameran serta hiburan terbesar, terlama, dan terlengkap di Asia Tenggara. Pameran Pekan Raya Jakarta (PRJ) ini dilaksanakan guna memperingati hari ulang tahun DKI Jakarta setiap tahunnya pada tanggal 22 Juni. 

Penampakan Jasa Logistik Kargo Indonesia saat Pameran Dagang Terkemuka di ASEAN

Acara ini akan diisi oleh berbagai kegiatan dan pameran, seperti kuliner, pameran seni, pasar malam, bazar pakaian, sampai festival musik yang akan menjadi kegiatan dalam acara ini. Selain itu, akan dilaksanakan pula ajang pageant Miss Jakarta Fair, CSR donor darah, sampai undian grand prize. 

2. Diusulkan oleh Syamsudin Mangan

Grand Opening Ceremony Jakarta Fair Kemayoran 2014

Photo :

Syamsudin Mangan adalah seorang Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia yang awalnya mengusulkan acara tersebut. Ajang pameran ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pemasaran produksi barang dalam negeri yang kala itu sudah mulai bangkit pasca G30S PKI tahun 1965. 

Saat itu, Gubernur DKI Jakarta yang tengah menjabat adalah Ali Sadikin atau yang lebih akrab disapa sebagai Bang Ali pada tahun 1967 menyambut baik usulan tersebut. Bahkan, di saat yang sama pemerintah DKI juga akan membuat pameran besar terpusat dan berlangsung lama sebagai bentuk persatuan berbagai pasar malam yang saat itu sudah tersebar. 

3. Pertama Kali Diadakan di Monas

Jakarta Fair

Photo :

Untuk pertama kalinya, Jakarta Fair ini dilaksanakan pada tahun 1968 silam. Ketika itu, Kawasan Monas dipilih sebagai tempat untuk menghelat Jakarta Fair yang dilaksanakan pada 5 Juni - 20 Juli 1968 yang dibuka oleh Presiden Soeharto. 

Jakarta Fair atau yang akrab juga disebut PRJ ini awalnya dinamakan sebagai DF yang merupakan singkatan dari Djakarta Fair (ejaan lama). Seiring berjalannya waktu, ejaan ini berubah menjadi Jakarta Fair yang kemudian lebih populer dengan sebutan Pekan Raya Jakarta. 

4. Jadi Agenda Resmi

Ilustrasi Jakarta Fair.

Photo :

Supaya lebih sah atau resmi, pemerintah DKI Jakarta kemudian mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 8 tahun 1968. Peraturan ini berisi tentang Jakarta Fair yang akan menjadi agenda tetap tahunan diselenggarakan menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta yang dihelat setiap tanggal 22 Juni. 

5. Ajang Miss Jakarta Fair

Pembukaan Jakarta Fair 2015

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

Salah satu rangkaian dari Jakarta Fair adalah kehadiran ajang beauty pageant atau kontes kecantikan Miss Jakarta Fair. Kontes ini akan menawarkan warna berbeda karena sudah mendapatkan respons positif sejak acara perdana pada tahun 2006 silam. Bahkan, registrasi onlinenya saja sudah dibuka sampai tanggal 28 Mei 2022 kemarin. 

6. Rekomendasi Tempat Kumpul Keluarga

Pesta Diskon di Jakarta Fair 2013

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Bila kamu sudah bosan berkumpul bersama keluarga di mall atau restoran, titik ramai Jakarta Fair bisa menjadi pilihan menarik. Jakarta Fair ini bisa menjadi salah satu alternatif kumpul keluarga sembari menikmati acara hiburan. Ada banyak tempat menarik untuk berkumpul bersama keluarga tercinta sambil menikmati atmosfer kebersamaan di sini. 

Selain itu, ajang Jakarta Fair juga adalah sebuah tempat untuk kamu yang gemar berbelanja. Apalagi untuk seorang pemburu diskon, di Jakarta Fair ini akan banyak sekali promo dan diskon yang menarik. Jadi, jangan sampai kelewat, ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya