8 Hal Aneh di Benua Afrika yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

ilustrasi dukun afrika
Sumber :
  • Dailymail

VIVA – Hal aneh di Benua Afrika pastinya banyak yang tidak diketahui oleh sebagian orang. Jika tahu, pasti Anda salah satunya yang akan terkejut. Afrika merupakan sebuah benua terbesar kedua di dunia dan merupakan rumah dengan beberapa lanskap yang indah untuk satwa liar paling unik. Itulah sebabnya Afrika menjadi tujuan liburan favorit turis dari berbagai negara. 

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Sebuah benua yang membentang di belahan bumi, Afrika telah menjadi rumah bagi beberapa peradaban tertua di dunia dan saat ini memiliki beberapa negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Afrika adalah tempat yang sering muncul untuk mengacaukan harapan dan menentang konvensi, tempat yang selalu penuh kejutan. Masih banyak hal aneh di Benua Afrika yang bisa membuat Anda terkejut.  Daripada penasaran, berikut ini ada beberapa hal aneh di benua Afrika yang perlu Anda ketahui;

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Peta Benua Afrika.

Photo :
  • http://www.gomuda.com/

Lebih dari 25 persen bahasa dunia hanya digunakan di Afrika

Bakal ke Uganda Resmikan Masjid, Ivan Gunawan Siap Tempuh Perjalanan Darat 10 Jam

Diperkirakan ada sekitar 2.000 bahasa yang digunakan di benua itu. Semua dianggap sebagai bahasa resmi Uni Afrika. Nigeria sendiri memiliki lebih dari 500 bahasa yang hidup.

Afrika adalah satu-satunya benua yang terbentang dari zona beriklim utara ke zona beriklim selatan

Ini adalah benua terpanas di dunia dan terkering kedua setelah Australia. Meskipun hampir empat kali ukuran Eropa, pantainya yang lebih lurus berarti memiliki garis pantai keseluruhan yang lebih pendek .

Penduduk Afrika jauh lebih muda daripada penduduk dunia lainnya

Lebih dari 50% orang Afrika berusia di bawah 20 tahun , dibandingkan dengan usia rata-rata global 30 tahun. Afrika memiliki rasio ketergantungan anak tertinggi di dunia - dengan 73 anak di bawah usia 15 tahun untuk setiap 100 orang usia kerja. Itu hampir dua kali lipat rata-rata global.

Penduduk Suku Maasai di Afrika.

Photo :
  • U-Report

Hampir 40 persen orang dewasa di Afrika buta huruf

Dua pertiga dari mereka adalah perempuan. Kemajuan dalam meningkatkan literasi di benua itu berjalan lambat - pada tahun 1990 proporsi orang dewasa yang tidak bisa membaca dan menulis mencapai 48%, menurut statistik UNESCO (PDF).

Bollywood adalah pemberi kerja terbesar kedua di Nigeria setelah pertanian

Industri film negara ini mempekerjakan lebih dari satu juta orang, dan memproduksi sekitar 50 film setiap minggunya. Hanya Bollywood yang menghasilkan lebih banyak. Pada tahun 2014 pemerintah Nigeria merilis data yang menunjukkan Nollywood adalah industri senilai US$3,3 miliar .

Afrika memiliki sekitar 30 persen dari sisa sumber daya mineral bumi

Ini mencakup lebih dari 40 persen cadangan emas dan 90 persen cadangan platinum. Nigeria adalah pengekspor minyak terbesar kelima di dunia, di depan Irak dan Kuwait, menurut CIA World Factbook 

Afrika adalah Benua Terpanas di Dunia

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, Afrika memiliki iklim yang sangat hangat dan sebenarnya dianggap sebagai benua terpanas di dunia. Sekitar 60 persen daratan kering dan tertutup gurun, dan Sahara adalah gurun terbesar di dunia dengan suhu yang sering mencapai 100  derajat Fahrenheit (atau melebihi 40  derajat Celcius).

Tetapi sementara rekor suhu terpanas di Bumi pernah terjadi di Afrika di El Azizia, Libya pada 136,4 derajat Fahrenheit (58 derajat Celcius), benua ini juga memiliki suhu ekstrem lainnya dengan suhu terdingin di Afrika serendah −11 derajat Fahrenheit (− 23,9  derajat Celcius) di Ifrane, Maroko. Ini hanya menunjukkan keragaman negara yang berbeda di sini di Afrika dan perbedaan tidak berakhir dengan iklim!

Satu-satunya Sumber Emas Terbesar

Seperti yang kami katakan sebelumnya, Afrika adalah rumah bagi beberapa sumber daya besar yang dicari oleh dunia Barat. Hampir setengah dari emas yang pernah ditambang di Bumi berasal dari Afrika, dan lebih khusus lagi, dari Witwatersrand di Afrika Selatan.

Meskipun produksinya menurun, ekspor emas bernilai US$3,8 miliar pada tahun 2005. Afrika Selatan juga terkenal dengan berliannya, meskipun Botswana memimpin dalam hal produksi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya