Mengenal Ikan Channa, Ikan Gabus Hias Harganya Selangit

Channa Stewartii
Sumber :
  • Twitter @jfemtokyo

VIVA Lifestyle – Ikan Channa atau ikan gabus adalah salah satu jenis ikan air tawar yang kini makin populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan gabus hias ini memiliki warna dan corak tubuh yang indah.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Dari bentukknya, ikan ini memiliki warna hingga corak yang tak kalah menariknya dibanding ikan hias jenis lainnya. Selain itu, ikan ini juga mempunyai perilaku yang tidak biasa.

Jenis-jenis ikan channa yang banyak diburu

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Ada beberapa jenis ikan channa yang populer dan banyak diburu pecinta ikan hias. Bahkan ikan ini dijual dengan harga yang fantastis mencapai puluhan juta rupiah. Mengutip dari situs Sariagri, berikut jenis-jenis ikan channa yang populer.

1. Channa Aurantimaculata

Neta L Resmi Mengaspal, Ini Spesifikasinya

Channa Aurantimaculata

Photo :
  • Twitter @GONGaquatic

Jenis ikan ini berasal dari India. Bobot ukurannya bisa mencapai 40 cm, dengan ciri fisik corak kecoklatan dengan garis-garis vertikal oranye.

Karena keunikan coraknya ini, jenis ikan channa satu ini banyak diburu pecinta ikan hias meskipun harganya dibanderol mahal yaitu sekitar Rp250 hingga Rp2 juta lebih.

2. Channa Stewartii

Channa Stewartii

Photo :
  • Twitter @jfemtokyo

Channa Stewartii adalah jenis ikan channa yang berasal dari Asia Tengah. Ikan ini memiliki pesona warna hijau kebiruan pada sirip dada dengan bintik-bintik hitam serta cokelat di seluruh tubuh. Dari corak yang dimiliki membuat harga ikan channa jenis ini cukup fantastis.

Meski tidak terlalu mencolok, warna biru pada Channa Stewartii bisa menyala terang saat terkena cahaya di tempat gelap. Harga ikan jenis ini berbeda-beda tergantung dengan ukurannya. Untuk ikan yang masih kecil sekitar 5 sampai 7 cm, dibanderol dengan harga kisaran Rp250 ribu hingga jutaan rupiah. 

3. Channa Barca

Channa Barca

Photo :
  • Twitter @ketilengboi

Jenis Channa yang satu ini paling populer karena harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ikan gabus jenis ini juga menjadi ikan channa termahal di dunia. Channa Barca memiliki warna sirip dadanya kuning kehijauan dengan lebih banyak bintik hitam pada tubuh dan kepalanya.

Uniknya, jika terkena cahaya, bagian perut dan ekor ikan ini akan muncul warna hijau tosca. Channa dari India ini dijual dengan kisaran harga mulai Rp1 juta untuk ukuran anakan 1 cm. Sementara untuk ukuran dewasa, harganya mencapai Rp15 hingga Rp 55 juta.

4. Channa Maru Yellow Sentarum

Channa Maru Yellow Sentarum

Photo :
  • Twitter @Akb4rr_

Channa Maru adalah jenis lokal dengan harga sangat terjangkau. Meski masih termasuk ikan predator, ikan gabus jenis ini dikenal lebih bersahabat dan ramah.

Seekor anakan Channa YS berukuran 5cm dibanderol dengan harga mulai dari Rp25 ribu. Saat tubuh ikan ini berukuran sekitar 15cm, Channa YS biasa dijual hingga Rp1 jutaan.

5. Channa Pulchra

Channa Pulchra

Photo :
  • Twitter @asyrafkamsani

Dikenal juga dengan nama Channa Blue Pulchra, ikan ini tumbuh di perairan Myanmar. Berbeda dengan jenis Maru yang bisa tumbuh menjadi sangat besar, Channa Pulchra adalah predator versi mini yang hanya bisa tumbuh hingga 30 cm saja.

Keunikan jenis channa ini antara lain bisa bergerak menyerupai kipas (disebut flaring) saat merasa ditantang, serta bisa bergerak lincah mengikuti gerak tangan kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya