Sempat Bikin Heboh, Kini Kata 'Anjir' Sudah Terdaftar di KBBI

Nikita Mirzani undang Lutfi Agizal kolab di konten Youtube-nya
Sumber :
  • youtube.com/ Crazy Nikmir REAL/

VIVA Lifestyle – Seiring bertambahnya zaman, berkembang pula berbagai aspek dalam kehidupan sehari-hari mulai dari gaya hidup hingga penggunaan bahasa. Kosakata dalam sebuah bahasa kini semakin bervariasi seiring berkembangnya teknologi yang dapat membawa masuk pengaruh luar kepada suatu negara.

Dituding Ajari Baby L Kata Umpatan 'Anjay', Begini Klarifikasi Rizky Billar

Misalnya di Indonesia yang banyak menerima pengaruh dari budaya asing seperti Amerika hingga Korea Selatan. Tidak hanya bahasa adaptasi dari luar negeri, era digital ini juga menimbulkan banyak istilah baru yang populer di kalangan generasi milenial, atau yang disebut bahasa gaul.

Bahasa gaul biasanya datang dari kata-kata tidak baku yang belum termasuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tetapi, satu kata bahasa gaul yang tidak asing lagi di telinga anak milenial, kini telah tercatat di KBBI.

Airlangga Beberkan Ekonomi Jakarta Rugi Rp 2,1 Triliun Per Tahun Gegara Banjir Rob

Kata tersebut adalah ‘Anjir’. Kata gaul yang populer ini seringkali digunakan untuk mengekspresikan kagum atau terkejut melihat suatu kejadian. Kata ‘anjir’ juga biasanya dipelesetkan menjadi ‘anjay’ atau mengarah pada sebuah kata umpatan binatang yaitu anjing.

Lutfi Agizal.

Photo :
  • Instagram/lutfiagizal
Anies Baswedan Bakal Tambah 250 Ribu Kosa Kata Baru di KBBI Jika Jadi Presiden

Namun ternyata, kata ‘anjir’ memiliki arti tersendiri dalam KBBI yang sama sekali tidak berkonotasi kasar atau negatif.

Arti kata Anjir di KBBI

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, anjir merupakan sebuah kata benda yang berarti terusan. Makna lain dari anjir adalah saluran, dalam hal ini yang dimaksud adalah sebuah saluran air. Selain itu, anjir juga dapat diartikan sebagai kanal, yang dibangun tidak dapat digunakan lagi untuk lalu lintas kendaraan air yang besar.  

Namun tentunya arti kata anjir dalam KBBI bertentangan dengan yang biasa digunakan dalam bahasa gaul. Pasalnya, kata anjir dalam bahasa gaul berasal dari sebuah pelesetan kata anjing.

Publik juga sempat dihebohkan dengan kontroversi kata anjir dan anjay. Kontroversial tersebut bermula dari selebgram Lutfi Agizal yang mengatakan bahwa kedua kosakata itu mengandung makna merendahkan, tidak sopan dan termasuk umpatan.

Nikita Mirzani undang Lutfi Agizal kolab di konten Youtube-nya

Photo :
  • youtube.com/ Crazy Nikmir REAL/

Di kalangan anak-anak zaman sekarang, kata anjir banyak dipakai dalam segala keadaan. Misalnya, ungkapan kekaguman, rasa terkejut, dan ungkapan kemarahan.

Selain kata anjir, ada beberapa kosakata populer zaman now yang banyak dipakai, seperti bucin, gabut, mager, mantul, kepo, pansos, dan lain sebagainya.

Menyusul kata Anjir, kini KBBI juga telah mencatat delapan kosakata bahasa Korea yang populer di kalangan penggemar K-Pop. Delapan kata tersebut di antaranya, oppa, bingsu, kimci, bibimbap, bulgogi, mandu, mokbang, dan hanbok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya