3 Jalan Tersempit di Dunia yang Sangat Ikonik, Dilengkapi Lampu Merah

Jalan Spreuerhofstrasse
Sumber :
  • Google Maps

VIVA Lifestyle – Ada beberapa jalan tersempit di dunia yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Jalan ini menyuguhkan sensasi berbeda dari biasanya dan menepis anggapan bahwa sebuah jalan itu harus lebar dan nyaman untuk para penggunanya. Jalan unik ini tersebar di beberapa negara yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang mengunjunginya.

Israel-Palestina Harus Hidup Berdampingan dengan Damai, Kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru

Saat kamu mendatangi beberapa negara ini untuk berwisata, tidak ada salahnya untuk mengunjungi juga jalan tersempit di dunia yang paling terkenal dan ikonik. Di sini, kamu bisa menikmati suasana berbeda dari kebanyakan jalan yang ada di dunia. Nah, berikut ulasan tentang jalan tersempit di dunia yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

1. Jalan Spreuerhofstrasse

Awas! Oli Tumpah di Jalan Juanda Depok, Pengendara Diimbau Waspada

Jalan Spreuerhofstrasse

Photo :
  • Google Maps

Reutlingen, sebuah kota kecil yang berada di Baden-Wurttemberg, Jerman memiliki atraksi tersendiri. Kota yang terletak sekitar 30 kilometer selatan Stuttgart ini mempunyai jalan tersempit di dunia. Jalan ini hanya mempunyai lebar mencapai 12,2 inci atau sekitar 30,98 sentimeter. Jalan ini sudah dibangun sejak tahun 1726 silam. 

5 Hidangan Sup Terbaik di Dunia, Rawon dan Soto Betawi Peringkat Teratas

Uniknya, Jalan Spreuerhofstrasse yang berada di barat daya kota ini sudah terdaftar dalam The Guinness Book of World Records sebagai jalan tersempit di dunia sejak tahun 2007. Lebar jalan ini diperkirakan sama dengan layar komputer kecil dan setiap ujungnya dihiasi dengan papan bertuliskan ‘jalan sempit di dunia’ dalam bahasa Jerman dan Inggris. 

Tapi sayang, jalan paling unik di dunia ini akan segera menemui ‘ajalnya’ dalam waktu dekat ini. Sebab, bangunan yang mengapit jalan ini membuat air merembes di area dinding sampai membuat banyak tonjolan. Kepala Pariwisata Kota Reutlingen Tanja Ulmer mengatakan, akan sangat kecewa jika memang jalan ini terpaksa harus dihancurkan. 

2. Parliament Street, Inggris

Parliament Street, Inggris

Photo :
  • Google Maps

Parliament Street adalah sebuah jalan sepanjang 50 meter di Exeter, Inggris yang menghubungkan antara High Street dengan Waterbeer Lane yang sudah tercatat sejak abad ke-14. Sebelumnya dinamakan Small Lane dan diganti namanya saat Parlemen ditertawakan oleh dewan kota guna mengesahkan UU Pembaharuan 1832. 

Jalan tersempit di dunia ini memiliki bagian terlebar yang mencapai 1,2 meter dan kurang dari 64 sentimeter untuk bagian tersempit. Sebab itu, jalan ini dijadikan oleh Guinness Book of World Records sebagai jalan tersempit di dunia. 

3. Vinarna Certovka, Praha

Vinarna Certovka, Praha

Photo :
  • Google Maps

Praha adalah sebuah kota yang kental dengan julukan sebagai Kota Seratus Menara yang memancarkan aura romantis sehingga bisa memikat para wisatawan. Di Mala Strana ada sebuah jalanan ikonik dan Instagramable yang menjadi salah satu landmark buruan turis mancanegara, namanya Vinarna Certovka. 

Bukan karena memiliki keindahan atau berhias mural hasil karya seniman ternama, Vinarna justru menjadi incaran wisatawan lantaran hanya mempunyai lebar tidak sampai 50 cm. Lebar Vinarna Certovka hanya mencapai 19,6 inchi atau setara 49 sentimeter dengan panjang mencapai 10 meter. 

Uniknya, jalan ini sangat sempit sampai hanya bisa dilewati oleh orang kurus saja. Bahkan, untuk kenyamanan para pejalan kaki, jalan ini sampai dibuatkan lampu merah seperti jalan raya. Fungsinya supaya pejalan kaki atau traveler tidak bertemu di tengah gang yang sempit. Sebab, gang ini tak akan muat jika dilewati oleh dua orang sekaligus. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya