5 Negara di Dunia yang Penduduknya Memiliki 'Umur Pendek'

Ilustrasi Kehidupan di Desa
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA Lifestyle  – Ada berbagai fakta unik di dunia ini yang mungkin belum kamu ketahui, salah satunya adalah negara yang penduduknya memiliki umur pendek. Bukan hanya ucapan tidak berdasar, kesimpulan tersebut diambil dari sebuah riset harapan hidup di setiap negara di dunia yang dilakukan oleh United Nations

Ini Peran dan Kontribusi Bea Cukai Terhadap Penerimaan Negara dan Pengawasan Perdagangan

Dengan kata lain, umur rata-rata orang di negara tersebut memperlihatkan hasil yang cukup rendah. Secara global, rata-rata hidup manusia untuk dua jenis kelamin adalah bisa mencapai 73,2 tahun. Negara yang penduduknya memiliki umur pendek ini semuanya berpenghasilan rendah atau negara berkembang. 

Mereka biasanya belum mempunyai akses perawatan kesehatan dan pengobatan yang biasanya ada di negara maju. Sebab itu, penyebab utama kematian di beberapa negara ini berbeda dengan negara yang berpenghasilan menengah ke atas. Penyebab utama kematian di negara berpengasilan rendah itu adalah HIV/AIDS dan malaria. 

Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Kemudian ada pula komplikasi kelahiran prematur yang tidak mengakibatkan kematian substansial di negara yang berpenghasilan tinggi tinggi, demikian seperti dikutip dari Statista. Nah, berikut ini adalah ulasan selengkapnya mengenai negara yang penduduknya memiliki umur pendek seperti dikutip dari Worldometer

1. Sierra Leone

Wajar jika Kementerian Ditambah sampai 40 untuk Indonesia yang Besar, Menurut Pengamat

Kedekatan Briptu Hikma Dengan Anak-anak Afrika

Photo :
  • Instagram @hikmanursyaa

Republik Sierra Leone Republik yang merupakan sebuah negara di Afrika Barat, tepatnya berada di pesisir Samudra Atlantik dan mungkin masih terdengar asing di telinga kamu. Negara ini berbatasan langsung dengan Guinea di utara, Liberia di tenggara, dan Samudra Atlantik di barat daya. Menurut United Nations, angka harapan hidup di sini sampai 55,92 tahun. 

2. Nigeria

potret kota Lagos, Nigeria

Photo :
  • Joshua Doubek/Wikimedia

Meski terkenal dengan wisatanya yang memanjakan mata, di balik semua itu ada fakta tentang Nigeria yang cukup mengkhawatirkan mengenai keberlangsungan hidupnya. Sebab, rata-rata hidup di negara tersebut menurut data yang dihimpun dari United Nations hanya mencapai 55,75 tahun. 

3. Lesotho

King Letsie 111 of Lesotho

Photo :
  • businessinsider.com

Masih berada di benua Afrika dan sama-sama terkurung oleh daratan, Lesotho juga termasuk dalam negara yang penduduknya memiliki umur pendek. Populasinya yang hanya mencapai 2 juta jiwa itu mempunyai harapan hidup sampai usia 55,65 tahun, cukup tipis selisihnya dengan Nigeria. 

4. Chad

Penduduk negara Chad.

Photo :
  • U-Report

Chad merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Afrika Tengah dengan beribu kota di N’Djamena dengan populasi mencapai 16,43 juta jiwa. Dikelilingi oleh daratan, Chat mempunyai angka rata-rata harapan hidup masyarakatnya yang mencapai 55,17 tahun saja. 

5. Republik Afrika Tengah

Ilustrasi orang Afrika.

Photo :
  • U-Report

Negara yang penduduknya memiliki umur pendek adalah Republik Afrika Tengah dengan rata-rata berusia 54,36 tahun. Angka ini tentu saja cukup mengkhawatirkan. Sebab artinya ada perbedaan jomplang yang mencapai 20 tahun ketimbang rata-rata global. 

Bagaimana dengan Indonesia?

Seorang ibu dan anak-anaknya memperlihatkan Kartu Identitas Anak (KIA) pada pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi kependudukan (GISA) di Banda Aceh, Aceh

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Indonesia menduduki urutan ke-122 dari 193 negara dengan harapan hidup dengan angka mencapai 72,32 tahun. Angka tersebut tidak terlalu kecil karena rata-rata harapan hidup di dunia ini adalah 73,2 tahun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya