Dramatis, 4 Hewan Ini Hanya Kawin Sekali Seumur Hidup dan Mati

Petani Dede Yanti memanen madu lebah di halaman rumahnya Kampung Pangkalan, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis, 10 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA Life– Layaknya manusia, hewan juga melakukan hubungan intim untuk reproduksi dan kesenangan. Walau hewan juga mempunyai perilaku seksual yang cukup variatif, istilah kawin biasanya disematkan pada hubungan intim dengan tujuan melahirkan generasi baru. Untuk sebagian besar mamalia, perkawinan dilakukan secara terus menerus atau periode paling subur. 

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Sebagian besar perilaku seksual hewan juga melibatkan persaingan, bahkan sampai menimbulkan perkelahian di antara pejantan. Sedangkan untuk betina, mereka akan memilih jantan yang terlihat kuat dan bisa melindungi diri sendiri. Jantan yang memenangkan pertarungan lebih mungkin memperoleh kesempatan kawin dengan banyak betina.

Namun, ada beberapa hewan yang hanya kawin sekali seumur hidupnya, lalu mati setelah itu. Siklus hewan itu berbeda dengan kebanyakan hewan yang kawin berulang kali dalam hidupnya. Fenomena itu terjadi karena berbagai faktor, mulai dari persaingan hingga struktur fisiologis. Nah, dirangkum dari berbagai sumber berikut hewan yang hanya kawin sekali seumur hidup. 

Kiamat Masih Jauh Selama Masih Ada 3 Hewan Ini, Kata Gus Baha

1. Lebah Jantan

Propolis yang dihasilkan lebah

Photo :
  • Beevabrazil.com
Kelakar Hakim MK Kalau Peserta Sidang Telat: Di Korut, Bisa Ditembak Mati

Lebah madu jantan biasanya akan kawin sekali seumur hidupnya. Lebah madu jantan ini harus bisa bersaing dengan sesama jenisnya untuk bisa menarik perhatian ratu lebah. Ketika lebah madu jantan terpilih, dia akan menggenggam ratu lebah. Proses reproduksi lebah madu jantan terjadi di udara ketika ratu lebah mencari pasangannya. 

Setelah melalui proses pembuahan ujung edho phallus lebah jantan tertinggal di saluran reproduksi ratu lebah dan mengakibatkan perut lebah madu jantan pecah. Setelahnya, lebah jantan ini akan jatuh ke tanah dan mati. 

2. Gurita Laut Dalam

Gurita laut dalam

Photo :
  • www.pixabay.com/CSITDMS

Gurita laut dalam atau biasanya dinamakan sebagai Graneledone Boreopacifica adalah hewan dengan proses reproduksi yang sangat menyedihkan. Hal ini karena gurita laut dalam betina akan kawin dan setelah itu dia akan diam menjaga telurnya tanpa dimakan apa pun dan akhirnya ia akan mati. 

Berdasarkan Popular Science, salah satu penelitian mengenai gurita laut dalam, mereka akan menjaga telurnya selama lebih dari 50 bulan. Dalam periode tersebut, dia tidak akan memakan apa pun dan akhirnya mati. 

3. Bunglon Labord

Bunglon tengah menyergap mangsanya

Photo :
  • Discovery

Bunglon Labord juga termasuk ke dalam hewan yang hanya kawin sekali seumur hidupnya. Bunglon kecil dari Madagascar ini menghabiskan dua per tiga dari hidupnya di dalam telur. Setelah menetas, dia akan bereproduksi dan mati sebelum anaknya melihat cahaya. 

Dalam sebuah penelitian, sebelum mati bunglon ini akan menghasilkan sekitar satu lusin telur. Proses inkubasi biasanya terjadi selama 8 bulan dan baru setelah itu menetas. Siklus ini akan terus berulang pada keturunannya, yaitu tumbuh dewasa, kawin, menyimpan telur, dan mati. 

4. Salmon Pasifik

Chilko salmon, spesies ikan yang mampu beradaptasi dengan kanaikan suhu air.

Photo :
  • cosmosmagazine.com

Siklus hidup ikan salmon pasifik ditandai dengan satu sifat reproduksi penting yang dinamakan dengan semelparity. Hal ini adalah ikan salmon pasifik yang hanya bertelur sekali seumur hidup kemudian mati. Kondisi ini karena perubahan hormon plasma. 

Termasuk hormon reproduksi serta kortikosteroid yang berorientasi pada keberhasilan reproduksi. Hal ini akan berakibat pada penuaan yang cepat dan kerusakan fisiologis yang menyebabkan kematian pada salmon pasifik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya