7 Destinasi Wisata Sihir Dunia Bagi Penyuka Magic dan Penyihir

New Orleans, AS
Sumber :
  • Lonely Planet

VIVA Lifestyle – Penyihir dan ilmu sihir mungkin telah dibenci dan dihormati sepanjang sejarah manusia.  Disukai sebagai penyembuh terampil atau ikon feminis, ditakuti sebagai pelayan iblis dan praktisi sisi gelap yang misterius. Namun kini ada destinasi wisata sihir dunia yang ada di berbagai negara. 

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

Pengetahuan penyihir dan ilmu gaib muncul di seluruh dunia dan terkadang dalam inkarnasi modern yang mengejutkan. Mengutip dari Lonely Planet, berikut ini 7 destinasi wisata sihir dunia dengan sejarah ilmu sihir atau tradisi penyembuhan mistik. 

1. Catemaco, Meksiko

Soal Stevie Agnecya Diduga Meninggal Dunia Karena Santet, Begini Kata Mbah Mijan

Kongres Penyihir Internasional tahunan di Catemaco, Meksiko

Photo :
  • Lonely Planet

Destinasi wisata sihir dunia pertama ada di Catemaco, Meksiko. Sihir hitam dan putih ditawarkan sepanjang tahun di Catemaco. Biasanya akan ada Kongres Penyihir Internasional tahunan di Catemaco dengan sebuah pentagram terbakar dengan dua pria berdiri di depannya dalam kegelapan dan yang satunya mengangkat pedang.

Hal Ini yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Santet Menurut Agama Islam

Ritual tersebut adalah campuran dari kepercayaan pra-Hispanik yang sekarang bercampur dengan Katolik. Ada juga Ritos tahunan, Ceremonias y Artesanías Mágica, acara tiga hari yang dimulai pada hari Jumat pertama bulan Maret dengan 'massa hitam' di dekat danau kota, menarik wisatawan dan pemberi kekayaan, mantra dan ramuan.

2. Pegunungan Harz, Jerman Utara

Pegunungan Harz, Jerman.

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya ada pegunungan Harz sebagai salah satu destinasi wisata sihir dunia. Brocken, puncak tertinggi pegunungan Harz telah lama dikaitkan dengan ilmu sihir dan legenda. Dikaitkan juga dengan pengorbanan kepada dewa Saxon kuno Woden (legenda Odin dari Norse). Puncaknya juga menjadi titik pertemuan para penyihir di Walpurgisnacht atau Hexennacht, malam 30 April. 

Legenda itu diabadikan dalam 'Faust' Goethe dan dalam beberapa tahun terakhir Walpurgisnacht telah bangkit kembali untuk merangkul akar pagannya, beralih dari festival Kristen untuk melindungi dari penyihir menjadi kesempatan untuk berdandan dan menari dengan mereka.

Ada juga Hexentanzplatz (berarti 'lantai dansa penyihir') sebagai rumah bagi patung-patung penyihir dan setan yang menyeramkan sepanjang tahun.

3. New Orleans, AS

New Orleans, AS

Photo :
  • Lonely Planet

Destinasi wisata sihir dunia selanjiutnya ada New Orleans. Sebuah foto berbingkai berdiri di tengah altar dengan foto seorang wanita berkuku panjang dengan kain putih di kepalanya dan menggunakan anting-anting serta memegang bola kristal. Benang manik-manik mengelilinginya, bersama dengan koin, paket permen karet, pena dan kotak berbentuk hati.

New Orleans adalah rumah sihir yang sebenarnya di AS, berkat sejarah Voodoo dan Hoodoo. Perpaduan unik kota ini antara roh Afrika Barat dan orang-orang kudus Katolik Roma telah bertahan sejak tahun 1700-an sebagian berkat legenda abadi Marie Laveau, seorang tabib terkenal dan pendeta voodoo. 

Praktek modern Voodoo cukup terbatas di kota saat ini, tetapi kamu dapat mampir ke Hex untuk bacaan, kristal, herbal dan banyak lagi dengan banyak formula yang terinspirasi oleh tradisi Afrika Barat dan Laveau sendiri.

4. Siquijor, Filipina

Saat berkunjung ke Filipina, kamu bisa mengunjungu destinasi wisata sihir dunia di Siquijor. Dijuluki 'Pulau Penyihir' oleh penjajah Spanyol pada tahun 1600-an, Siquijor masih mempertahankan tradisi kuat tabib lokal (mananambal) dan hexer (mambabarang). Mananambal mengadakan Festival Penyembuhan besar seminggu sebelum Paskah, puncak dari tujuh minggu mengumpulkan bahan-bahan alami setiap hari Jumat selama Prapaskah. 

Pohon Balete berusia 400 tahun juga merupakan tempat yang konon memesona, tertua dan terbesar dari jenisnya di provinsi ini. Sebagai rumah juga bagi mata air yang muncul langsung dari akarnya yang kusut. 

5. Pulau Blå Jungfrun, Swedia

Ilustrasi pulau mengerikan.

Photo :
  • U-Report

Menurut legenda, Pulau Blå Jungfrun adalah lokasi kehidupan nyata Blåkulla, sebuah pulau tempat para penyihir berkumpul dengan iblis dan dulunya hanya dapat diakses dengan penerbangan. Selama bertahun-tahun, persembahan ditinggalkan di tepi pulau dengan harapan dapat menenangkan makhluk aneh yang mungkin tinggal di sana.

Saat ini tempat tersebut menjadi taman nasional, rumah bagi labirin batu yang menarik dan para arkeolog baru-baru ini menemukan bukti altar dan ritual prasejarah di beberapa guanya.

Setiap orang harus keluar dari pulau sebelum malam tiba dan tetap berpegang pada jalan setapak saat berada di sana. Dilarang juga untuk mengambil salah satu batu dari pulau itu karena disebutkan akan membawa kesialan.

6. Pendle Hill, Lancashire, Inggris Raya

Pendle Hill, Lancashire, Inggris Raya

Photo :
  • Lonely Planet

Pengadilan penyihir paling terkenal di Inggris terjadi di sekitar Pendle Hill pada abad ke-17 dan merupakan kisah menarik dari keluarga Demdike dan Chattox, yang saling menghancurkan dengan sihir. Daerah ini juga dikenal sebagai 'negara penyihir'.

Pada peringatan 400 tahun pengadilan penyihir pada tahun 2012, jalan setapak sepanjang 82 kilometer bernama Lancashire Witches Walk dibuka, mengarah dari Barrowford ke Kastil Lancaster tempat para pria dan wanita yang dituduh diadili. Penemuan baru-baru ini di daerah itu disebut 'pondok penyihir' lengkap dengan mumi kucing yang ditemukan di dinding dan sejarawan. 

7. Lima, Peru

Terakhir ada Lima di Peru yang menjadi salah satu destinasi wisata sihir dunia. Shamanisme memiliki akar yang panjang dan dalam di Peru dan diperkirakan muncul bersamaan dengan budaya membangun kuil-kuil megah di seluruh negeri. Secara tradisional, dukun akan menggunakan halusinogen alami untuk berbicara dengan dunia roh dan dewa dan sekarang ada perusahaan wisata yang menawarkan untuk menghubungkanmu dengan dukun dan tempat yang aman bagi kamu untuk mencobanya sendiri.

Wisatawan dapat melihat sekilas tradisi perdukunan dari Mercado de las Brujas (Pasar Penyihir) Lima di bawah Stasiun Gamarra. Di sini penjual menawarkan segala macam obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit, termasuk berbagai kegunaan yang tidak biasa seperti lemak ular, jeroan katak dan janin llama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya