7 Rahasia Orang Narsis yang Tidak Ingin Diketahui

Ilustrasi narsis.
Sumber :
  • Narsis

VIVA Lifestyle – Berbicara rahasia orang narsis mungkin ini benar-benar tersimpan rapat hingga tidak satu pun orang yang boleh mengetahuinya. Tahukah Anda bahwa ada hal-hal yang orang narsis tidak ingin Anda ketahui tentang mereka?

8 Ciri-ciri Orang Narsistik, Apakah Kamu Miliki Salah Satunya?

Ketika berbicara tentang hal-hal yang memunculkan rasa tidak aman mereka dan membuat mereka merasa terbuka. Mereka ingin Anda berpikir bahwa mereka sempurna dan tanpa cacat sedikit pun, tetapi jika Anda melihat cukup dekat, ada retakan di fasad mereka.

Ilustrasi kurang rasa percaya diri.

Photo :
  • U-Report
Sisi Buruk Orang Narsis

Narsisme atau gangguan kepribadian narsistik (narcissistic personality disorder/NPD) ditandai dengan rasa mementingkan diri sendiri yang meningkat, tetapi juga memiliki banyak gejala lain yang mencakup hubungan yang tidak sehat dengan orang lain dan kebutuhan yang kuat akan perhatian dan kekaguman. 

Konon,  rahasia orang narsisis itu cenderung sangat tertutup dan memiliki banyak lapisan tersembunyi. Dan itu terutama karena mereka adalah orang-orang yang sangat mengontrol dan manipulatif.

Zodiak Jago Ciuman, Gejala HIV Ringan Hingga Berat

Narsisme dapat didefinisikan sebagai keasyikan berlebihan dengan kebutuhan sendiri sampai-sampai individu menjadi tidak menyadari kebutuhan orang-orang di sekitar mereka. 

Jika Anda pernah menjalin hubungan dengan orang-orang narsisis, Anda sudah tahu itu bukan hal yang mudah untuk dihadapi. Orang-orang ini manipulatif, egois, dan sering kasar secara emosional. Mereka juga membalikkan situasi untuk membuat diri mereka terlihat baik sambil merendahkan orang lain untuk mencapai tujuan egois mereka sendiri. 

Ketika berbicara tentang narsisis, pertahanan terbaik sebenarnya adalah pengetahuan. Dan salah satu cara terbaik untuk memahami individu seperti itu, adalah dengan mempelajari hal-hal tentang mereka yang tidak ingin diketahui oleh orang-orang sekitar.

Jadi, apa yang rahasia apa yang disembunyikan orang narsisis? Dan apa yang paling ditakuti oleh orang narsisis? Bersiaplah untuk mempelajari apa yang narsisis tidak ingin Anda ketahui! Beberapa dari "rahasia narsisis" ini mungkin mengejutkan Anda, dan beberapa mungkin akan membuat Anda marah. 

Ilustrasi narsis.

Photo :
  • U-Report

Tapi bagaimanapun juga, penting bagi kita semua untuk mengetahui kebenaran tentang rahasia orang narsisis, sehingga kita dapat lebih memahami perilaku mereka dan melindungi diri kita sendiri dan kewarasan kita. Melansir dari factfactory.info, berikut ini ulasan selengkapnya untuk Anda:

Mereka Tidak Percaya Diri Seperti yang Terlihat

Melihat narsisis, sepertinya mereka memiliki semuanya bersama-sama, tetapi kenyataannya adalah bahwa mereka hampir tidak percaya diri seperti yang mereka ingin Anda percayai. 

Jauh di lubuk hati, orang-orang ini merasa tidak aman tentang diri mereka sendiri. Mereka membentuk fasad untuk bersembunyi di balik dengan berpura-pura menjadi orang lain yang dicintai dan dikagumi oleh semua orang di sekitar mereka. 

Orang narsis tidak ingin ada orang yang tahu tentang diri mereka yang sebenarnya, karena itu akan membuat mereka merasa lemah dan rendah diri.

Mereka Melihat Anda Sebagai Objek Bukan Orang

ilustrasi sifat sombong

Photo :
  • U-Report

         

Narsisis melihat orang lain sebagai objek untuk digunakan, bukan sebagai orang sungguhan yang pantas dihormati. Mereka tidak peduli tentang Anda secara pribadi; ini semua tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka. 

Orang-orang ini tidak mampu membentuk ikatan yang tulus dengan siapa pun karena "hubungan" apa pun yang mereka miliki akan selalu bersifat transaksional. 

Mereka menggunakan orang lain untuk meningkatkan ego mereka sendiri, mengambil apa pun yang mereka inginkan, dan kemudian membuangnya ketika tidak ada lagi yang bisa diperoleh dari hubungan itu. Orang narsisis mungkin benar-benar merendahkan Anda jika mereka tidak lagi menganggap Anda berguna.

Mereka Tidak Peduli Perasaan Orang Lain

Diacuhkan pasangan

Photo :
  • http://www.indotopinfo.com

Rahasia orang naris selanjutnya, mereka sangat mementingkan diri sendiri. Mereka tidak peduli bagaimana perasaan orang lain dan mereka tidak mengalami penyesalan. Mereka bahkan mengatakan dan melakukan hal-hal yang sengaja menyakiti Anda! 

Ketika orang-orang ini marah, mereka menyerang karakter Anda, meremehkan emosi Anda, atau menghilangkan perasaan Anda tentang sesuatu tanpa pernah meminta maaf atau bertanggung jawab atas tindakan mereka. 

Kurangnya empati ini juga mengapa narsisis sering tidak memiliki masalah memulai konflik. Bahkan, konflik menggairahkan mereka karena memberikan rangsangan emosional yang memberi makan rasa penting atau superioritas mereka. 

Mereka Tidak Tahu Apa yang Membuat Mereka Bahagia 

Ilustrasi merenung.

Photo :
  • U-Report

Ini akan menjadi salah satu hal yang paling sulit untuk Anda proses, tapi itu benar. Orang narsis tidak tahu apa yang membuat mereka bahagia atau bagaimana menjadi bahagia. 

Mereka hebat dalam berpura-pura; tetapi jika Anda melihat cukup dekat, tindakan mereka berbicara lebih keras daripada kata-kata. Mereka mencoba melarikan diri dari diri mereka sendiri yang kosong dengan berpartisipasi dalam kegiatan yang merusak diri sendiri dan terus-menerus mencari validasi dari orang lain. 

Dan mereka akan berusaha keras untuk mendapatkan validasi itu bahkan jika itu berarti keluar dari jalan mereka untuk menyabot hidup Anda entah bagaimana atau menggunakan taktik manipulatif lainnya untuk merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri dan kehidupan mereka sendiri.

Mereka Terintimidasi dengan Kesuksesan Anda

ilustrasi orang sukses

Photo :
  • U-Report

Meski sulit dipercaya, orang narsis tidak senang dengan kesuksesan Anda dan mereka tidak bangga dengan Anda. Sifat kompetitif mereka berarti bahwa mereka harus menang dengan segala cara dan menjadi yang terbaik dalam segala hal. 

Mereka tidak tahan melihat orang lain mendahului mereka dengan cara apa pun, dan memikirkan seseorang yang lebih baik dari mereka benar-benar menakutkan.

Semakin sukses Anda, semakin terancam perasaan seorang narsisis tentang posisi mereka sendiri dalam hidup. Dan ini dapat membuat mereka mencoba dan menghancurkan reputasi Anda baik melalui gosip, atau sabotase. 

Mereka Takut dengan Perasaannya Sendiri

Orang narsis tidak bisa rentan dan jujur dengan siapa pun, termasuk diri mereka sendiri. Alasannya adalah karena jujur tentang perasaan mereka berarti menerima bahwa mereka memiliki kelemahan atau kekurangan, yang tidak dapat dilakukan oleh si narsisis. 

Ini juga berarti menerima tanggung jawab atas rasa sakit apa pun yang mungkin mereka sebabkan kepada orang lain di masa lalu atau sekarang; sesuatu yang mereka tidak ingin lakukan karena itu berarti mengakui kesalahan atau kesalahan. 

Orang narsis juga ingin Anda melihat mereka sebagai orang yang kuat dan berkuasa, sehingga mereka sering menggunakan perilaku arogan. Mereka memperlakukan orang lain dengan sangat buruk untuk merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan bersembunyi dari kebenaran perasaan batin mereka.

Batasi Mereka agar Tidak Memiliki Kata Terakhir 

Orang narsis perlu merasa bahwa mereka memiliki kendali atas segala sesuatu dan semua orang dalam hidup mereka. Dan karena salah satu ketakutan terbesar mereka adalah kehilangan kendali, untuk menang, mereka akan sering menggunakan taktik manipulasi seperti perlakuan diam, berdebat, atau membuat asumsi tentang niat Anda. 

Orang-orang ini juga sangat sensitif terhadap kritik, jadi mereka tidak suka ketika Anda mengungkapkan pikiran Anda. Jika Anda tidak setuju dengan mereka atau menanyai mereka, mereka akan dengan cepat menjadi defensif dan menyerang. 

Dan jika Anda mengalihkan pembicaraan tentang mereka, kemungkinan besar tanggapan Anda akan membuat mereka lebih marah daripada apa pun karena sekarang mereka tidak memiliki cara untuk membalas Anda tanpa mengakui kekalahan.

Pada akhirnya, mereka lebih suka menjadi benar daripada bahagia dengan cara apa pun. 

Orang narsis bisa sulit dihadapi baik di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi Anda. Tapi jangan biarkan mereka membuat Anda merasa bersalah karena mengetahui kebenaran tentang mereka.

Mereka mungkin tidak ingin Anda mengetahui hal-hal ini; tetapi mempelajari rahasia mereka dapat membekali Anda dengan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk berdiri kuat dan melindungi diri sendiri dan kewarasan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya