4 Jalan Mematikan di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Guoliang Tunnel Road, China
Sumber :
  • visordown

VIVA Lifestyle – Jalan merupakan infrstruktur hal yang penting dan mendasar bagi pembangunan bangsa dan kemajuan teknologi. Teknologi untuk mebangun jalan ini bahkan menjadi salah satu proyek utama di semua negara di duni.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Namun, dibalik upaya manusia untuk menggunakan teknologi untuk terus meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan untuk memudahkan mobilitas manusia ini, tidak sedikit justru menghasilkan jalur-jalur atau jalan mematikan.

Di berbagai belahan dunia, ternyata masih banyak jalan-jalan yang terbilang cukup ekstrim dan berbahaya. Nah, kali in Viva mengulas jalan paling mematikan di dunia yang Viva lansir dari berbagai sumber.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

1. Jalan Terowongan Guoliang, Cina

Guoliang Tunnel Road, China

Photo :
  • visordown
7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Jalan yang berada di pegunungan Tahiang Cina tidak ada di pinggir tebing. Terowongan Guoliang terletak di provinsi Henan, terbentang sepanjang 1,3 Km dan memiliki lebar 4 m. Beberapa ruas jalan ditutup oleh atap setinggi 5 m.

Jalan ini terdiri dari 6 lowongan kecil dengan jalan yang sempit dan berkelok ditambah beberapa titik blind spot membuat pengendara tidak boleh melakukan kesalahan sedikit pun.

Meskipun dianggap memiliki kejutan yang spektakuler dengan berliku-liku, berputar dan naik-turun ini cukup membuat pengemudi mengurungkan waktunya untuk melewatinya. Oleh karena itu, jalan ini termasuk dalam salah satu jalan paling berbahaya di dunia.

2. Jalan Raya Karakoram, Pakistan-Cina

Pakistan Route

Photo :

Jalan Raya Karakoram, merupakan sebuah jalan raya yang menghubungkan Tiongkok dan Pakistan dengan ketinggian 4,693 m. Jalan ini mulai dibangun dari tahun 1966 dan selesai pada tahun 1986.

Berada di bawah gunung salju setinggi lebih dari 7.000 m, di sini waktu mengalir lambat ditelan puncak gunung raksasa yang sangat indah. Banyak kecelakaan fatal yang terjadi di sana. Pada Oktober 2018, 17 orang tewas saat sebuah bus terjatuh dan pengemudi berbelok di sepanjang jalan raya.

3. Jalan Alas Roban, Indonesia

Alas Roban.

Photo :
  • U-Report

Akrab dengan nama jalur ini? jalur yang membentang sepanjang 54 km ini terletak di Kabupaten Batang Jawa Tengah. Jalur ini menghubungkan Batang dengan Semarang.

Selain itu, turun juga tajam dan naik-turun cerita mistis juga banyak beredar berkaitan dengan Alas Roban. Sampai jalan ini dijuluki 'Jalan Neraka'.

Jalur yang berkelok, pohon-pohon tinggi di kiri dan minimnya penerangan di kanan membuat para pengendara yang melewati jalur ini harus ekstra hati-hati.

Jalur ini juga terkenal dengan cerita mistis dan penampakan gaib. Kawasan hutan jati tersebut pernah menjadi tempat pembuangan mayat korban-korban penembakan secara misterius atau yang dikenal dengan sebutan Petrus pada tahun '80-an.

4. Jalan Yungas, Bolivia Utara

North Yungas Road

Photo :
  • U-Report

Jalan yang dijuluki “Death Road” merupakan jalan yang paling berbahaya di dunia. Jalan dengan kelokan tajam tersebut menuju ke Cordillera Oriental Mountain di Bolivia.

Tak jarang kabut dan hujan menahan jalan tersebut. Jika seseorang salah berbelok, dapat menyebabkan pengemudi jatuh pada ketinggian 4000 kaki ke tanah. Banyak bagian yang tidak diberi pembatas jalan, sehingga kurang lebih 200 hingga 300 orang meninggal setiap tahunnya.

Na, itu deretan jalan yang mematikan di dunia yang dapat Viva bagikan ke kamu. Bagaimana? Sangat mengerikan ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya