Simak, 7 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan yang Baru Saja Tiba

Ras kucing Ragdoll
Sumber :
  • Penyayang Kucing

VIVa LifestyleCara Menjinakkan kucing, Kamu baru saja mengadopsi kucing? Belum memiliki pengalaman merawat seekor kucing? Tidak perlu khawatir ketika kamu memutuskan untuk memiliki hewan peliharan di rumah, terutama kucing. Hewan ini memiliki sifat manja yang bikin kamu nggak bisa jauh-jauh dari mereka.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Namun, ada beberapa kucing yang sulit didekati sehingga sulit mengajaknya bermain. Jika kucing kamu termasuk yang masih sulit didekati, inilah cara menjinakkan kucing peliharaan di rumah yang telah Viva rangkum dari berbagai sumber.

1. Perlu Waktu Beradaptasi

5 Alasan Mengapa Bulu Kucing Peliharaanmu Rontok

Tingkah lucu kucing di eskalator

Photo :
  • Tangkapan layar twitter.com/TranslatedCats

Pindah ke lingkungan yang baru, tentu membuat kucing harus beradaptasi kembali dan mengenal sekitarnya. Hal ini mudah, perubahan tempat tinggal akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, bahkan dapat menyebabkan trauma.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Berilah hewan peliharaan kamu waktu untuk dapat menyesuaikan diri, biasanya kucing butuh waktu sampai dua minggu agar merasa aman dan nyaman.

2. Jangan Langsung Dimandikan

kucing maine coon

Photo :
  • Nortlio/Wikimedia

Harus beradaptasi di lingkungan baru adalah hal yang berat untuk seekor kucing, agar tidak membuat stres dan tertekan, jangan langsung memandikannya. setidaknya, berikan waktu minimal 1 minggu untuknya beradaptasi. Saat kucing sudah merasa mulai tenang, baru mandikan secara perlahan.

3. Tunggu Sampai Kucing Mendekat Terlebih Dahulu

viral kucing putih manja menggemaskan pada pekerja

Photo :
  • Tangkapan layar instagram.com/kepoin_trending

Kucing adalah hewan dengan rasa penasaran yang tinggi. Kucing suka mengendus sesuatu yang asing, jadi tidak heran saat melihatnya mengendus-endus rumah barunya. Saat ingin mengajaknya bermain, pancinglah rasa ingin tahu kucing agar dia mendekat duluan. Berilah perhatian dan usapan pada tubuhnya untuk menunjukkan rasa sayang padanya.

4. Menyediakan Makanan Kesukaan Kucing

Makanan kucing British Banquet.

Photo :
  • U-Report

Salah satu cara menjinakkan kucing adalah dengan memancing mereka menggunakan makanan. lakukan hal ini secara rutin untuk meningkatkan rasa percaya kucing kepada pemiliknya. Jangan lupa, perhatikan nutrisi hewan peliharaan kamu agar tetap sehat dan aktif.

5. Suara Keras dapat Mengganggu Kucing

Kucing bengal

Photo :
  • suddenlycat.com

Selama proses adaptasi, kucing akan merasa ketakutan dan cemas jika mendengar suara yang terlalu keras. Saat merasa terancam, hewan ini akan langsung kabur dan mencari tempat-tempat yang akan dikunjungi.

Jika mereka sedang dalam mode ketakutan, jangan paksakan mereka dengan membawanya. Kamu cukup berada di sisinya tanpa perlu menyentuh tubuhnya agar kucing merasa terlindungi.

6. Berilah Ruang untuk Kucing Bergerak            

Kucing kampung

Photo :
  • pixabay

Agar kucing dapat dijinakkan dan mau diajak bermain, penting untuk memahami perasaannya, Bels. Jika kucing sedang merasa takut, cemas, serta ingin takut, berikanlah waktu dan tempat untuk memilih diri. Jika kamu terlalu memaksanya, kucing bisa menjadi galak karena insting melindungi dalam diri mereka bangkit.

7. Berikan Obat Penenang jika Diperlukan

Makanan resep kucing.

Photo :
  • Pixabay

Kucing akan mudah marah jika merasa takut dan tidak nyaman. Jika sudah lebih dari dua minggu dan kucing masih sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, kamu bisa memberikannya obat penenang seperti catnip, semprotan feromon, atau suplemen. Jika ragu-ragu, ajaklah ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan.

Itulah beberapa cara untuk menjinakkan kucing peliharaan yang dapat Viva berikan. Dibutuhkan kesabaran selama prosesnya, bahkan ada yang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan sampai kucing terbiasa. Semoga bermanfaat dan selamat mempraktikan!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya