Bikin Merinding, Ini 4 Mitos Mengerikan di Balik Keranda Mayat

Misteri lampor keranda terbang
Misteri lampor keranda terbang
Sumber :
  • instagram

VIVA Lifestyle – Berbagai mitos masih kerap berkembang di tengah masyarakat Indonesia. Meski belum tentu benar, namun tidak sedikit orang yang mempercayainya.

Salah satu mitos yang sering  didengar adalah tentang keranda mayat. Keranda mayat dianggap sebagai benda yang keramat sehingga tidak boleh diperlakukan sembarangan.

Jenazah dalam keranda mayat.

Jenazah dalam keranda mayat.

Photo :
  • U-Report

Beberapa mitos yang berkembang bahkan sering dikaitkan dengan benda satu ini dengan kisah-kisah mistis yang membuat bulu kuduk merinding. Nah, mitos yang seperti apa? Simak ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Tidur di Keranda Mayat

Camat Cikupa bawa keranda mayat untuk sosialisasikan soal bahaya COVID-19

Camat Cikupa bawa keranda mayat untuk sosialisasikan soal bahaya COVID-19

Photo :
  • VIVA/Sherly

Keranda mayat umumnya dikenal sebagai benda keramat. Karena itu, selain hanya untuk mengangkut jenazah jenazah tidak boleh digunakan untuk hal lain. Menurut mitos, keranda mayat tidak boleh dijadikan tempat tidur meski hanya sebentar atau hanya lucu-lucuan.

Konon, siapa saja yang berani tidur di keranda mayat maka dia mendapatkan teror hantu yang mengerikan. Bukan hanya lewat mimpi tapi juga di dunia nyata.

2. Keranda Mayat Terbang yang Bikin Heboh

Percaya atau tidak, kejadian ini cukup sering terjadi di tanah air. Namun kata-kata orang tua keranda mayat terbang bukan pertanda yang baik. Konon menurut mitos yang banyak beredar keranda mayat terbang menjadi tanda kematian akan datangnya.

Misteri lampor keranda terbang

Misteri lampor keranda terbang

Photo :
  • instagram

Katanya, dimana saja keranda tersebut berhenti atau berputar-putar di atas rumah maka konon di tempat tersebut akan ada kematian. Hampir sama dengan mitos burung gagak.

3.Mitos Lonceng Kematian dari Keranda Mayat

Bagi masyarakat kita, ada alasan tersendiri mengapa keranda mayat harus berada di tempat yang khusus. Menurut mitos yang beredar hal tersebut dilakukan bukan hanya agar tidak mengganggu tapi untuk menghindarkan orang-orang dari suara yang kerap muncul dari keranda mayat.

Keranda Mayat di KPK.

Keranda Mayat di KPK.

Photo :
  • Edwin Firdaus/VIVanews.

Konon, kalau suara itu seperti lonceng kematian. Siap saja yang akan ada kematian yang akan datang, entah itu pada keluarganya atau dirinya sendiri.

4. Mitos Memimpikan Keranda Mayat

Mimpi ketemu setan mungkin bisa disebut sebagai “bunga tidur” belaka. Tapi hal tersebut konon tidak berlaku jika seseorang memimpikan keranda mayat.

Mimpi keranda mayat konon akan mengalami banyak kejadian, mulai dari kematian diri sendiri atau orang terdekat sampai susah jodoh dan lain sebagainya. Namun tidak sedikit pula kalangan yang sebaliknya percaya kalau mimpikan keranda mayat justru jadi pertanda baik.

Lelah setelah bangun tidur

Lelah setelah bangun tidur

Photo :
  • Eat This

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos-mitos tersebut, namun harus diakui ada kalanya mitos memang terjadi di kehidupan nyata. Karena ceritanya terus berkembang menjadi kepercayaan meski itu tidak bisa dipastikan kebenarannya atau hanya kebetulan belaka.