Marinir AS Ini Akan Bom Masjid, Tapi Malah Jatuh Cinta dengan Islam dan Jadi Mualaf

Richard McKinney
Sumber :
  • religionnewsservice.com

VIVA Lifestyle – Memang, tak ada yang tahu apa isi hati manusia. Dari awalnya akan berbuat hal yang tak baik, namun dengan sekejap bisa berubah menjadi baik. Begitulah yang terjadi dengan Richard "Mac" McKinney.

6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

Ia adalah seorang lelaki berperawakan besar,  dengan bahu lebar. Itu adalah hari Jumat, ia berjalan menuju masjid di area Muncie Islamic Center di Indiana, Amerika Serikat. Saat itu masjid dipenuhi oleh orang-orang yang datang untuk salat Jumat dan dzuhur. 

Mac dengan kepala tertunduk dan wajahnya memerah karena marah berjalan ke arah masjid. Sebagai orang luar, ia tampak menonjol ketika berada di area masjid, dengan tato USMC di lengan kanannya dan tato tengkorak di tangan kirinya

Viral Atap Masjid Universitas Raja Fahd di Arab Saudi Roboh Gegara Hujan Deras

Richard McKinney

Photo :
  • religionnewsservice.com

Mac ada di sana bukan untuk berdoa tetapi untuk menghancurkan masjid. Dia adalah mantan Marinir AS yang telah mengembangkan kebencian terhadap Islam selama pertempuran di Irak dan Afghanistan. Kemarahannya semakin dalam ketika dia pulang ke Muncie untuk melihat bagaimana Muslim telah menetap di kota yang dia sebut rumah, dan bahkan mengirim anak-anak mereka yang beragam Islam untuk duduk di sebelah putrinya di sekolah dasar.  

Jemaah Indonesia akan Dapat Smart Card dari Arab Saudi, Apa Fungsinya?

Tidak dapat menahan amarahnya, dia pergi ke area pusat Islam di hari itu di tahun 2009. Dia akan menanam atau menaruh bom di masjid dengan harapan membunuh atau melukai ratusan Muslim. Dia sedang dalam misi pengintaian untuk memilih lokasi untuk menyembunyikan bomnya dan untuk mengumpulkan mata-mata yang akan memvalidasi asumsinya bahwa Islam adalah ideologi pembunuh.  

"Saya mengatakan kepada orang-orang bahwa Islam adalah kanker, dan saya adalah ahli bedah untuk menyembuhkannya," katanya

Richard McKinney

Photo :
  • AFP

Namun ketika McKinney memasuki masjid, dia menemui bentuk perlawanan yang tidak dia duga. Sesuatu yang terjadi di hari itu yang akan mengubah hidupnya selamanya, dengan cara yang tidak pernah dia duga.

Orang-orang yang hidupnya ingin dia ambil akhirnya malah menyelamatkan hidupnya.

Transformasi McKinney adalah tema utama dari film dokumenter pendek yang memukau berjudul "Stranger at the Gate." Film, yang memenangkan hadiah juri khusus di Festival Film Tribeca 2022, menceritakan bagaimana McKinney meninggalkan plotnya dan akhirnya masuk Islam dan menerima peran mengejutkan di masjid.

Sosok Richard McKinney yang jadi seorang mualaf

Photo :
  • IQNA

McKinney baru-baru ini berbicara kepada media, melalui video tentang pertobatannya yang tidak mungkin. Mengenakan kaus biru "Say No Hate to Hate," di atas tubuhnya yang berotot dan janggut putih panjang McKinney menceritakan kisahnya.

McKinney mengatakan dia pikir kunjungannya ke masjid pada Jumat itu mungkin berakhir dengan kematiannya. "Pada akhir malam, saya pikir mereka akan menempatkan saya di ruang bawah tanah dengan pedang di tenggorokan saya," katanya.

Sebaliknya, beberapa anggota masjid malah melangkah maju dan melucuti senjata McKinney dengan beberapa pilihan cerdas yang mungkin telah menyelamatkan hidup mereka.

Film ini mengutip satu tindakan kebaikan yang mengejutkan dan mengubah hidup McKinney: Mohammad S. Bahrami, penduduk asli Afghanistan dan salah satu pendiri masjid tersebut, akhirnya memeluk McKinney dan menangis.

"Sampai hari ini, rasanya masih tidak masuk akal bagi saya," kata McKinney tentang masa-masa itu.

Joshua Seftel, sutradara film tersebut, mengatakan bahwa dia tertarik pada cerita McKinney sebagian karena pengalamannya sendiri menghadapi antisemitisme yang tumbuh di Schenectady, New York, pada akhir 1970-an dan awal 1980-an. Teman-teman sekelas melontarkan cercaan antisemitisme sambil melemparkan uang receh ke arahnya.

Richard McKinney saat tunaikan shalat

Photo :
  • Foto oleh Karl Schroder

Seftel membuat filmnya sebagai bagian dari "The Secret Life of Muslims", sebuah serial video online. Dia mengatakan cerita McKinney memberinya harapan bahwa bahkan beberapa divisi terdalam di AS dapat dilampaui.

"Mereka mampu membangun jembatan yang mustahil satu sama lain," kata Seftel tentang McKinney dan anggota pusat Islam Muncie. "Jika itu bisa terjadi, segalanya mungkin terjadi. Mereka memberi kami "cara" untuk bagaimana kami semua bisa melakukan ini."

Kini, McKinney menjadi seorang mualaf dan ikut menjadi anggota aktif dalam perkumpulan warga muslim di Indiana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya