6 Kebiasaan Aneh Kucing dan Maknanya yang Bikin Pemiliknya Penasaran

Ilustrasi kucing.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Bagi kamu yang memelihara kucing di rumah atau cat lovers, mungkin kamu bertanya-tanya saat mereka sedang melakukan kebiasaan aneh dan apa maksudnya. Berbeda dengan anjing yang tampaknya pikirannya lebih mudah dibaca, kucing bersifat mandiri dan seringkali tidak dapat diprediksi tingkahnya. Tingkah laku kucing yang aneh seringkali membuat orang bingung dan terkadang malah terlihat lucu.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Lantas, apa saja kebiasaan aneh kucing dan apa alasannya mereka melakukan itu? Melansir dari petresort.com, berikut ini kebiasaan aneh kucing yang tidak biasa dan maknanya. Scroll ke bawah untuk menyimak artikelnya.

1. Menggertakkan Gigi

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Ilustrasi kucing berbulu putih atau kucing putih

Photo :
  • Pexels

Apakah kamu pernah melihat kucing bertingkah seperti sedang mencoba berbicara dengan burung di luar? Ketika seekor kucing menggertakkan giginya saat melirik burung atau mangsa potensial lainnya, hal itu kemungkinan karena mereka frustrasi karena tidak bisa keluar untuk berburu. Ada juga teori lain yang memaknai bahwa  mereka sedang mempersiapkan otot mulut mereka untuk membunuh mangsanya.

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

2. Memijat tubuh pemiliknya

Ilustrasi kucing.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Kebiasaan aneh kedua yakni kucing yang memijat tubuh pemiliknya sebagai tanda kenyamanan. Tindakan ini juga dihubungkan oleh para ahli dengan masa-masa anak kucing mereka. Ketika mencoba untuk mendapatkan susu dari ibu mereka, naluri anak kucing adalah untuk menekan kelenjar susu ibu mereka dengan cakar mereka untuk membantu aliran susu keluar. 

Sementara, sebagai kucing dewasa, ini adalah teknik yang menenangkan untuk menghilangkan stres dan membantu menandai wilayah mereka dengan aroma mereka.

3. Menjatuhkan benda-benda

Ilustrasi kucing

Photo :
  • lifehack

Mungkin kucing kamu suka mendorong benda-benda dari permukaan yang bisa membuatmu sedikit kesal. Saat kucing menjatuhkan barang di lantai karena berbagai alasan, pertama itu bisa jadi naluri berburu. 

Seperti yang diketahui bahwa kucing sejatinya sudah ditakdirkan untuk berburu makanan mereka, jadi menjatuhkan sesuatu mungkin merupakan manifestasi dari naluri tersebut.

Kucing menggunakan cakar mereka untuk menguji dan menjelajahi objek, gerakan, suara dan sentuhan atau rasa objek yang membantu mereka memahami aman atau tidaknya suatu benda atau objek. 

4. Menggerakkan telinga 

Ilustrasi kucing rumah.

Photo :
  • U-Report

Kebiasaan aneh kucing selanjutnya adalah menggerak-gerakkan telinga. Saat kucing menggerakkan telinganya ke depan dan ke belakang, mereka mungkin sedang mendengarkan suara atau merasa terganggu. Jika kamu melihat telinga kucing sedikit mengarah ke atas, itu berarti menunjukkan kewaspadaan dan tidak apa-apa untuk mendekat.

5. Menyukai ruang kecil atau sempit

Ilustrasi kucing kejang-kejang.

Photo :
  • U-Report

Biasanya, kucing memang suka menjulurkan kepalanya dari kotak kecil, bersembunyi di bawah permukaan yang rapat dan masih banyak lagi. Mengapa kucing menyukai tempat sempit dan kecil? Secara historis, kucing mencari ruang sempit untuk merasa aman dan nyaman, sementara mereka dapat mengawasi dunia luar dengan waspada.

6. Menatap tanpa henti

Ilustrasi kucing

Photo :
  • Pixabay

Kucing adalah pemburu visual dan tidak seperti manusia yang perlu berkedip. Kucing tidak perlu berkedip terlalu sering untuk membantu mereka mengawasi mangsanya yang bergerak. Namun, bukan berarti saat mereka menatap pemiliknya dengan waktu yang lama mereka ingin memakanmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya