Ini 7 Hal yang Tidak Disukai Kucing, Pemiliknya Harus Peka!

kucing radgoll, berasal dari California, Amerika Serikat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Mungkin kamu pernah melihat kucing peliharaanmu merasa jengkel atau cemas? Mungkin juga kamu bingung apakah sinyal tubuhnya menandakan tanda negatif atau tidak? Bisa jadi ada hal yang tidak disukai kucing peliharaanmu. 

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Biasanya jika kucingmu terlihat tampak kesal dan cemas, tandanya ada yang mengganggu mereka. Mulai dari kucing yang merasa kesepian hingga kucing yang membenci suara terlalu keras. 

Sebagai seorang pemilik atau cat lovers, kamu harus mengetahui apa yang sedang dirasakan oleh kucing peliharaanmu. Untuk mengatasinya, berikut ini akan dibagikan sejumlah hal yang tidak disukai kucing agar kamu bisa mengetahuinya dan kucingmu tidak merasa kesal atau cemas lagi, seperti yang dikutip dari thesprucepets.com. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

1. Kucing Tidak Suka Merasa Kesepian

Ilustrasi kucing rumah.

Photo :
  • U-Report
Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Hal yang tidak disukai kucing pertama adalah mereka membenci merasa kesepian. Kucing bukanlah hewan soliter, meskipun kamu dapat meninggalkan kucing sendirian untuk waktu yang lebih lama daripada anjing, tetapi kucing mendambakan perhatian, persahabatan dan cinta. Jika dibiarkan sendiri untuk waktu yang lama, bisa jadi mereka akan gelisah dan mengembangkan perasaan cemas dan bahkan depresi.

2. Kucing Tidak Suka Box Litter Kotor

Foto-foto yang Membuktikan Kucing Itu Jahat

Photo :
  • Ranker

Sama halnya dengan manusia, menggunakan toilet kotor di tempat umum atau di rumah sangat menjijikkan, bukan? Kucing pun merasakan hal yang sama dengan box litter atau kotak kotoran mereka. 

Kucing juga tidak menyukai box litter yang kotor, maka dari itu penting untuk membersihkannya setiap hari, tergantung pada jumlah kucing yang kamu miliki dan kebiasaan mereka menggunakan litter box. Jadi, pastikan kucingmu juga mendapatkan kebersihan agar tidak merasa kesal dan cemas. 

3. Kucing Tidak Suka Makanan Basi

Ilustrasi kucing makan.

Photo :
  • U-Report

Hal yang tidak disukai kucing selanjutnya adalah jika makanan yang diberikan adalah makanan basi. Makanan mentah atau busuk bukan hanya terasa tidak enak, tetapi juga dapat membuat kucingmu sakit. Bakteri seperti Salmonella dan Staphylococcus dapat tumbuh pada makanan yang terlalu lama terpapar. 

Setiap kali menyajikan makanan kucing, pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluarsa pada makanan basah dan kering. Jika kamu melihat kucingmu menyisakan makanannya, kamu mungkin perlu menilai berapa banyak yang sebenarnya perlu ia makan. 

4. Kucing Tidak Suka Minum Obat 

kucing maine coon

Photo :
  • Nortlio/Wikimedia

Pasti kamu pernah mengalami kucingmu yang sakit anga susah untuk diminumi obat? Kucing memang kebanyakan tidak suka diminumi obat. Saat minum obat, banyak kucing mengeluarkan busa di mulutnya atau meludahkannya kembali.

Untuk mengatasinya kamu harus melatih kucing dengan baik agar bisa bekerja sama saat diminumi obat. Pertama, latih kucing untuk merasa nyaman sedang ditangani,  mengasosiasikannya dengan sesuatu yang positif seperti menghadiahinya suguhan kecil. Kemudian, tetapkan jadwal pengobatan, sehingga tahu apa yang diharapkan dan kapan.

Jika kamu masih kesulitan dengan pemberian obat pil, ada banyak makanan ringan dengan kantong yang dirancang untuk menyimpan obat pil tersebut. 

5. Kucing Tidak Suka Disentuh Terlalu Agresif

Memelihara kucing

Photo :
  • U-Report

Jika kamu memiliki kucing, perlu diketahui bahwa ada area tertentu yang dapat kamu sentuh dan elus pada kucingmu. Jika kamu salah menyentuhnya, mereka mungkin akan mendesis, mencakar atau menggigit. Kucing bisa sangat sensitif terhadap rangsangan sentuhan, jadi penting untuk mengetahui di mana dan bagaimana mengelusnya.

Biasanya mereka paling suka dielus bagian kepala dan lehernya, sementara hal yang tidak disukai kucing saat seluruh tubuh mereka disentuh dan dengan agresif. 

6. Kucing Tidak Suka Disaingi oleh Kucing Lain

Viral aksi kucing seperti Spiderman

Photo :
  • Tangkapan layar instagram.com/hariankopas

Baik memperebutkan makanan, ruang, mainan atau perhatian pemilik mereka, kucing bisa menjadi cemburu satu sama lain. Dalam beberapa kasus kecemburuan ini dapat bermanifestasi sebagai agresi dan tergantung pada situasinya.

Misalnya jika kucing rumah merasa terancam oleh kucing luar, tetapi tidak dapat menyerangnya, kucing rumah dapat mengarahkan agresinya ke kucing lain di dalam rumah.

7. Kucing Tidak Suka Suara Keras

Ilustrasi kucing (foto/pixabay))

Photo :
  • vstory

Terakhir, hal yang tidak disukai kucing adalah mendengar suara yang terlalu keras. Misalnya seperti badai petir, pertengkaran hingga kembang api. Banyak suara keras dan keributan yang dapat membuat kucing menjadi stres. Stres kronis dari suara keras dapat menyebabkan sejumlah masalah perilaku dan kesehatan, termasuk kegelisahan, agresi tau depresi serta rambut rontok, kurang nafsu makan dan perawatan berlebihan.

Mungkin agak sulit, tetapi cobalah untuk membatasi kucing dari suara keras. Simpan di tempat yang tenang dan aman saat tamu datang atau selama cuaca buruk dan hindari memutar musik yang sangat keras.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya