Tak Cuma Chetik Geni, Erina - Kaesang Juga Akan Jalani Acara Adat Tumplak Punjen

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono
Sumber :
  • IG @kaesangp

VIVA Lifestyle – Putra bungsu presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep diketahui akan segera melepas masa lajangnya. Kaesang diketahui akan menikahi sang kekasih, Erina Gudono pada Sabtu 10 Desember 2022.

Pamer Foto USG di Depan Ka'bah, Kaesang Umumkan Erina Gudono Hamil

Jelang pernikahan keduanya, sejumlah acara adat akan digelar oleh Kaesang dan Erina Gudono. Beberapa acara adat yang akan digelar, adalah Cethik Geni yang dilakukan oleh Erina dan Tumplak Punjen yang akan dilakukan oleh Kaesang Pangarep.

"Yang menjadi unik, Erina Gudono adalah putri tunggal makanya ada acara cethik geni di kediaman orang tua beliau di Sleman. Sementara tempatnya pak Jokowi mungkin akan ada acara tumplak punjen karena yang dinikahkan putra bungsu," kata Dosen Sastra Jawa UGM, Rudy Wiratama mengutip tayangan Apa Kabar Indonesia Pagi, Kamis 8 Desember 2022.

Dijagokan Wali Kota Bekasi, Jokowi Ogah Campuri Urusan Kaesang

Tradisi cethik geni di rumah Erina Gudono sebelum pernikahan.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)

'Cethik Geni' adalah acara menghidupkan api untuk mengawali memasak nasi secara besar (Adang Pungkasan/ Jawa). Biasanya, pemangku hajat akan memasak dalam jumlah besar untuk menjamu semua tamu, keluarga dan panitia pernikahan selama beberapa hari. Membuat api pertama kali oleh pemangku hajat ini yang disebut 'Cethik Geni'.

PSI Buka Suara Soal Relawan Daftarkan Kaesang untuk Maju Pilkada Kota Bekasi

Erina Gudono.

Photo :
  • VIVA/Cahyo Edi Yogyakarta.

Sementara itu, upacara tumplak punjen merupakan upacara yang dilaksanakan orang tua ketika menikahkan anak bungsu atau anak yang terakhir. Upacara tumplak punjen merupakan bagian dari prosesi panggih.

Tumplak berarti tumpah mengeluarkan semua isi yang ada di dalam wadah. Sedangkan punjen artinya dipanggul. Tumplak punjen berarti telah dimantukan (tumplak) semua anak (punjen) dan ini mantu yang terakhir.

Erina Gudono

Photo :
  • IG @erinagudono

Upacara tumplak punjen ini biasanya digelar setelah ijab kabul atau malam hari setelah selesainya resepsi. Upacara ini bermaksud untuk memberitahukan kepada sanak saudara bila kedua orang tua pengantin telah selesai melaksanakan tanggung jawabnya sebagai orang tua.

Sebagai informasi yang diberitakan lewat Apa Kabar Indonesia Pagi TvOne, untuk hari ini Erina Gudono  menggelar beberapa acara yang dimulai sejak pukul 12.00 WIB di Solo Jawa Tengah.

Pada pukul 12.00 Erina menggelar acara semaan Al Quran yang akan dihadiri dari santri dari pondok pesantren. Kemudian pada pukul 15.30, pengajian yang hanya akan dihadiri oleh ibu-ibu di sekitar kediaman Erina Gudono. 

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah secara resmi mendaftarkan pernikahan mereka yang rencananya dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, pada 10 Desember 2022 mendatang. Sementara itu, Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah, dipilih untuk menjadi lokasi acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina. Acara tersebut akan digelar sehari setelah akad nikah pada Minggu, 11 Desember 2022 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya