Siap-siap, Biji Kopi Terbaik dari Indonesia akan Dilelang

Biji kopi juria setelah disangrai (ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/ Jo Kenaru/ Manggarai Timur-NTT

VIVA Lifestyle – Para petani kopi di Indonesia telah mendaftarkan diri dalam kompetisi kopi specialty paling prestisius di dunia, Cup of Excellence(COE) Indonesia. Kompetisi yang berjalan sejak bulan September 2022 saat ini memasuki penjurian akhir di tingkat internasional.

Tega! Ibu di Rohil Cekoki Anak Tiri Kopi yang Dicampur Racun Tikus

Sebanyak 39 petani kopi dari 6 provinsi di Indonesia menanti hasil penilaian akhir dari juri. Scroll selanjutnya ya.

Penghargaan yang diperoleh melalui persaingan ketat yang diaudit oleh auditor profesional, dalam pemilihan biji kopi terbaik, yang dikirim oleh para petani yang mengikutsertakan hasil biji kopinya dalam jangka waktu panen tertentu.

Lelang 5 Yamaha RX-King dan 2 Honda Win Cuma Rp47 Jutaan, Jual Lagi Auto Sultan

Biji kopi

Photo :
  • rocketnews24

Biji kopi pemenang dipilih oleh sekelompok cuppers yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Dalam ajang ini, hanya biji kopi yang memiliki skor tinggi yang diizinkan untuk maju berkompetisi. Para pemenang dalam ajang Cup of Excellence akan dianugerahi penghargaan Cup of Excellence yang bergengsi. 

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

Tidak hanya penghargaan, kopi pemenang akan dijual kepada penawar tertinggi dalam sebuah ajang lelang internet yang merupakan juga rangkaian dari acara Cupof Excellence dimana harga kopi dalam pelelangan dapat melonjak drastis hingga tingkat yang fantastis. 

"Harga pembukaan dilelang ditetapkan cukup tinggi sehingga menghasilkan pelelangan dengan harga terbaik," tulis pihak penyelenggara melalui keterangan tertulisnya.

Cup of Excellence(COE) Indonesia

Photo :
  • ist

Proses lelang diadakan selama satu hari, yakni pada 9 Februari 2023. Lelang dimulai ketika semua lot kopi memiliki setidaknya satu penawaran dari pembeli. Jika lebih dari tiga menit tidak ada penawaran baru dari pembeli mana pun, maka lelang dinyatakan berakhir.

Harga pembukaan, dimulai dari US$5 (sekitar Rp74 ribu) per pound untuk kopi dengan skor 87-87,99, US$6 (sekitar Rp89 ribu) per pound untuk kopi dengan skor 88-88,99, dan US$6,50 (sekitar Rp97 ribu) per pound untuk kopi dengan skor 90 ke atas.

Platform lelang online untuk National Winner Auction dilaksanakan mulai dari 1-10 Februari 2023 dengan harga pembukaan adalah US$4 (sekitar Rp59 ribu) untuk kopi dengan skor 85 ke atas.

Dalam penyelenggaraan COE ini, panitia menerima 138 sampel kopi. Dalam kompetisi ini, dimana setiap peserta wajib mengirimkan 2.5 kilogram sampel untuk tahap pra seleksi dan satu lot kopi bila lolos dari tahap pra seleksi. Setiap lot minimum 300 kilogram hingga maksimum 1260 kilogram. Jika sampel kopinya lolos hingga ke tahap akhir, maka jumlah lot tersebut yang nantinya akan dilelang dan hasil lelang menjadi milik petani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya