Sejarah dan Makna Dibalik Tarian Barongsai

Barongsai Ramaikan Perayaan Cap Go Meh di Pluit
Barongsai Ramaikan Perayaan Cap Go Meh di Pluit
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA Lifestyle – Tahun Baru Imlek 2574 yang jatuh hari ini, Minggu 22 Januari 2023 diwarnai dengan berbagai kegiatan menarik. Pasca pandemi COVID-19 festival Imlek tahun ini kembali digelar di berbagai sudut ibu kota. Salah satu kegiatan yang mencuri perhatian masyarakat luas adalah tarian barongsai.

Barongsai merupakan sebuah tarian yang dilakukan sejumlah orang dengan menggunakan kostum singa. Lantas seperti apa asal usul dan makna barongsai? Melansir laman China Highlight, asal usul tarian Barongsai terbagi secara luas. Scroll selanjutnya ya.

Dalam budaya Tiongkok tradisional, hewan naga yang digambarkan dalam barongsai itu hanyalah binatang yang ada dalam mitos, dan tidak ada singa yang sebenarnya di Tiongkok. Sebelum Dinasti Han (202 SM–220 M), hanya sedikit singa yang mencapai Dataran Tengah dari wilayah barat Tiongkok kuno (sekarang Xinjiang), karena perdagangan Jalur Sutra.

Barongsai di Tangerang City Mall tahun 2019.

Barongsai di Tangerang City Mall tahun 2019.

Photo :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

Pada saat itu, orang-orang menirukan penampilan dan tindakan singa yang baru datang dalam sebuah pertunjukan, yang berkembang menjadi barongsai pada Periode Tiga Kerajaan (220–280) dan kemudian menjadi populer dengan kebangkitan agama Buddha di Dinasti Utara dan Selatan (420–589). Pada Dinasti Tang (618–907), barongsai adalah salah satu tarian istana.

Setelah itu barongsai terus menjadi pertunjukan yang populer di kalangan masyarakat, untuk berdoa memohon keberuntungan selama Festival Musim Semi (Imlek) atau perayaan lainnya.

Barongsai adalah contoh yang sangat baik dari budaya rakyat Tiongkok, yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan imigrasi Tiongkok. Orang Tionghoa perantauan di Eropa, Amerika, dll telah mendirikan banyak klub barongsai, tampil di festival atau acara besar Tionghoa, khususnya Tahun Baru Imlek.

Halaman Selanjutnya
img_title