Bikin Bangga, Tradisi Minum Jamu Diulas Majalah Top Dunia Vogue

Majalah mode Amerika Serikat Vogue mengulas tradisi minum jamu di Indonesia
Sumber :
  • IG @voguemagazine

VIVA Lifestyle – Majalah gaya hidup dan mode Amerika Serikat, Vogue mengulas sebuah fenomena melegenda yang melekat di masyarakat Indonesia yakni tradisi minum jamu. Tulisan tersebut pun diunggah oleh akun Instagram resmi @voguemagazine pada Senin 3 April 2023.

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Dalam postingannya tersebut, akun majalah mode top dunia tersebut tak ragu memajang deretan foto yang menggambarkan kentalnya budaya meminum jamu sebagai salah satu identitas masyarakat di Tanah Air.

Dengan mengusung poin ulasan “Generasi Wanita Indonesia Melestarikan Tradisi Jus Kuno”, pembahasan mengenai salah satu jenis minum herbal kebanggaan Nusantara itu pun mulai dibuka oleh kalimat tersebut. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Penyanyi Bro Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Pada slide terdepan dari postingan tersebut, diperlihatkan sosok wanita paruh baya dengan memamerkan pose dirinya yang telah sejak muda sudah menjalankan profesinya tersebut sebagai penjual jamu gendong keliling.

“Jamu adalah tentang kesehatan yang dapat diakses, dan itulah yang membuatnya begitu kuat; ini bukan hanya minuman, ini adalah konsep merawat diri sendiri,” ungkap Metta Murdaya, penulis dan pendiri brand kecantikan Champion berbahan dasar jamu yang dimuat dalam postingan akun IG @voguemagazine tersebut.

Momen Keanu Massaid Jualan Jamu Keliling

Jamu, istilah umum untuk minuman herbal tradisional yang membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan, merupakan cara hidup sehari-hari dan menjadi landasan budaya di seluruh Indonesia.

Meskipun ada ribuan variasi jamu yang berbeda antar daerah (di Jawa resepnya lebih banyak akar dan bumbu, sementara di Bali lebih banyak buah dan daun), ada resep yang sudah terbukti benar yang diketahui semua orang Indonesia.

Menurut sejarahnya, jamu wanita telah mengangkut ramuannya setiap hari. Sambil membawa sebanyak 12 botol kaca sekaligus dalam keranjang bambu yang diikatkan di punggung dengan selendang, mereka berjalan berkilo-kilo.

Namun, selama beberapa dekade terakhir, jamu gendong yang lebih modern—di Indonesia, gendong berarti “menggendong di punggung—telah beralih ke motor skuter untuk memaksimalkan mobilitas dan jangkauan jarak.

Vogue adalah majalah gaya hidup dan mode Amerika Serikat yang diterbitkan secara bulanan di 23 negara oleh Condé Nast. Vogue berarti "gaya" dalam bahasa Prancis.

Dalam The New York Times edisi Desember 2006, Caroline Weber menggambarkan Vogue sebagai "majalah mode yang paling berpengaruh di dunia".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya