Jawaban Bijaksana Jusuf Hamka Soal Hubungan Umat Muslim dengan Agama Lainnya

Pengusaha Tionghoa Muslim Jusuf Hamka.
Sumber :
  • Youtube VDVC

JAKARTA – Pengusaha, Jusuf Hamka dikenal sebagai salah satu konglongmerat di Indonesia. Ia memutuskan menjadi seorang mualaf di saat usianya mau menginjak 24 tahun. Jusuf Hamka mengikrarkan dua kalimat syahadat saat dipimpin langsung oleh tokoh kenamaan, Buya Hamka pada 1981 di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Jakarta Selatan.

Cerita Brian Siawarta Jadi Pendeta, Malah Pilih Belajar Agama Islam

Sebagai seorang muslim, Jusuf Hamka sering kali dihujani pertanyaan seputar agama Islam. Salah satunya adalah saat ia bertemu dengan Olivia Allan. Istri Denny Sumargo itu menanyakan apakah boleh ia berteman dengan Jusuf Hamka mengingat keduanya memiliki keyakinan yang sama. Olivia mengaku takut dihujat publik karena punya hubungan dekat dengan Jusuf Hamka. Scroll lebih lanjut ya.

"Kan bapak muslim, saya bukan, emang ngga apa-apa pak? Sensitif ngga sama pertanyaan saya?" tanya Olivia Allan, melansir salah satu YouTube Short, Kamis 31 Agustus 2023.

Banyak Salah Kaprah Soal Ilmu Parenting, Zaidul Akbar: Yang Bermasalah Orangtua Bukan Anak

Mendengar pertanyaan dari Olivia Allan yang beragama non-muslim, Jusuf Hamkan pun menjawabnya dengan sangat bijaksana. 

Pendeta Brian Siawarta Bersyukur Jadi Minoritas di Indonesia, Kenapa?

Menurut pengurus Vihara Dharma Bhakti di Petak Sembilan itu, agama Islam selalu mengajarkan untuk semua umatnya saling menyayangi, baik dengan sesama muslim maupun dengan orang beragama lain. Bahkan, sekalipun seseorang yang tidak beragama, tetap diperbolehkan untuk berhubungan baik dengan umat muslim.

"Islam itu rahmatan lil alamin, jadi rahmat untuk seluruh alam semesta. Yang beragama, yang tidak beragama, itu juga diberikan rahmat oleh Islam," jawab Jusuf Hamka.

"Jadi kamu, beragama walaupun agama kamu Kristen ya? Nasrani, ngga ada masalah. Yang ngga beragama pun juga saya harus berikan rahmat. Sebagai muslim yang baik, ajarannya memang begitu," tambahnya.

Jusuf Hamka

Photo :
  • YouTube Denny Sumargo

Selain menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, Jusuf Hamka juga menjelaskan bahwa dalam ajaran Islam seluruh umatnya diperintahkan untuk menyayangi makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan hewan.

"Jangankan kamu, tumbuh-tumbuhan, hewan-hewan, itu kita harus lindungi," ujarnya.

Olivia Allan pun dibuat penasaran apakah boleh umat muslim berteman dengan orang yang berbeda keyakinan. Menurut Jusuf Hamka, bukan hanya sekedar berteman tetapi juga harus melindungi atau menjaga makhluk hidup lainnya dengan baik.

"Ada agama, ngga ada agama, teman?" tanya Olivia lagi.

"Bukan teman, dilindungi, dijagain, semuanya. Jadi makanya Islam itu lengkap. Rahmatan lil alamin, bukan rahmatan lil Muslimin," jawab Jusuf Hamka.

Meskipun sudah menjadi mualaf, Jusuf Hamka bahkan masih aktif dengan kegiatan-kegiatan di Vihara yang diurusnya. Seperti saat perayaan Imlek tahun ini, ia ikut ambil andil dalam mempersiapkan perayaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya