Bernilai Fantastis, Sandiaga Uno Minta Tingkatkan Penyediaan Produk Halal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.
Sumber :
  • VIVA/Anisa Aulia

BOGOR – Pemenuhan produk halal menjadi penting di Indonesia, mengingat negara ini menjadi salah satu pemeluk agama Islam terbesar di dunia. Namun lebih dari itu, produk halal bahkan kini telah menjadi semacam ekosistem. 

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Produk halal sekarang ini telah menjadi bagian dari bisnis yang nilainya sangat besar dan menjanjikan, tidak terbatas pada masyarakat muslim saja tapi juga non muslim. Bahkan, produk halal tidak hanya menjadi pusat perhatian negara-negara muslim saja, tetapi juga negara-negara dengan minoritas muslim. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Hal itu dibuktikan dengan beberapa negara yang mulai menawarkan wisata halal. Nah, dalam rangka mewujudkan ekosistem halal di Indonesia, Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menyelenggarakan Halal Award 2023. 

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Acara ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi dan UKM Bapak Teten Masduki. 

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Menko Perekonomian menegaskan bahwa peluang ekonomi halal di Indonesia sangat besar. Menurutnya, pengeluaran umat muslim Indonesia untuk sektor halal diprediksi meningkat 7,8 persen tahun mendatang. 

"Potensi ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha Indonesia," ujar Airlangga Hartarto, saat acara LPPOM MUI Halal Award 2023 di International Convention Center Institut Pertanian Bogor (ICC IPB), baru-baru ini, dikutip dari keterangannya, Jumat 8 September 2023. 

Menparekraf Sandiga Uno pun berharap penghargaan ini memotivasi perusahaan untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen untuk menyediakan produk halal. Senada, Teten Masduki menyatakan keberpihakan pemerintah dalam pengembangan ekosistem halal.

Berada di tempat yang sama, Dirut LPPOM MUI, Muti Arintawati, mengatakan, penghargaan ini mendorong terciptanya ekosistem halal di Indonesia. 

"Besar harapan kami, bagi para pemenang dapat terus semangat menyediakan produk halal yang berkualitas. Sebagai Lembaga Pemeriksa Halal pertama di Indonesia, LPPOM MUI akan terus berusaha untuk mendampingi dan memberikan solusi kepada seluruh pelaku usaha mitra LPPOM MUI," ungkapnya.  

Pemenang Halal Award 2023
Pada ajang tersebut, Dexa Medica meraih penghargaan untuk kategori Best Social Contribution on Halal Ecosystem. 

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh perusahaan dan pelaku usaha yang masuk dalam daftar nominasi, dan berhasil meraih penghargaan pada ajang LPPOM MUI Halal Award 2023. Semoga partisipasi di tahun mendatang kian bertambah. Kiranya industri halal Indonesia juga terus maju pesat dan berkontribusi nyata pada kesejahteraan masyarakat dan bangsa," ungkap Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin secara daring.

Presiden Direktur PT Dexa Medica Bapak V. Hery Sutanto, mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti komitmen mereka dalam mewujudkan ekosistem halal di Indonesia. 

"Kami mendukung pertumbuhan ekosistem halal di Indonesia yang sangat besar peluangnya. Dexa Medica secara konsisten memproduksi produk-produk farmasi halal yang dikembangkan berbasis riset, sehingga konsumen mendapatkan produk yang aman dan nyaman," ungkap Hery.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya