Saatnya Desainer Lokal Unjuk Gigi di Kompetisi Desain Interior Toko, Ada Pelatihan Gratisnya

SketchUp Annual Design Competition 2023.
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Resmi berkolaborasi, SketchUp dan Hush Puppies Indonesia mengadakan SketchUp Annual Design Competition 2023. Mengusung tema Better Brighter, peserta akan dibebaskan untuk berkreasi menggunakan software SketchUp dalam mendesain konsep baru offline store Hush Puppies. Pada gelaran kompetisi kali ini, ada serangkaian kegiatan pendukung yang akan diadakan. 

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Registrasi peserta berlangsung hingga 13 Oktober 2023. Biaya registrasi sejumlah Rp450.000. Esoknya pada 14 Oktober 2023, peserta akan dibekali dengan training SketchUp Day 2023. Training ini bertujuan untuk mengajari peserta agar dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Dilanjutkan pada 16 Oktober 2023, akan ada aanwijzing atau technical meeting yang perlu diikuti oleh seluruh peserta. Proses pengerjaan dan pengumpulan karya akan berlangsung mulai dari 17 Oktober hingga 27 November 2023.

Juri kemudian akan melakukan penilaian pada 28 November hingga 1 Desember 2023. Pada 5 Desember 2023, hasil penjurian akan diumumkan dan finalis akan ditentukan. Proses terakhir, 9 Desember 2023, seluruh finalis terpilih akan mempresentasikan karyanya. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 13 Desember 2023. Keseluruhan rangkaian acara akan digelar secara daring.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

SketchUp Annual Design Competition 2023.

Photo :
  • ist

Ada enam pemenang dan satu juara favorit pada kompetisi ini dengan total hadiah belasan juta rupiah. Juara 1 akan mendapatkan Rp7.000.000, Juara 2 akan mendapatkan Rp5.000.000, dan juara 3 akan mendapatkan Rp3.000.000. Selain itu, akan dipilih juga juara harapan 1 dengan hadiah Rp2.000.000, harapan 2 dengan hadiah Rp1.500.000, harapan 3 dengan hadiah Rp1.000.000. Juara favorit juga akan mendapatkan hadiah Rp750.000.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Di luar dari hadiah tersebut, keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh peserta adalah pelatihan secara gratis, sertifikat, dan modul pembelajaran SketchUp, Vray, dan LayOut. Selain itu, desainer juga akan mendapatkan pengakuan dan exposure karena karya yang diciptakan oleh peserta akan diunggah pada Instagram @sketchup.indonesia dan diabadikan pada kumpulan karya tahunan SketchUp Indonesia.

Konsep desain yang dibuat oleh pemenang juga berkesempatan untuk menjadi konsep baru offline store Hush Puppies Indonesia. Menariknya lagi, Hush Puppies Indonesia merupakan acuan dari Hush Puppies di seluruh dunia. Keikutsertaan pada kompetisi ini dapat menjadi loncatan yang cukup signifikan bagi desainer muda.

“Kami ingin mendukung desainer interior lokal untuk terus mengembangkan dan menyalurkan potensi mereka. Kolaborasi ini diadakan bersama dengan Hush Puppies untuk mengapresiasi potensi tersebut,” kata Direktur Utama PT Vexa Dinamika Teknologi (SketchUp Indonesia), Sarah Aisyah Kahar, dalam keterangan tertulis.

Sarah juga mengatakan bahwa SketchUp Indonesia melaksanakan kompetisi ini sebagai kegiatan tahunan dan berharap akan terus berlangsung ke depannya. “Antusiasme dari peserta selalu ada. Kolaborasi seperti ini juga kami harapkan akan lebih banyak lagi sehingga desainer lokal memiliki wadah untuk menciptakan dan memamerkan karyanya,” tambahnya.

“Hush Puppies Indonesia sangat senang dengan adanya kolaborasi bersama SketchUp Indonesia. Perlu diketahui bahwa Hush Puppies Indonesia menjadi panutan dan diberikan wewenang oleh Hush Puppies Amerika untuk memberikan konsep-konsep baru. Oleh sebab itu, konsep yang diberikan oleh para peserta ini nantinya akan dilihat oleh Hush Puppies lainnya di seluruh dunia,” ujar Raisa Akwila, Direktur PT Transmarco (Hush Puppies Indonesia) menambahkan.

Monica Suryanto, juara 2 SketchUp Annual Design Competition tahun 2022 lalu, mengatakan bahwa dia bangga dan terbantu dengan kompetisi tahunan SketchUp Indonesia ini. Monica juga mengatakan bahwa menurutnya kompetisi ini perlu diikuti oleh desainer muda yang ingin berkembang khususnya membangun portofolio.

Raisa dan Sarah sama-sama sepakat bahwa desainer lokal perlu mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri dan diakui oleh seluruh dunia. Oleh sebab itu, SketchUp Annual Competition 2023 hadir untuk mendukung desainer lokal unjuk gigi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya