Richard Lee Penasaran Arti Riba, Begini Penjelasan Ustaz Khalid Basalamah

Richard Lee dan Ustadz Khalid Basalamah
Sumber :
  • Tangkapan Layar

JAKARTA – Dokter Richard Lee belakangan ini dikenal sebagai YouTuber yang selalu ikut nimbrung dengan hal-hal yang sedang viral. Konten di podcast YouTube nya sering kali mengundang sosok yang sedang menjadi sorotan para netizen. Tetapi baru-baru ini, Richard Lee justru menjadi perhatian netizen karena mengundang Ustaz Khalid Basalamah ke podcast YouTubenya.

6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci

Di situ, mereka berdua membahas seputar pendapat agama Islam yang tidak diketahui oleh Richard Lee yang merupakan penganut nasrani. Salah satunya adalah soal riba. Richard Lee tidak mengerti mengapa riba diharamkan dalam agama Islam selayaknya minum alkohol. Scroll lebih lanjut ya.

"Pertanyaan saya dosanya itu dimana ya pak ustadz? Kalau kita ngomong minum alkohol itu adalah dosa, saya (anggap) masuk akal," tanya Richard Lee, dikutip Selasa 10 Oktober 2023.

Jemaah Indonesia akan Dapat Smart Card dari Arab Saudi, Apa Fungsinya?

Bagi Richard Lee, minum minuman keras masih masuk akal jika diharamkan dan membuat dosa karena memang memiliki efek yang merugikan peminumnya hingga bisa menyakiti orang lain.

Dugaan Penistaan Agama, Polisi Diminta Tangkap dan Tahan Pendeta Gilbert

Ustaz Khalid pun menjelaskan, apa yang dilarang atau menyebabkan dosa dalam agama tidak melulu harus mempunyai efek negatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

"Dosa itu bukan definisinya adalah pada saat dia berefek negatif pada orang, dosa itu adalah sesuatu yang dilarang agama, dia berefek atau tidak berefek," jawab Ustadz Khalid.

Ustaz Khalid Basalamah menganalogikan ketika seseorang sedang melakukan candaan kepada orang lain. Meskipun niatnya hanya bercanda, tetapi orang lain justru merasa tidak nyaman bahkan terganggu.

Ustadz Khalid Basalamah

Photo :
  • Tangkapan Layar

Maka dari situlah agama melarang perbuatan apapun yang dapat mengganggu atau menyakiti perasaan orang lain.

Sementara Richard Lee merasa riba akan memberikan keuntungan bagi ke dua belah pihak, Ustaz Khalid menegaskan bahwa riba justru bisa merusak tatanan sosial masyarakat.

"(merusak) tatanan sosial dok. Dalam islam itu ada waktu dan masa hidup kita di mana kita memang mengambil keuntungan, ada saatnya kita memang berbagi sosial," jelasnya.

"Kalau yang dokter bahasakan tadi itu kesannya semua harus ada manfaatnya. Lalu kapan kita bisa membantu orang tanpa ada feedbacknya? Sekarang kalau saya hutangin orang tanpa saya minta apa-apa, ya udah saya pinjam 10 juta kembalikan 10 juta, ini aspek sosial," tambahnya.

Ustaz Khalid Basalamah

Photo :
  • YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan bahwasannya membantu orang lain dengan cara apapun termasuk menghutangi sejumlah uang sebaiknya dilakukan dengan ikhlas tanpa pamrih. 

Dalam agama Islam, diajarkan untuk selalu ikhlas membantu sesama makhluk tanpa mengharapkan keuntungan apapun kecuali balasan kebaikan dari Allah SWT.

"Dia lagi genting kita tunggangin, justru untuk itu dimana sosialnya?" kata sang Ustadz.

"Berarti kita minta feedback kan? Islam tidak mengajarkan itu, disaat orang lain butuh, bantu dia, dan bantunya itu jangan berharap balasan kecuali dari Tuhan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya