Dukung Kemajuan Pariwisata, Guru SD dan SMP di Labuan Bajo dapat Pelatihan Mengajar Bahasa Inggris

Pelatihan bahasa Inggris untuk tenaga pendidik di Labuan Bajo.
Sumber :
  • ist

LABUAN BAJO – Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, bahasa ini merupakan bahasa ibu untuk lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa yang paling sering digunakan termasuk di sektor wisata.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Sebagai upaya mendukung pemerintah untuk program edukasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi siswa-siswi di daerah pariwisata, EF Kids & Teens Indonesia memberikan Program Pelatihan Bahasa Inggris untuk tenaga pendidik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama berbagai daerah wisata yang tercakup dalam Daerah Pariwisata Super Prioritas dan beberapa destinasi wisata lainnya seperti Mandalika, Samosir, Labuan Bajo, Bromo, Magelang, dan Kepulauan Seribu. 

Setelah sukses melaksanakan pembukaan pelatihan Bahasa Inggris di empat kabupaten yaitu Lombok Tengah, Samosir, Kepulauan Seribu dan Probolinggo, EF Kids & Teens bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat memulai Program Pelatihan Bahasa Inggris yang diikuti oleh 50 orang tenaga pendidik sekolah dasar yang berasal dari Kabupaten Manggarai Barat.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Pelatihan bahasa Inggris untuk tenaga pendidik di Labuan Bajo.

Photo :
  • ist

Acara pembukaan ini dilakukan di SMPK St. Ignatius Loyola Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Bpk. Drs. Yohanes Hani, MP.d dan Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia, Juli Simatupang.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Dalam Program Pelatihan Bahasa Inggris, EF Kids & Teens membagikan metode fun learning yang kreatif dan efektif bagi tenaga pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Inggris ke siswa dan siswi peserta didik. Program pelatihan ini terdiri dari workshop secara tatap muka langsung dan workshop melalui online yang diadakan selama 4 bulan secara intensif. Terdapat banyak modul pembelajaran yang dapat dipraktikkan oleh para tenaga pendidik yang mudah diaplikasikan dalam proses belajar mengajar

"Progam pelatihan ini juga bukan yang pertama kali kami lakukan, sebelumnya kami telah melakukan program pelatihan bagi tenaga pendidik PAUD. Selain itu, EF juga telah menyelenggarakan program dukungan untuk Pengajar Muda #TeacherforTheFuture ke berbagai daerah pelosok Indonesia," ujar Country Director EF Kids & Teens Indonesia, Suryadi Afan, dalam siaran pers.

Suryadi Afan menambahkan, Labuan Bajo sebagai salah satu cakupan wisata di Indonesia, Kabupaten Manggarai Barat juga menjadi lokasi pelaksanaan program edukatif tahun ini mengingat Kebupaten Manggarai Barat memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Selain itu, dalam acara Press Conference KTT ASEAN ke-42, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa Labuan Bajo akan menjadi destinasi MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) kelas dunia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Drs. Yohanes Hani, MP.d menyampaikan bahwa saat ini, dunia pendidikan membutuhkan program-program yang dapat meningkatkan mutu dan kualitasnya, terutama bagi para tenaga pendidik.

"Dengan penerapan metode mengajar dari EF Kids & Teens, generasi muda akan memiliki keinginan untuk dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris mendorong kemajuan wisatawan asing ke Kabupaten Manggarai Barat," kata dia.

Ada 50 guru dari 20 Sekolah Dasar Negeri serta 30 Sekolah Menengah Pertama Negeri yang mengikuti pelatihan Berbahasa Inggris dari EF Kids & Teens Indonesia

Director of Corporate Affairs EF Kids & Teens Indonesia, Juli Simatupang, mengatakan, kegiatan ini menyasar para pendidik agar mereka memiliki kapabilitas yang mumpuni untuk menyampaikan materi pengajaran kepada para peserta didiknya.

"Modul pembelajaran yang diberikan ke para tenaga pendidik terdiri dari pelatihan berbagai strategi dan teknik pengajaran yang menciptakan pembelajaran yang positif, interaktif dan menyenangkan. Pembelajaran menggabungkan edukasi dengan permainan yang seru agar anak terpacu untuk menggunakan Bahasa Inggris,” urainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya