Pameran Alat Kesehatan Terbesar di Asia Tenggara Digelar 4 Hari, Catat Tanggalnya

Ilustrasi dokter/suster.
Sumber :
  • Pixabay/voltamax

JAKARTA – Pameran alat kesehatan, Hospital Expo ke-35 akan kembali diselenggarakan pada 18-21 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Acara ini digelar bersamaan dengan Seminar Nasional Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) ke-19 dan Seminar Tahunan Patient Safety ke-17, bertema Sumber Daya Lokal, Berdaya Saing Global.

Parto Patrio Terbaring Lemah di RS Usai Operasi, Istri: Patah Hati Aku

Hospital Expo merupakan pameran alat kesehatan yang menargetkan kalangan rumah sakit dan masyarakat umum. Terdiri dari 923 stand yang mencakup 334 perusahaan nasional dan 235 perusahaan internasional asal Tiongkok, Taiwan, Jepang, Korea, Singapura, Thailand, Malaysia, Austria, Belgia, dan Rusia. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Pada tahun ini diproyeksikan akan dikunjungi 12 ribu orang setiap harinya. Alat kesehatan yang dipamerkan mulai perangkat diagnosa, baju seragam, alat tindakan gawat darurat, mesin laundri, tempat tidur perawatan hingga peranti teknologi informasi.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Yudha Imam Sutedja, Direktur Marketing & Finance PT. Okta Sejahtera Insani sebagai penyelenggara Hospital Expo menjelaskan, pameran ini juga berkolaborasi dengan PERSI yang melakukan kegiatan seminar, workshop dan berbagai kompetisi bagi kalangan rumah sakit. 

Pemeriksaan Rutin, Raja Salman Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Secara paralel, para anggota organisasi yang beranggotakan lebih dari 2.731 rumah sakit dari 32 provinsi dan 18 asosiasi rumah sakit itu, juga dapat memenuhi kebutuhan informasi serta berbelanja berbagai jenis alat kesehatan dengan teknologi terkini dengan harga kompetitif.

”Pengunjung pameran ini merupakan potential buyer para perusahaan peserta Hospital Expo. Pimpinan dan manajemen RS seluruh Indonesia memang sudah memasukkan dalam agenda tahunan untuk peremajaan peralatan dan pengadaan peralatan baru,” kata Yudha dalam keterangannya, dikutip Kamis 12 Oktober 2023.

Selain itu, masyarakat umum juga dapat mengunjungi stand-stand pameran yang menyediakan berbagai alat kesehatan untuk kepentingan pribadi seperti alat cek gula darah, termometer, kursi roda, kruk, hingga pemerah ASI.

Hospital Expo juga didedikasikan untuk menjadi ajang edukasi kesehatan. Terdapat dua topik talkshow yang ditujukan bagi masyarakat awam untuk mendukung upaya promotif dan preventif kesehatan yang akan diselenggarakan di Hall B JCC, pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Talkshow pertama akan diselenggarakan pukul 10.00-12.00 WIB, dengan judul Menunda Proses Menua, menghadirkan motivator kesehatan dan penulis buku Dr. Handrawan Nadesul. 

Sedangkan talkshow kedua akan mengupas penyakit Autoimun Multipel Sklerosis (MS) & Neuromyelitis Optica (NMO) pada pukul 13.00-15.00 WIB, narasumber yang akan dihadirkan Dr. dr. Riwanti Estiasari, Sp.S (K) yang akan membawakan tema ”Penyakit Autoimun Multipel Sklerosis (MS) & Neuromyelitis Optica (NMO): Serupa Tapi Tak Sama. 

Yudha menyatakan, Hospital Expo 2023 telah diselenggarakan untuk ke-35 kalinya dan menjadi pameran alat-alat kesehatan dan kebutuhan rumah sakit terbesar se-Asia Tenggara. 

“Dengan bertambahnya jumlah stand dan target pengunjung tahun ini, kami harapkan Hospital Expo juga mendukung industri alat kesehatan dalam negeri dan perekonomian nasional,” tuturnya.

Masyarakat dapat berpartisipasi pada rangkaian Hospital Expo, untuk mencari alat-alat kesehatan, mengikuti talkshow, melakukan pemeriksaan gratis, seperti pengecekan gula darah, golongan darah, tekanan darah, lemak tubuh, asam urat, kolesterol, serta donor darah. Untuk masuk area Hospital Expo, cukup registrasi dan menyumbang ke PMI DKI Jakarta sebesar Rp10 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya