Apa Hukum Umat Muslim Rayakan Halloween? Ini Penjelasan Tegas Buya Yahya

Buya Yahya jelaskan hukum umat Islam mengikuti perayaan Halloween
Sumber :
  • Tanggapan layar video YouTube

JAKARTA – Setiap tanggal 31 Oktober banyak orang di seluruh dunia merayakan Halloween. Perayaan Halloween sendiri bermula dari festival pertanian Celtic Samhain. Festival ini menandai dari akhir musim panen dan awal musim dingin.

Banyak Salah Kaprah Soal Ilmu Parenting, Zaidul Akbar: Yang Bermasalah Orangtua Bukan Anak

Sejumlah perayaan seperti pesta kostum hingga dekorasi unik pun menyemarakkan kegiatan ini. Bahkan sejumlah selebritis tanah air juga terlihat telah menyelenggarakan pesta kostum halloween.

Terrmasuk Rachel Vennya yang belakangan mendapat hujatan netizen dengan pesta kostum Halloween di tengah gempuran serangan Israel terhadap warga di Palestina. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Pentingnya Menetapkan Batasan Gadget pada Anak, Para Orang Tua Harus Tahu

Kostum Halloween Rachel Vennya dan Salim Nauderer

Photo :
  • Instagram @rachelvennya

Lantas bagaimana Buya Yahya melihat tradisi perayaan Halloween yang dilakukan termasuk oleh umat muslim? Diungkap Buya Yahya bahwa Halloweeen bukan tradisi umat Islam.

Ribuan Warga Yahudi Israel Memaksa Masuk dan Gelar Ibadah di Masjid Al-Aqsa

"Itu perayaan dan bukan tradisi umat Islam. Umat Islam semestinya tidak ikut-ikutan," ungkap Buya Yahya mengutip tayangan YouTube Al Bahjah.

Diungkap beliau, jika ada kaum Muslimin ikut-ikutan, salah. 

"Yang jelas itu perayaan yang orang Islam tidak boleh ikut-ikutan dia," kata Buya Yahya lebih lanjut.

Sementara itu, terkait dengan apakah perayaan Halloween yang sudah digelar untuk pertama kalinya di Arab Saudi di tahun 2022 lalu, menjadi tanda kiamat. Buya Yahya juga angkat bicara.  Diungkap Buya Yahya bahwa perayaan Halloween di Arab Saudi tahun lalu adalah salah.

"Adapun sebagai tanda-tanda hari kiamat, kiamat sugra (kiamat kecil) sudah banyak yang tampak. Ya banyak orang yang durhaka, euh megah-megahan bangunan kiamat kecil sudah ada. Kalau sekarang ada perayaan seperti itu (Halloween) di Arab Saudi, ya sekali lagi itu perayaan yang salah. Dan kita beragama bukan ikut negara, kita ikut syariat, ikut Allah dan rasulnya," ujar Buya Yahya.

Penceramah Buya Yahya.

Photo :
  • Istiewa

Diungkap beliau, jikalau itu muslim saudara kita, merayakan Halloween. Beliau meminta agar kita mendoakan agar Allah berikan hidayah dan mengampuni dan tahun depan tidak ikut-ikutan lagi.

Dia juga menyoroti peran orang tua zaman sekarang dimana banyak orang tua yang tidak mendidik anak dengan ajaran agama yang baik. Sehingga banyak anak-anak dari mereka mengadopsi budaya-budaya di luar islam. 

"Semoga Allah menjaga kita dari ikut-ikutan, banyak budaya-budaya di luar Islam yang diadopsi oleh anak-anak kita. Yang salah siapa? Yang salah bapaknya tidak pernah mengajari yang bener," ujar beliau dengan tegas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya