Geger Makam Orang Kaya Ini Bawa Malapetaka, Kok Bisa?

Patung Genghis Khan.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Terdapat kisah orang kaya di dunia, yaitu Genghis Khan yang merupakan panglima militer yang mampu menyatukan banyak suku Mongol di China bagian utara untuk jadi satu kekaisaran.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Dilansir dari South China Morning Post, Kamis, 16 November 2023, Genghis Khan memiliki harta US$ 120 triliun dan ditempatkan sebagai orang China terkaya dan orang terkaya ke-2 di dunia.

Wilayah kekuasaan Genghis Khan, Kekaisaran Mongol.

Photo :
  • Shutterstock
Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Meski begitu, cerita menarik bukan soal hartanya, tetapi ihwal makamnya.

Kutukan Berbahaya

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Pria China terkaya ini sebenarnya lahir di Sungai Onon tahun 1115 Masehi dengan nama asli Temujin. Nama Genghis Khan baru diperolehnya usai mendeklarasikan diri sebagai Kaisar Mongol.

Saat menjadi Kaisar Mongol, Genghis Khan menjelma menjadi penguasa dunia dalam waktu relatif singkat. Menurut Thomas J. Craughwell dalam The Rise and Fall of the Second Largest Empire in History: How Genghis Khan's Mongols Almost Conquered the World (2010), Genghis Khan berhasil menaklukkan sisi barat dan timur dunia. Di Barat, Genghis Khan sukses menguasai sebagian Eropa dan Asia Tengah.

Di Asia Tengah, pada 1258 Masehi Genghis Khan bahkan berhasil meruntuhkan Dinasti Abbasiyah yang sudah eksis selama 500 tahun. Sementara di Timur, Genghis Khan sukses membuat pasukan serta orang-orang China dan Korea bertekuk lutut.

Tentu, langkah penaklukan itu ditempuh dengan cara bengis. Pasukan Mongol yang nomaden tak segan membunuh semua orang dalam proses itu.

Mereka tak perduli berapa banyak nyawa yang sudah hilang dan pencapaian-pencapaian yang sudah terjadi di wilayah yang didatanginya. Mereka hanya ingin mengambil sumber daya alam dan mencari hegemoni semata.

Tak heran jika Genghis Khan pribadi punya harta US$120 triliun yang jika dirupiahkan bakalan unlimited. Pada dasarnya, setiap orang ada masanya. Hidup Genghis Khan tentu tidaklah abadi. Dia meninggal pada 1227 M. Sayangnya, tak seperti orang sukses lain yang punya penanda atas kematian, Genghis Khan tidak demikian.

Mengutip paparan Paul Ratchmevsky di Genghis Khan: His Life and Legacy (1991), jasad Genghis Khan dikuburkan bersama harta rampasan, tetapi makamnya tidak diketahui oleh siapapun sesuai permintaannya.

Pemeran Genghis Khan dalam sebuah film.

Photo :
  • http://cutpen.com

Akibat permintaan itu, konon, 2.000 tamu dan puluhan kuda dibunuh agar makamnya tidak diketahui siapa pun. Tak cuma itu, para pekerja dan militer yang bertugas kala itu juga bernasib sama.

Kasus malapetaka ini faktanya bukan omong kosong. Pada 2002, mengutip situs Scotsman, pernah ada tim dari AS yang ingin mencari makan Genghis Khan. Sayangnya, di tengah pencarian, terjadi serangkaian bencana.

Di lokasi diduga makam, seluruh tim peneliti digigit ular berbisa yang datang tiba-tiba. Lalu, mobil yang dipakai remnya menjadi tidak berfungsi. Peneliti pun gagal dan warga lokal percaya itu disebabkan oleh kutukan. Atas dasar inilah akibat ada cerita kutukan mengerikan itu, makam Genghis Khan masih menjadi misteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya