10 Negara dengan Konsumsi Alkohol Paling Tinggi di Dunia

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Konsumsi minuman beralkohol adalah bagian dari budaya bagi beberapa negara. Seperti yang tertera dari Data World Health Organization (WHO) melaporkan, bahwa 8 dari 10 negara dengan konsumsi alkohol per kapita tertinggi berada di Eropa.

Moeldoko Sebut Anak Muda Harus Paham Tata Kelola Negara

Melansir dari Visual Capitalist, Kepulauan Ceko memimpin sebagai negara dengan konsumsi alkohol tertinggi di dunia. Konsumsi alkohol sudah dimulai sejak dari ribuan tahun yang lalu (bahkan mungkin puluhan ribu tahun), dan saat ini alkohol merupakan obat psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia (mengungguli nikotin dan kafein). 

Konsumsi alkohol merupakan praktik yang hampir setua peradaban manusia itu sendiri. Catatan sejarah menunjukkan bahwa alkohol dibuat dan dikonsumsi di banyak peradaban besar dunia, termasuk Mesir kuno, Yunani, India, Mesopotamia, dan Tiongkok. Saat ini, konsumsi minuman beralkohol merupakan bagian integral dari sosialisasi dan budaya di banyak negara, khususnya di Eropa.

Prabowo Dikabarkan Ingin Bentuk 40 Kementerian, Gerindra: Bukan Bagi-bagi Jatah Parpol

Ilustrasi minuman beralkohol.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Faktanya, 9 dari 10 negara dengan konsumsi alkohol per kapita tertinggi berada di Eropa. Uganda, yang terletak di Afrika, adalah satu-satunya negara non-Eropa yang termasuk di antara pemimpin dalam konsumsi alkohol per kapita. Berikut ini terdapat sederet negara dengan pengonsumsi alkohol paling teratas di dunia.

Tiga Pelajar di Blitar Terekam Mabuk di Tengah Sawah, Diduga Konsumsi Arak Jawa Campur Soda

1. Republik Ceko - 14,26 Liter/Per Kapita

Republik Ceko juga dikenal sebagai Czechia, adalah negara yang tidak memiliki daratan di Eropa Tengah. Minuman pilihan nasional adalah pilsner renyah yang ikonik. Bir ini pertama kali diseduh pada tahun 1842 di kota Plzeň (Pilsen), yang berjarak kurang dari 100 kilometer (60 mil) barat daya ibu kota, Praha. Segala jenis minuman emas merupakan sebagian besar dari asupan tahunan negara ini. 

2. Latvia - 13,19 Liter/Per Kapita

Negara Eropa Timur Laut ini juga merupakan salah satu dari tiga negara Baltik, diapit di antara Estonia (ke arah Barat). Tiga minuman utama pilihan adalah balsam hitam riga tradisional (umumnya dianggap sebagai minuman nasional), vodka (yang sangat cocok untuk sebagian besar imigran Rusia), dan bir.  

Ilustrasi aneka minuman beralkohol

Photo :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

3. Moldova - 12,85 Liter/Per Kapita

Republik Moldova, atau hanya Moldova, adalah sebuah negara kecil yang tidak memiliki daratan di Eropa Timur (Balkan), terletak di antara Rumania (di sebelah Barat) dan Ukraina (ke Utara, Selatan, dan Timur). Moldova memiliki sejarah panjang dalam pembuatan anggur, yang masih dinikmati sepenuhnya hingga saat ini. Orang Moldova juga mengambil bagian dalam beberapa persembahan unik, termasuk Țuică (terbuat dari biji-bijian sereal dan buah-buahan), Vișinată (minuman tradisional Rumania yang terbuat dari ceri, raspberry, atau gooseberry yang difermentasi), dan mead (terbuat dari madu dan air). 

4. Jerman - 12,79 Liter/Per Kapita

Republik Federal Jerman, Jerman, atau Deutschland, adalah salah satu negara terbesar di Eropa dan memiliki jumlah penduduk terbesar kedua setelah Rusia. Negara bagian Bavaria di Tenggara sangat identik dengan bir yang enak. Oktoberfest yang terkenal di dunia diadakan setiap tahun di Munich, menghadirkan para penikmat riang dari seluruh penjuru. Namun kapan pun waktunya, bir berbusa dalam jumlah besar dan kuat itu dapat dilihat di seluruh negeri. 

Orang konsumsi alkohol

Photo :
  • Worldatlas.com

5. Lituania - 12,78 Liter/Per Kapita

Tetangga Latvia di Selatan, dan negara Baltik terbesar, Republik Lituania, atau Lituania saja, juga memiliki budaya minum yang kuat. Meskipun demikian, negara yang penuh semangat ini memiliki preferensi yang berbeda dibandingkan dengan orang Latvia. Orang Lituania memang sama-sama menyukai bir (benang merah di seluruh daftar ini), tetapi juga campuran mead lokal yang dikenal sebagai midus dan Stakliškės, dan beberapa minuman keras berbahan dasar gandum hitam seperti kvass, ​​samanė, dan starka.

6. Irlandia - 12,75 Liter/Per Kapita

Irlandia, atau Éire Irlandia, adalah sebuah negara kepulauan kecil di Eropa Barat. Minum adalah hobi yang terkenal dan dirayakan di wilayah ini. Pada hari-hari yang sejuk dan hujan (yang sering kali mampir), penduduk setempat dapat ditemukan di pub tradisional (salah satu yang tertua di benua ini), menyeruput kopi Irlandia, menghirup wiski yang sudah tua, atau menunggu minuman Guinness yang sempurna. untuk menyelesaikan. Sementara itu, cerita rakyat dan musik Celtic pasti bergema di latar belakang. 

7. Spanyol - 12,67 Liter/Per Kapita

Siesta siang hari membantu meningkatkan konsumsi per kapita Spanyol. Negara di Eropa Barat Daya ini adalah produsen anggur (vino) terbesar ketiga di benua ini (setelah Prancis dan Italia) dan juga eksportir terbesar. Meskipun anggur yang difermentasi adalah pilihan yang populer (tampaknya sepanjang waktu), jangan lupakan sangria, campuran buah-buahan dan rempah-rempah khas Spanyol yang menyegarkan, dan segelas cerveza (bir) yang merupakan minuman favorit di sore hari yang cerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya