Unik, Perusahaan Ini Berikan Bonus Pada Karyawan yang Lari 3 Km Per Hari

ilustrasi olahraga lari.
Sumber :
  • Pixabay

China – Bagi para karyawan, mendapatkan bonus akhir tahun menjadi sesuatu yang dinantikan. Pasalnya, bonus yang didapatkan juga sebagai apresiasi atas kinerja yang diberikan. Namun, hal berbeda justru dilakukan oleh sebuah perusahaan di Tiongkok.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Dilansir dari Oddity Central, Minggu, 24 Desember 2023, perusahaan kertas Guangdong Dongpo Paper memilih mengganti skema untuk pemberian bonus karyawan.

Ilustrasi olahraga lari

Photo :
  • Istimewa
Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Perusahaan ini memilih untuk membuat skema yang dirancang agar karyawan lebih guat berolahraga setiap harinya. Perusahaan yang ada di Provinsi Guangdong, Tiongkok ini menjadi sorotan banyak netizen. Pasalnya, skema bonus karyawan yang biasa dibagikan berkat kineja kini berganti menjadi kinerja atletik.

Tentu saja, syarat untuk mendapatkan bonus akhir tahun ini menjadi sorotan. Meski begitu, pihak perusahaan memiliki alasan khusus mengganti syarat bonus karyawan dengan menjalani olahraga lari setiap harinya.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Guangdong Dongpo Paper diketahui akan memberikan bonus ke karyawan yang lari minimal 3 km setiap harinya. Hal ini dilakukan untuk membantu promosi gaya hidup sehat bagi 100 karyawan.

Pihak manajemen memutuskan untuk memberi penghargaan kepada mereka berdasarkan seberapa banyak mereka berolahraga. Misalnya, seorang karyawan berhak mendapatkan bonus bulanan penuh jika mereka berlari sejauh 50 km sebulan. Bahkan, para karyawan juga bisa mendapat bonus 60 persen untuk lari 40 km, dan 30 persen untuk lari 30 km.

“Bisnis saya hanya dapat bertahan jika karyawan saya sehat,” kata bos Dongpo Paper, Lin Zhiyong.

Jarak yang ditempuh oleh setiap karyawan dilacak oleh aplikasi di ponsel. Meski berat, nyatanya para karyawan berhasil melakukannya. Program ini terbukti sukses besar, dan Lin Zhiyong, yang merupakan seorang penggemar olahraga, mengklaim bahwa semua karyawan memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus penuh.

ilustrasi olahraga lari.

Photo :
  • Pixabay

Meski cara yang dibuat mendapatkan reaksi positif dari masyarakat karena karyawan tak hanya mendapatkan uang melainkan juga kesehatan. Tapi banyak pula yang mencibir.

Tentu saja syarat tak biasa yang dibuat oleh perusahaan kerta ini menjadi sorotan. Pasalnya, pihak perusahaan juga diharuskan memperhatikan kondisi karyawannya.

"Maksud dari kebijakan perusahaan ini baik tetapi harus mempertimbangkan kondisi atau masalah kesehatan yang ada di kalangan karyawannya,” ujar netizen di media sosial.

Tak sedikit pula netizen yang menanyakan kebijakan ini jika karyawan memiliki risiko terkena serangan jantung hingga tak memenuhi syarat bonus. Yang lain menuduh Guangdong Dongpo Paper membahayakan kesehatan karyawannya dengan menetapkan batas bonus yang sangat tinggi bagi mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya