5 Kebiasaan Nyeleneh Kim Jong Un saat Bepergian, Ada yang Bikin Melongo

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un
Sumber :
  • msnbc.com

Pyong Yang – Kim Jong Un tahun lalu melakukan perjalanan ke Rusia dari ibu kota Pyongyang menggunakan kereta lapis baja Taeyangho. Pemimpin Korea Utara yang berusia 39 tahun tersebut juga diketahui memiliki beberapa kebiasaan unik saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Apa saja kebiasaan tersebut?

Gelora Tolak PKS Gabung KIM, Demokrat Serahkan pada Prabowo

1. Barikade Manusia Kelilingi Mobil

Putri Kim Jong Un kembali tampi di hadapan publik

Photo :
  • Reuters
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Kebiasaan unik lain dari Kim Jong Un saat berkunjung keluar negeri adalah ditempatkannya barikade manusia yang mengelilingi mobilnya. Hal ini terlihat juga dalam kunjungan Kim ke Korea Selatan pada 2018 lalu. Dari foto yang tersebar, terlihat para pengawal yang berjumlah 12 orang mengelilingi mobil dan terus berlari mengikuti.

Dilansir dari Business Insider, "human motorcade" atau iring-iringan manusia mengimbangi kendaraan yang berisi Kim Jong Un dan tetap dalam formasi sempurna sampai berhenti di ujung jalan.

Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak

2. Pakai Kereta Lapis Baja "Taeyangho"

Kim sangat menjaga keamanannya dan selalu waspada dari segala ancaman kemana pun dia pergi. Oleh karena itu, Kim sangat selektif memilih kendaraan yang akan digunakan untuk bepergian ke luar negeri. Salah satu transportasi andalan Kim dan keluarganya secara turun temurun adalah Kereta Taeyangho.

Kereta ini dilapisi baja anti peluru yang membuatnya bergerak lebih lambat karena berat. Kecepatan kereta lapis baja "Taeyangho" hanya mencapai 50 Km/jam atau 31 mph, dilansir dari Wion News.

Walaupun harus menempuh waktu yang jauh lebih lama, keluarga Kim lebih suka menggunakan kereta. Nama kereta "Taeyangho" diambil dari Bahasa Korea yang artinya matahari. Penamaan ini dimaksudkan untuk memberi penghormatan kepada kakek Kim Jong Un, Kim Il Sung, sebagai pendiri Korea Utara.

3. Informasi Kunjungan Rahasia

VIVA Militer: Presiden Vladimir Putin dan Kim Jong-un

Photo :
  • nbcnews.com

Kunjungan dan pertemuan antara Kim Jong Un dengan pemimpin negara lainnya selama ini bersifat rahasia. Kim tidak ingin informasi keberangkatannya tersebar luas dan terbaca oleh para musuhnya.

Seperti kedatangan Kim di China untuk bertemu dengan Presiden Xi Jin Ping pada tahun 2018. Dikutip dari Independent, banyak misteri yang menyelimuti kedatangan Kim di China. Pengumuman baru resmi dirilis ketika konferensi selesai dilaksanakan. Bukti kedatangan Kim biasanya terlihat dari melintasnya kereta hijau tua berlapis baja milik Korea Utara.

4. Tidak Pernah Jauh dari Landasan Udara dan Kereta Pribadi

Kim Jong-un dan Vladimir Putin saat bertemu di Vladivostok.

Photo :
  • AP Photo/Alexander Zemlianichenko, Pool)

Kim dikenal sebagai pribadi yang menyukai fasilitas-fasilitas mewah. Hal ini juga berlaku pada alat transportasi yang digunakan. Kim mempunyai landasan pribadi untuk kereta dan pesawat yang berada di sekitar istananya.

Kim membangun stasiun kereta baru di tengah kota Pyongyang pada tahun 2020 untuk mencari alternatif jalur yang lebih aman. Salah satu landasan terbang milik Kim sepanjang 500 berjarak beberapa ratus meter dari Perkemahan Anak Songdowon.

5. Bawa Toilet Pribadi

Viral Paspampres Semprot Kursi Kim Jong Un

Photo :
  • Istimewa

Kebiasaan "nyeleneh" lainnya saat Kim Jong Un bepergian adalah membawa toilet sendiri. Kim tidak akan menggunakan toilet umum selama di luar negeri karena takut kotorannya diambil dan diteliti. Kim takut para musuhnya mengetahui penyakit dan kondisi kesehatannya.

Dikutip dari CBS News, pertimbangan ini juga berlaku setiap kali Kim melakukan inspeksi ke pangkalan militer dan pabrik milik negara di seluruh negeri. Toilet pribadi tidak hanya tersedia di dalam pesawat pribadinya, tetapi juga tersedia di dalam kereta dan mobil. Bahkan ada mobil toilet khusus yang didesain untuk bisa berfungsi di medan pegunungan dan salju.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya