Bantuan untuk Gaza Kembali Diberangkatkan, Ada Selimut Hingga Makanan

Warga Palestina mengungsi di Rafah akibat pemboman Israel di Jalur Gaza
Sumber :
  • AP Photo/Hatem Ali

GAZA – Konflik Israel dan Palestina belum juga usai. Terbaru, Israel bahkan menargetkan untuk menyerang rumah sakit terbesar yang tersisa di Palestina. Hal itu menyebabkan sektor kesehatan di sana runtuh. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Sekitar 1000 warga Gaza akhirnya dirawat di kapal perang Prancis, yang difungsikan sebagai rumah sakit, di lepas pantai Mesir. Scroll untuk informasi selengkapnya

Warga Palestina kesulitan mendapatkan perawatan medis di rumah sakit karena puluhan ribu orang terluka, sebagian besar dari 36 rumah sakit di Gaza juga tidak lagi berfungsi, dan rumah sakit yang ada dan masih beroperasi melebihi kapasitas, demikian menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Atas kondisi tersebut, masyarakat Indonesia kembali menunjukkan kepedulian dengan memberikan bantuan untuk korban sipil konflik Gaza. TNI Angkatan Laut (TNI AL) telah mengumpulkan bahan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Satuan Tugas Muhibah/Port Visit ke Mesir 2024 yang membawa seluruh bantuan kemanusiaan tersebut telah diberangkatkan menggunakan Kapal Rumah Sakit KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, pada Kamis 18 Januari 2024 lalu.

Pelepasan misi perdamaian tersebut dilakukan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dengan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dari Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara.

Pengumpulan bahan bantuan dari masyarakat Indonesia telah dikumpulkan oleh TNI AL sejak November 2023 lalu yang terpusat di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta dan Komando Armada (Koarmada) II Surabaya. 

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali dalam berbagai kesempatan menyampaikan bahwa TNI AL berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan terutama agar dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional. Seperti dalam hal ini memberikan bantuan kemanusiaan untuk saudara kita di jalur Gaza, Palestina.

Ratusan ton bahan bantuan kemanusiaan tersebut terdiri dari popok sekali pakai (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks), susu (800 kardus), biskuit (650 dus), air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung) dan mi instan (470 kardus). 

Seluruhnya diberangkatkan menuju Pelabuhan Al Arish di Mesir untuk kemudian disalurkan kepada korban konflik Gaza oleh otoritas yang berwenang seperti Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir). 

Masyarakat di Gaza juga mengalami krisis air bersih terutama untuk konsumsi sehari-hari. Di antara bantuan kemanusiaan tersebut, Le Minerale turut mengirimkan bantuan ribuan karton dan galonnya untuk para korban konflik Gaza.

Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Arif Fakhrudin, menanggapi langkah Le Minerale yang telah mengirimkan bantuan berupa ribuan karton dan galon untuk Gaza.

"Itu artinya tidak hanya statement tapi konkret ada affirmative action. Menjadi suatu kebanggaan bagi produk nasional kita, memiliki komitmen yang kuat tidak hanya sebatas pada pernyataan sikap dan bentuk empati, tapi mendukung secara nyata sejalan dengan kebijakan luar negeri kita, yaitu membantu warga Palestina. Dan ini juga in-line dengan ajakan Majelis Ulama Indonesia untuk bersolidaritas membantu rakyat Palestina, mengecam segala bentuk penjajahan, invasi dan genosida," ujar Arif dalam keterangannya, dikutip Senin 22 Januari 2024. 

Pelayaran misi perdamaian ini akan menempuh rute Jakarta – Belawan – Al Arish – Jeddah – Batam dan kembali ke Jakarta. Total waktu dari pelayaran hingga kembali lagi ke tanah air ditargetkan akan memakan waktu 52 hari perjalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya