7 Hewan Paling Malas di Dunia, Ada yang Bisa Tidur 20 Jam Sehari

Tigon, hewan hybrid perkawinan silang harimau jantan dan singa betina
Sumber :
  • AZ Animals

VIVA Lifestyle – Sifat malas ternyata tidak hanya dimiliki manusia saja, melainkan hewan juga memilikinya.
Sangat mudah untuk merasa malas dan inginnya diam di suatu tempat atau sekadar rebahan setiap waktu, serta tidak selalu melakukan aktivitas ekstra.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Namun para ilmuwan telah menemukan bahwa kecenderungan untuk bermalas-malasan mungkin ada hubungannya dengan biologi kita. Para peneliti dari University of British Columbia mengamati bahwa, otak kita harus bekerja lebih keras untuk memilih olahraga daripada aktivitas yang tidak banyak bergerak, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Neuropsychologia pada tahun 2018. 

Untungnya saja, bahkan orang yang paling berkomitmen pun tidak ada artinya jika dibandingkan dengan tindakan tidak bertindak yang dilakukan oleh dunia hewan.  Tak dipungkiri terdapat jenis hewan lucu nun menggemaskan justru memiliki sikap malas. Kira-kira, hewan apa saja itu? Scroll selengkapnya berikut ini dilansir dari berbagai sumber;

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

1. Singa 

Heboh TikTokers Galih Loss Diduga Lecehkan Islam, Tim Siber Polri Langsung Turun Tangan

Singa adalah kucing paling malas di dunia. Kita akan mulai dengan hewan yang lebih familiar dan karismatik: singa. Anda mungkin tidak akan mengetahuinya jika melihat fisik berotot dari kucing besar ini, tetapi mereka terkenal suka tidur saat bekerja. Betina, yang lebih sering berburu dan mengasuh anak, tidur sekitar 18 jam sehari, sedangkan jantan biasanya tertidur lebih dari 20 jam. Istirahat sehari penuh biasanya dilakukan setelah pembunuhan besar-besaran. 

Tentu saja, singa mungkin harus bertarung dengan beberapa hewan tercepat dan terberat di Afrika, seperti rusa dan kerbau, tetapi mereka juga tahu cara menendang kaki mereka (err, paws) ketika mereka perlu mengisi ulang tenaga. 

2. Kungkang

Hewan kungkang yang bergerak sangat lambat. Tentu saja, singa tidak menyukai mamalia pemalas yang paling terkenal: kungkang. Kungkang mendapatkan reputasinya karena alasan yang bagus. Mereka bergerak paling lambat dari mamalia mana pun; rata-rata, kungkang jarang melakukan perjalanan lebih dari seratus kaki sehari, kurang dari setengah lapangan sepak bola. 

Berkat tingkat metabolismenya yang rendah, yang memungkinkan mereka mengeluarkan lebih sedikit energi, kungkang dapat tetap bergelantungan di dahan, tidak bergerak, selama berjam-jam, sehingga lapisan alga yang berkamuflase dapat tumbuh di tubuh mereka. Kungkang bahkan telah dihipotesiskan untuk “berkebun” sendiri , mengikis permukaan berlendir dari tubuh mereka dan memakannya untuk camilan cepat. 

Untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan nutrisi kungkang, hanya dengan mengonsumsi daun-daunan saja sudah cukup. Namun, jika Anda mengira semua serat tambahan akan membuat buang air besar tetap teratur, Anda salah besar. Misalnya, sistem pencernaan kungkang berjari tiga sangat lesu sehingga hewan tersebut hanya perlu turun dari pohonnya seminggu sekali, untuk melakukan aktivitas ekskresi.

Tentu saja, singa dan kungkang adalah mamalia, seperti kita, yang dikenal paling tidak malas di antara hewan. Semua mamalia berdarah panas dan mengeluarkan banyak energi untuk menjaga bagian dalam tubuh mereka tetap hangat, dan secara konsisten demikian. Faktanya, sekitar setengah dari kalori yang kita konsumsi hanya digunakan untuk menjaga suhu tubuh .  

Hiu tutul (ilustrasi)

Photo :
  • Antara/ Basri Marzuki

3. Hiu Greenland

Hiu greenland yang jarang terlihat. Mari kita tinggalkan dunia mamalia dan beralih ke para pejuang berdarah dingin. Untuk mencapai hal ini, hanya sedikit yang bisa mengungguli hiu Greenland (Somniosus microcephalus), yang biasanya ditemukan di Kutub Utara.  

Hidup di kedalaman lebih dari 7.000 kaki (atau sekitar dua kali tinggi Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia), di mana tekanan air dapat menghancurkan paru-paru manusia ke dalam kaleng Coke, hiu-hiu tersebut melayang dengan kecepatan sangat lambat yaitu 0,6 mil per jam.

Hewan-hewan ini tidak perlu bergerak terlalu cepat, karena mereka bukanlah pemakan pilih-pilih dan akan mencoba daging apa pun, busuk atau tidak, yang menghampiri mereka. Perairan kutub yang dingin tampaknya juga memperlambat waktu bagi penghuninya.

Suhu yang lebih dingin mengurangi laju metabolisme, memungkinkan beberapa hewan mencapai ukuran lebih besar karena umur mereka yang sangat panjang. Contohnya banyak sekali, mulai dari isopoda raksasa yang menyerupai serangga pil hingga cumi-cumi raksasa yang sulit ditangkap. Tidak terkecuali hiu Greenland, yang hidup lebih dari 400 tahun – lebih lama dibandingkan vertebrata lainnya. 

4. Anglerfish Laut Dalam

Anglerfish jadi hewan pemalas untuk bergerak. Namun meski hiu Greenland berenang, meski perlahan, beberapa hewan air sudah menyerah sama sekali. Masukkan anglerfish jantan. Meskipun terdapat lebih dari 300 spesies anglerfish, jenis anglerfish yang hidup di laut dalam berada ribuan kaki di bawah permukaan , di mana cahaya sulit menembusnya, sehingga sulit untuk menemukan makanan atau pasangannya.  

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, anglerfish betina harus menggunakan umpan bercahaya untuk menarik makanan dan kekasihnya. Yang pertama hadir dengan serangkaian gigi yang menakutkan dan rahang yang besar. Yang terakhir menggigit perut betina dan tidak pernah melepaskannya. Sangat melekat! 

Beberapa spesies anglerfish jantan berukuran jauh lebih kecil dibandingkan spesies anglerfish yang bertelur, dan hanya menempel selama perjalanan . Lagi pula, sangat mudah untuk kehilangan inspirasi dalam kegelapan.  

Untuk memastikan tidak ada apa pun, bahkan kulit, yang menempel di antara pasangan tersebut, tubuh-tubuh tersebut menyatukan aliran darah, dan bentuk mencurigakan sang jantan perlahan-lahan menghilang. Ia kehilangan mata, otot, sistem pencernaan, semuanya - kecuali testis penghasil sperma. Tanpa pandang bulu, betina mungkin membawa beberapa pelengkap seperti itu di tubuhnya, mencampurkan dan mencocokkan genetika saat ia terus menerus melahirkan keturunannya. 

5. Anthozoa

Anthozoa adalah jenis hewan pemalas. Tentu saja, ada satu pertanyaan yang diajukan oleh anglerfish: mengapa harus pindah? Banyak penghuni perairan yang memperhatikan hal ini, menetap di dasar laut — secara permanen. Dari kerang raksasa berwarna-warni hingga teritip , selalu ada makhluk yang mengambil inspirasi dari tumbuhan dan berhenti bergerak.

Alih-alih secara aktif berburu makanan, hewan-hewan (kebanyakan) yang tidak bergerak ini malah membiarkannya mendatangi mereka. Dengan menggunakan pelengkap yang rumit, mereka menyaring air untuk mencari plankton kecil dan serpihan detritus. Karena tidak memerlukan bagian tubuh yang mengganggu untuk bergerak, banyak yang kehilangan organ sensorik dan sistem tubuh lainnya, seperti anglerfish jantan.  

Beberapa telah melangkah lebih jauh, dan bahkan tidak pernah mengembangkan hati. Ini adalah anthozoa, sekelompok hewan air yang mencakup anemon laut dan karang. Berkerabat dekat dengan ubur-ubur, oksigen berdifusi begitu saja ke dalam jaringan tak berdarah mereka, yang sebagian besar berupa air . Sedangkan makanan dan sampah masuk dan keluar pada bukaan yang sama. Tampaknya mengembangkan naluri seperti kita terlalu menyusahkan. 

Spons laut Halichondria panicea

Photo :
  • dailymail.co.uk

6. Spons Laut

Spons laut adalah jenis hewan yang kehilangan ototnya. Namun spons yang sederhanalah yang telah mengalahkan segalanya dengan kehilangan semua bentuk otot, yang merupakan ciri khas motilitas pada hewan.

Sebaliknya, mereka memiliki rambut mikroskopis yang disebut flagela untuk menyedot air ke dalam tubuh mereka yang berlubang, mekanisme yang sama yang digunakan sperma untuk bergerak. Tanpa bentuk atau simetri yang pasti, spons dapat digiling dalam blender dan kemudian disusun kembali secara perlahan , selama cukup banyak sel yang tersisa. 

Selain menjadi hewan yang paling sederhana, spons juga menyerahkan sebagian besar pekerjaannya kepada sekelompok mikroba yang hidup secara simbiosis di dalam tubuh mereka. 

Jeremy si koala merendam cakar setelah kebakaran hutan

Photo :
  • Facebook/AMWRRO

Koala

Data terbaru dalam One Kind Planet menjelaskan bahwa koala termasuk hewan pemalas sedunia, karena hobi tidur-tiduran di atas pohon. Koala dikenal karena kemalasan dan kemampuan tidurnya. Hewan ini bisa tidur selama 20 jam setiap hari!

Hal ini diketahui lantaran sumber makanannya, yakni daun kayu putih yang sulit dicerna. Karenanya, hewan asal Australia ini memperbanyak tidur untuk menghemat energi tubuhnya.

Kuda Nil

Kuda nil juga termasuk hewan pemalas, karena bisa tidur selama 16 sampai 20 jam setiap harinya. Saat berjemur di daratan, hewan ini biasanya akan tidur siang berkelompok. Tak hanya di darat, kuda nil pun menyukai tidur di dalam air. Hewan ini akan naik ke permukaan untuk mengambil napas sambil tetap tertidur.

Kuda nil termasuk dalam hewan herbivora, dan sebagian besar mencari makan saat malam hari. Bahkan, waktu makan kuda nil bisa mencapai 5 jam lamanya, meski hanya mengunyah rerumputan.

Ular Piton

Terakhir ada piton, hewan ini tidak termasuk sebagai hewan beracun. Piton adalah hewan yang bergerak lambat dan cenderung tidak aktif (pasif). Hewan pemalas ini bisa tidur sampai 18 jam sehari, baik dalam keadaan sehat ataupun kelelahan.

Jam tidur yang sangat panjang berkaitan dengan proses pencernaan piton yang memakan waktu lama. Setelah jam tidurnya terpenuhi dan makanan tercerna sempurna, hewan ini baru akan bergerak untuk kembali berburu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya