Mertua Tak Suka hingga Minta Suami Menceraikan, Apa yang Dilakukan? Ini Jawaban Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat
Sumber :
  • YouTube Adi Hidayat Official

VIVA LIFESTYLE – Menikah menjadi sebuah ibadah terlama dalam kehidupan setiap insan. Selam pernikahan itu berlangsung, tidak dipungkiri akan ada kerikil-kerikil kecil yang menghambat bahtera rumah tangga Anda.

Lama Sendiri, Cathy Sharon Bicara Kriteria Pasangan

Beberapa permasalahan yang sering terjadi di kehidupan pasangan suami istri adalah sikap mertua terhadap menantu yang tidak akur. Bahkan ada beberapa kasus dimana orang tua Anda tidak menyukai pasangan Anda. Tidak hanya orang tua Anda saja, ternyata orang tua pasangan Anda juga tidak menyukai Anda. Scroll lebih lanjut ya.

Ketidaksukaan orang tua ini lantaran adanya sifat dari Anda atau pasangan yang kurang disukai masing-masing orang tua. Bahkan parahnya lagi, tidak sedikit dari orang tua yang meminta anak mereka untuk bercerai dari pasangan.

Di Luar Singa di Rumah Kayak Kucing, Begini Momen Onadio Leonardo Manja-manja ke Istri

Lantas bagaimana Anda sebagai pasangan suami istri harus menyikapi masalah tersebut? Terkait hal itu, ustaz Adi Hidayat punya jawaban tersendiri.

Diramal Hard Gumay Bakal Berjodoh dengan Mayor Teddy, Fuji: Aneh Banget Sumpah!

"Yang paling penting suami istri ini sikapnya tidak saling mencela. Dua-duanya masih saling suka," kata beliau dikutip dari tayangan YouTube Ceramah Pendek.

Lebih lanjut dijelaskan ustaz Adi Hidayat, terkait dengan permasalahan dengan orang tua. Penting bagi Anda dan pasangan untuk menyelesaikannya dengan baik-baik. Ibaratnya kata beliau, ketika dihadapkan dengan soal ulangan kita harus menjawabnya soal tersebut sesuai dengan pertanyaannya.

"Kemudian masalahnya pada orang tua. Kalau Anda ingin menyelesaikan persoalan maka Anda harus menjawab sesuai persoalan, masalah kita kadang-kadang jawaban tidak sesuai soal.Kenapa anak-anak kita sering kali ujian tidak mendapatkan nilai baik karena dia menjawab  tidak sesuai dengan persoalannya. Dia memberikan jawaban tidak sesuai dengan pertanyaannya. Makanya petunjuk soal selalu 'jawablah soal ini sesuai dengan jawaban yang benar' dia jawab salah," ujarnya. 

Ilustrasi pasangan muda.

Photo :

Maka dari itu, ketika ada masalah dengan orang tuanya. Penting untuk mengidentifikasi terlebih dahulu perilaku apa yang tidak disukai oleh orang tua Anda terhadap pasangan begitu pula sebaliknya.

"Maka dari sini masalahnya bukan di suami dan istrinya, masalahnya ada di orang tuanya. Identifikasilah masalah yang ada di orang tua itu. Misal 'sayang orang tua kamu enggak suka sama aku karena sifat aku yang apa?' 'mereka enggak suka kamu itu karena maaf ya, terlalu tidak perhatian, kurang menyapa' catat. 'Kalau saya bagaimana di mata orang tua kamu? kamu agak cuek, agak cerewet'. Tulis lagi," jelasnya.

Begitu sudah teridentifikasi permasalahannya itu. Ustaz Adi menghimbau agar Anda dan pasangan untuk menunjukkan sisi baik diri Anda kepada orang tua.

"Begitu sudah ketahuan sudah praktekkan sikap itu. Jadi misalnya Anda kelihatan kurang baik, tunjukkan kebalikannya. Datang dengan cucu, cucu dahulukan karena biasanya kalau sudah ada cucu, orang tua berubah. Karena kalau sudah jadi kakek akan lebih perhatian pada cucunya daripada anaknya. Maka masuk lewat cucu pelan-pelan. Lalu koreksi diri Anda," ujarnya.

Setelah menemukan kelemahan-kelemahan yang dimaksudkan orang tua. Maka tugas Anda adalah menampilkan kebalikan sifat yang tidak disukai orang tua. 

"Tampilkan akhlak bakti, mulia, Insya Allah akan diberikan jalan. Jadi bukan karena orang tua Anda yang tidak baik. Tapi Allah ingin kirimkan pahala kepada Anda supaya Anda menjadi lebih baik lagi dengan kedua orang tua Anda,"  jelasnya.

Ia menambahkan," Dikoreksi diri Anda, dekati orang tua Anda dengan kebaikan. Barangkali ini jalan untuk mempertemukan Anda berdua dalam kebaikan plus merekatkan kedua orang tua Anda satu dengan yang lainnya”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya